Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

5 Lampu Merah Terlama di Indonesia, Sampai 12 Menit!

Pengendara harus bersabar

Nafi' Khoiriyah

Beberapa waktu lalu, cuitan tentang lampu merah terlama di Indonesia ramai diperbincangkan di media sosial Twitter. Pasalnya, terdapat 5 lampu merah yang memiliki durasi waktu yang cukup lama hingga membuat pengendara harus bersabar. 

Padahal, lampu merah pada umumnya berhenti pada kisaran waktu 100 detik saja. Sontak, warganet pun saling membagikan pengalamannya saat melewati lampu merah yang durasinya dinilai tidak wajar tersebut. 

Tersebar di beberapa kota di Indonesia, kita-kira lampu merah mana saja yang memiliki durasi waktu berhenti paling lama ya, Bela? 

1. Lampu merah simpang Kiaracondong-Soekarno Hatta, Bandung

pexels.com/Davis Sánchez

Lampu merah terlama di Indonesia yang pertama berada di Kota Bandung, yakni lampu merah simpang Kiaracondong-Soekarno Hatta. Durasi lampu merah ini mencapai 12 menit atau 720 detik. Sementara durasi lampu hijaunya tak sebanding, yakni 1,37 menit atau 97 detik saja.

Namun, menurut Kepala Seksi lalu lintas Jalan Dinas Perhubungan (Dishub) Bandung, siklus di perempatan Kiaracondong hanya sekitar 6-7 menit atau 396 detik. Lamanya durasi lampu merah di kawasan ini memang sudah menjadi cerita lama bagi para masyarakat sekitar Bandung. 

Penyebabnya adalah banyaknya jumlah kendaraan yang melintas di kawasan ini. Semakin banyaknya kendaraan, maka durasi lampu merah menjadi lebih lama. Pada kawasan lampu merah Kiaracondong, simpang tersebut sudah sangat jenuh dengan tingkat pelayanan simpang yang rendah.

Maka dari itu, tidak mengherankan kalau lampu merah ini bisa memiliki durasi sampai 12 menit lamanya pada waktu tertentu. 

Untuk menghindari lamanya waktu menunggu lampu hijau di lampu merah simpang Kiaracondong-Soekarno Hatta, kamu bisa memutar ke arah Kawaluyan dan keluar di Jalan PSM Kiaracondong. Kalau tidak, kamu juga bisa melewati jalan tikus di Jalan Cijawura Girang. 

2. Lampu merah Margorejo, Surabaya

pexels.com/Minangkara Rengga

Memiliki durasi lampu merah sekitar 300 detik atau 5 menit, lampu merah Margorejo di Kota Surabaya menjadi lampu merah terlama selanjutnya. Tak mengherankan, sebab Surabaya menjadi salah satu kota besar di Indonesia. 

Lamanya durasi lampu merah Margorejo memang sudah terkenal sejak dulu. Namun, kawasan tersebut makin macet karena meningkatnya volume kendaraan saat ini.

Keberadaan lampu merah di sini membantu lalu lintas menjadi lebih teratur dan meminimalisasi kecelakaan lalu lintas. Sayangnya, banyak pengendara yang justru sering menerobos lampu merah dan berakhir ditilang petugas. 

3. Lampu merah simpang Kalibanteng, Semarang

pexels.com/Karol D

Masih di sekitar Jawa Tengah, lampu merah Simpang Kalibanteng menjadi lampu merah yang paling lama selanjutnya. Durasi lampu merah ini hampir sama dengan sebelumnya, yakni sekitar 300 detik atau 5 menit. 

Menurut Dishub Kota Semarang, lamanya lampu merah tersebut dikarenakan adanya 6 simpang di Simpang Kalibanteng. Dengan sistem yang diatur secara real time, lamanya waktu tunggu sudah diatur sesuai kebutuhan jalan. 

Lamanya lampu merah Simpang Kalibanteng bahkan sempat menjadi meme di media sosial. 

4. Lampu merah Pingit, Yogyakarta

freepik.com

Berpindah dari Semarang, di Yogyakarta juga terdapat satu lampu merah yang terkenal sebagai lampu merah terlama di Indonesia yaitu Bangjo Pingit. Durasi lampu merah ini adalah 2 menit lebih 56 detik.

Waktu tersebut tidak sebanding dengan lampu hijaunya yang hanya 50 detik saja. Menurut Dishub Kota Yogyakarta, durasi tersebut disesuaikan dengan kondisi lalu lintas. 

Bagi kamu yang belum tahu, lampu merah Pingit berada di sisi barat Tugu Yogyakarta. Jadi, lampu merah ini sangat penting untuk mengendalikan jumlah kendaraaan dari Jalan Magelang dan Jalan Godean. 

Perempatan Pingit juga menghubungkan empat ruas jalan, yakni Jalan Magelang di sisi Utara, Jalan Tentara Pelajar di sisi Selatan, Jalan Kyai Mojo di sisi Barat, dan Jalan Diponegoro di sisi Timur. 

5. Lampu merah Grand Artos, Magelang

freepik.com/evening_tao

Magelang juga mempunyai lampu merah dengan durasi yang cukup lama. Lampu merah tersebut terletak di perempatan sekitar Mall Grand Artos. Durasi lampu merah tersebut sekitar 4 menit lebih 5 detik. 

Lamanya durasi lampu merah di perempatan sekitar Mall Grand Artos diakibatkan jarak antar jalan cukup jauh dan berkelok. Untuk menanggulangi kemacetan, Dishub Provinsi Jawa Tengah sudah mengoptimalisasi siklus waktu lalu lintas di sekitar area tersebut.

Arti warna lampu lalu lintas

wikipedia.org

Kamu tentu sudah tahu dengan arti warna lampu lalu lintas yang berwarna merah, kuning, dan hijau. Namun, belum banyak yang tahu kalau ada sejarah yang melatarbelakangi masing-masing warna tersebut. 

Warna merah yang kita ketahui merupakan tanda untuk berhenti. Ternyata, sejak zaman dulu warna merah memang sudah menjadi tanda untuk berhenti. Itulah mengapa sekarang warnanya masih digunakan untuk menghentikan kendaraan dan adanya lampu merah terlama di Indonesia. 

Kemudian, warna kuning diambil dari warna api sejak zaman dahulu. Prajurit zaman dulu menggunakan api untuk isyarat agar bersiap-siap menghadapi musuh. Kini, warna kuning digunakan untuk pertanda kendaraan harus bersiap untuk berhenti. 

Terakhir, warna hijau digunakan sebagai lambang untuk berjalan karena warnanya yang identik dengan ketenangan. Warna-warna lampu merah tersebut disusun secara vertikal agar lebih mudah dilihat oleh pengguna jalan yang buta warna.                                         

Itulah 5 lampu merah terlama di Indonesia yang bisa menguji kesabaranmu. Selain lampu merah di atas, mana lagi lampu merah yang memiliki durasi lama menurutmu, Bela?

IDN Media Channels

Latest from Travel