Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

10 Tempat Wisata di Solo yang Lagi Hits Terbaru, Keren!

Cocok jadi destinasi liburan

Nafi' Khoiriyah

Solo menjadi sebuah kota yang menarik untuk destinasi wisata. Suasananya yang kental dengan budaya Jawa membuatnya memiliki daya tarik tersendiri. Namun, tidak banyak destinasi baru yang diketahui oleh para wisatawan. 

Kali ini, Popbela akan membagikan informasi 10 tempat wisata di Solo yang lagi hits. Tempat ini bukan hanya menyajikan pemandangan yang indah saja, tapi juga pengalaman yang unik dan cerita yang menarik.

Mana saja destinasi tersebut? Simak di bawah ini, ya!

1. Kampung Batik Kauman

instagram.com/explorekampungbatikkauman

Kampung Batik Kauman sebenarnya merupakan pusat batik tertua yang ada di Solo. Menurut sejarah, kawasan ini merupakan pemukian abdi dalem Keraton Kasunanan yang mempertahankan tradisi membatik. 

Selain batik, lokasi di sekelilingnya yang berupa gang-gang sempit juga menarik untuk spot berfoto. Ada banyak bangunan tua bergaya arsitektur Jawa-Belanda serta rumah joglo maupun limasan. 

Lokasi Kampung Batik Kauman ada di Jalan Trisula III No.1, Kauman, Kecamatan Pasar Kliwon, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57112. 

2. Masjid Raya Sheikh Zayed

instagram.com/afhmzh

Tempat wisata di Solo yang lagi hits selanjutnya cukup baru, yakni Masjid Raya Sheikh Zayed. Bukan seperti masjid biasanya, bangunan ini memang replika dari Masjid Raya Sheikh Zayed yang ada di Uni Emirat Arab. 

Meski dibangun dengan dua lantai, luas masjid ini mencapai 8.000 meter persegi. Arsitekturnya pun dilengkapi dengan 82 kubah dan berhiaskan batu alam yang sangat megah. 

Lokasi Masjid Raya Sheikh Zayed ada di Jalan Surya IV, Jebres, Kecamatan Jebres, Kota Surakarta, Jawa Tengah. 

3. Pura Mangkunegaran

google.com/maps/Araminta Shittadevy

Pura Mangkunegaran yang merupakan kediaman para raja atau adipati Mangkunegaran dan keturunannya memang menarik untuk dikunjungi. Bangunan ini didirikan oleh Raden Mas Said yang bergelar Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya (KGPAA) Mangkunegara I.

Saat memasuki kompleksnya, kamu akan disambut dengan arsitektur pendopo bergaya Jawa-Eropa yang megah. Kemudian, pengunjung akan dibawa menuju Pringgittan yang merupakan tempat tinggal keluarga dan Pustoko yang merupakan tempat penyimpanan benda kerajaan. 

Lokasi Pura Mangkunegaran ada di Jalan Ronggowarsito, Keprabon, Kecamatan Banjarsari, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57131. 

4. Pracima Tuin

instagram.com/puromangkunegaran

Tak jauh dari kawasan Pura Mangkunegaran, ada tempat wisata di Solo yang lagi hits bernama Pracima Tuin. Tempt ini sebenarnya adalah restoran yang menawarkan pengalaman makan dengan suasana a la Kerajaan. 

Mulai dari suasana, arsitektur, sampai dengan menunya disesuaikan dengan hidangan yang biasa disajikan di Pura Mangkunegaran. Namun, ada beberapa aturan yang harus dipatuhi oleh pengunjung sebelum masuk ke area Pracima Tuin. 

Lokasi Pracima Tuin ada di Jalan RA Kartini, Timuran, Kecamatan Banjarsari, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57131. 

5. Tumurun Museum

instagram.com/tumurunmuseum

Tumurun Museum sebenarnya merupakan museum pribadi yang didirikan oleh pendiri perusahaan tekstil PT Sritex. Namun, wisatawan bisa membuat jadwal kunjungan untuk melihat mahakarya seni di dalamnya. 

