Pulau Bali menyimpan keindahan alam di berbagai lokasi wisata yang menarik untuk dikunjungi. Tak hanya keindahan alam, pulau tersebut juga dikenal dengan wisata religi yang lekat dengan sejarah peradaban Islam di Bali.

Meskipun mayoritas penduduknya menganut agama Hindu, telah hadir berbagai bangunan hingga perkampungan Islam yang menunjukkan bahwa masih ada yang menganut agama Islam di Bali. 

Buat kalian yang berencana berlibur ke Bali di bulan Ramadan, tak ada salahnya nih berwisata religi di sana. Berikut adalah deretan wisata religi Islam yang patut dikunjungi ketika kamu berlibur ke Bali.

1. Masjid Al Qomar, Denpasar

Liburan ke Bali? Inilah 6 Tempat Wisata Religi Islam di Bali beritabali.com

Masjid yang sebelumnya hanya dibangun sebagai musolah ini sekarang didesain mirip dengan pura, dengan kombinasi masjid di Demak.  Arsitektur tersebut melambangkan hubungan yang harmonis antar umat Islam. Sehingga, masjid ini didirikan sebagai upaya perwujudan dan pemersatu masyarakat.

2. Masjid Al-Hidayah, Bedugul

Liburan ke Bali? Inilah 6 Tempat Wisata Religi Islam di Bali instagram.com/farisgadneh

Masjid yang berlokasi di Bedugul ini terletak di lereng bukit, yang menghadap ke arah Danau Berata. Masjid ini mengikuti gaya arsitektur khas Bali yang termasuk langka, sehingga cocok dikunjungi sebagai wisata religi Islam di pulau Bali. 

Maka, ketika kamu sedang berada di daerah Bedugul, Masjid ini bisa menjadi pilihan rumah ibadah yang patut dikunjungi.

3. Puja Mandala, Nusa Dua

Liburan ke Bali? Inilah 6 Tempat Wisata Religi Islam di Bali raskitatour,com

Bagi yang berkunjung ke area wisata Puja Mandala, kamu akan disuguhkan keanekaragaman budaya dan agama. Kamu bisa menemukan berbagai tempat ibadah dari agama yang berbeda-beda, salah satunya Masjid Agung Ibnu Batutah, yang berdampingan dengan rumah ibadah agama lain.

Selain itu, area ini juga menampilkan Al-Qur’an terbesar yang ada di Bali, yang lokasinya berada di kompleks pusat pendidikan dan perpustakaan. 

Kamu yang sedang berwisata di sekitar Nusa Dua, layak mengunjungi Puja Mandala. Mengunjungi tempat wisata ini membuat hati menjadi damai dan tenang, karena kamu bebas beribadah sesuai dengan agama masing-masing.

4. Kampung Gelgel, Klungkung

Liburan ke Bali? Inilah 6 Tempat Wisata Religi Islam di Bali suara.com

Kamu bisa menemukan masjid tertua di Bali, yaitu Masjid  Nurul Huda, ketika mengunjungi Kampung Gelgel. Para pengunjung biasanya mampir untuk beribadah di depan pintu masuknya, yang terdapat sebuah menara.

Pengunjung kampung ini juga disuguhkan pertunjukan Tari Rudat, yang menceritakan kedekatan Raja dan prajuritnya. Kisah ini berkaitan dengan sejarah peradaban umat Islam ketika pertama kali tersebar di pulau Bali. Masjid ini memang dikenal menyimpan sejarah peradaban Islam di Bali.

5. Desa Pengayaman, Buleleng

Liburan ke Bali? Inilah 6 Tempat Wisata Religi Islam di Bali merdeka.com

Berbagai aktivitas menarik khas umat Islam dapat ditemukan di Desa Pengayaman, yang berlokasi di Buleleng, Bali. Kamu bisa mengunjungi sebuah komunitas bernama Nyama Selam, yang teridiri dari orang-orang beragama Islam yang menjalankan tradisi Islam. 

Selain itu, kamu juga bisa beribadah di Masjid Safinatussalam, yang termasuk masjid tertua di desa ini. Selain beribadah di sekitar masjid, kamu juga bisa berdonasi untuk anak-anak panti yang tinggal di desa Pengayaman. 

6. Kampung Loloan, Jembrana

Liburan ke Bali? Inilah 6 Tempat Wisata Religi Islam di Bali kompas.com

Berlokasi sekitar 90 km dari Denpasar, kampung Loloan dikenal sebagai kampung yang penduduknya mayoritas menganut agama Islam di Kabupaten Jembrana, Bali. Kampung ini dihuni oleh suku Bugis dan Melayu, yang kebanyakan berprofesi sebagai nelayan dan pedagang. 

Bagi para Muslim traveler yang mengunjungi kampung ini, kamu juga bisa belajar banyak mengenai asal usul agama Islam dari masyarakat kedua suku tersebut. Selain itu, kamu juga bisa beribadah di Masjid Besar Al Mujahidin.

Itulah deretan wisata religi Islam di Bali yang patut dikunjungi. Kamu juga bebas beribadah di masjid yang hadir di berbagai lokasi tersebut, Bela.

Baca Juga: Bikin Adem Hati, Ini 9 Rekomendasi Wisata Religi di Banten

Baca Juga: Bukannya Takut, 9 Judul Sinetron Religi ini Bikin Warganet Ketawa

Baca Juga: 10 Benda Sehari-hari Ini Ternyata Diciptakan Ilmuwan Islam