Kamu akan melihat aneka karya seni milik seniman Indonesia, mulai dari Affandi sampai dengan Raden Saleh. 

Lokasi Tumurun Museum ada di Jalan Kebangkitan Nasional No.2, RW.4, Sriwedari, Kecamatan Laweyan, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57141. 

6. Grandis Barn

instagram.com/grandisbarn

Kembali dengan tempat wisata di Solo yang lagi hits lainnya, kali ini adalah restoran yang tak kalah instagramable dari Pracima Tuin. Grandis Barn berdiri di tengah hutan jati. 

Di tengahnya berdiri bangunan menyerupai gudang dengan interior dan eksterior yang unik. Interior itu juga memiliki konsep seperti bar di luar negeri, sementara bagian belakangnya ditujukan untuk resto keluarga. 

Grandis Barn berada di Jalan Adi Sucipto, Blukukan Dua, Blulukan, Kecamatan Colomadu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah 57174. 

7. De Tjolomadoe

instagram.com/detjolomadoe_official

De Tjolomadoe merupakan pabrik gula yang kini dipoles menjadi tempat wisata. Pengujung bisa melihat aneka pameran dan berkunjung ke kafe yang ada di dalamnya. 

Namun, suasana seperti pabrik gula di sini tetap dipertahankan. Hal itu justru menjadi daya tarik tersendiri karena unsur sejarah di dalamnya. 

Lokasi De Tjolomadoe ada di Jalan Adisucipto No.1, Paulan Wetan, Malangjiwan, Kecamatan Colomadu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah 57177. 

8. Gedung Djoeang 45

instagram.com/gedungdjoeang45solo

Lokasi Gedung Djoeang 45 berada di pasar Kliwon, Surakarta. Seperti namanya, tempat ini memiliki kisah peruangan kemerdekaan Indonesia. Pengunjung bisa berkeliling kompleks Gedung Djoeang yang penuh sejarah. 

Di setiap tahunnya, gedung ini memiliki fungsi yang berbeda-beda. Namun, gedung ini masih kokoh berdiri sampai sekarang dan menjadi objek wisata yang menarik wisatawan. 

Lokasi Gedung Djoeang 45 ada di Kedung Lumbu, Pasar Kliwon, Kota Surakarta, Jawa Tengah. 

9. Museum Batik Danar Hadi

google.com/maps/Jatmiko

Solo memang menjadi salah satu sentra Batik. Maka, tempat wisata di Solo yang lagi hits kali ini menarik untuk dikunjungi. Museum Batik Danar Hadi didirikan oleh produsen batik terkemuka di Solo. 

Dikarenakan usahanya yang sudah besar dan turun-temurun, maka mereka memiliki banyak sekali koleksi batik. Kurang lebih terdapat 10.000 helai kain yang bisa kamu lihat di museum ini yang berasal dari periode yang berbeda-beda. 

Lokasi Museum Batik Danar Hadi ada di Jalan Slamet Riyadi No.261, Sriwedari, Laweyan, Kota Surakarta, Jawa Tengah. 

10. Pasar Gede

google.com/maps/Estu Dimas Danang

Kurang lengkap rasanya berwisata ke Solo tanpa berkunjung ke Pasar Gede atau pasar Gede Hardjonagoro. Meski merupakan pasar tradisional, tetapi ada banyak sekali kuliner khas Solo yang menarik untuk ditelusuri. 

Selain itu, jajanan anak muda pun tersedia di beberapa spotnya. Maka dari itu, Pasar Gede jadi lokasi yang cocok dikunjungi bersama teman ataupun keluarga. 

Lokasi Pasar Gede ada di Jalan Jenderal Urip Sumoharjo, Sudiroprajan, Kecamatan Jebres, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57129.

Kumpulan tempat wisata di Solo yang lagi hits tersebut akan cocok dikunjungi bersama teman-teman atau keluarga saat liburan. Setelah melihat deretan destinasinya, mana yang akan kamu kunjungi lebih dulu, Bela? 

IDN Media Channels

Latest from Travel