Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

16 Fakta Menarik Negara Prancis, Hewan Harus Bayar Tiket Kereta

Unik dan nyentrik

Audia Natasha Putri

Kalau mengingat merek fesyen mode ternama, kiranya Negara Prancis langsung terpancar di memori. Negara cantik yang berlokasi di Eropa Barat ini menjadi rumah bagi puluhan produk fesyen kelas atas yang bernilai estetika tinggi dan berharga fantastis. Prancis juga menjadi negara kelahiran bagi orang terkaya dunia ke-1 2024 sekaligus taipan gurita bisnis mode LVMH (Louis Vuitton Moët Hennesy), Bernard Arnault beserta kelima anaknya.

Hingga sekarang, pamor Prancis sebagai negara Eropa favorit impian para turis internasional untuk berlibur juga belum padam. Menurut statistika dari situs Statista.com, setidaknya ada 79.4 juta wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Prancis sepanjang 2022. Angka yang fantastis bukan?

Nah, bagi kamu yang berencana ingin liburan di Prancis, nggak ada salahnya untuk mengenal lebih dalam negara yang terkenal akan Menara Eiffel-nya tersebut. Dari banyak sumber, inilah 16 fakta menarik Prancis yang perlu kamu tahu.

1. Demi mempromosikan sekaligus melestarikan musik lokal, Pemerintah Prancis mewajibkan 40 persen lagu berbahasa Prancis yang diputar di stasiun radio.

Unsplash.com/Eric Nopamen

2. Cuma di Prancis, kamu bisa menikah dengan pasanganmu yang sudah meninggal secara legal. Mulanya peraturan ini dibuat sesusai Perang Dunia I bagi para perempuan yang tengah mengandung, namun sang calon suami gugur saat perang.

Sharebuzz.info

3. Société Nationale des Chemins de fer Français (SNCF) atau Perusahaan Kereta Api Prancis mewajibkan hewan untuk membayar tiket untuk naik kereta, bahkan siput sekalipun.

Voyager en train

4. Orang tua yang berencana ingin menamai bayi mereka harus dibuat pusing dulu. Lantaran banyak sekali nama yang dilarang di Prancis. Pantangan ini berlaku semata-mata untuk tidak menyinggung atau memalukan sang anak saat menginjak dewasa.

Pexels.com/Pixabay

5. Haram hukumnya untuk mengenakan celana pendek, boxer, dan kaos saat berenang di Prancis. Mayoritas kolam renang umum hanya memperbolehkan pengunjung untuk mengenakan celana dan baju renang saja.

insider.com

6. Memotret Menara Eiffel di malam hari merupakan hal ilegal di Prancis, karena dinilai sebagai pelanggaran hak cipta. Namun setelah amandemen tahun 2016, kini turis boleh memotretnya selama tujuannya hanya untuk hiburan semata, bukan untuk komersil.

Toureiffel.paris

7. Prancis menjadi tanah kelahiran bagi 400 jenis keju lezat dan bercita rasa otentik.

pexels.com/Tabitha Mort

8. Tahukah kamu? Prancis merupakan negara pertama yang memperkenalkan sistem transportasi umum (the omnibus) dengan Blaise Pascal sebagai pendirinya di tahun 1662.

Unsplash.com/Kit Suman

9. Mahakarya milik Leonardo Da Vinci, Monalisa tersimpan dan menjadi aset koleksi di Museum Louvre, Paris.

Travel + Leisure

10. Prancis adalah negara dengan zona waktu terbanyak di dunia, yaitu 12 zona waktu.

Pixabay.com/geralt

11. Bahasa Prancis dipakai sebagai bahasa resmi di 29 negara. Di antaranya adalah Belgia dan Swiss.

Pixabay/Foundry

12. Selain terkenal akan budaya fesyennya, Prancis juga telah melahirkan banyak karya sastra terkenal dan menjadi negara dengan pemenang Nobel Sastra terbanyak di dunia.

Pixabay.com/rawpixel

13. Sudah dijelaskan sebelumnya, Prancis menjadi rumah mode bagi brand mewah kelas dunia, seperti Louis Vuitton, Hermès, Chanel, Cartier, Dior, Lancôme, Givenchy, dan YSL.

Pixabay.com/Hans

14. Melansir dari The Culture Trip, masyarakat Prancis menghabiskan waktu tidur selama 8,83 jam sehari. Angka ini menjadikan warga Prancis memiliki jam tidur paling banyak di dunia.

freepik.com/jcomp

15. Sebuah fakta mengejutkan bahwa 47 persen pria di Prancis bekerja sebagai 'bapak rumah tangga'.

The Guardian

16. Seks merupakan hal yang lumrah di Prancis. Demi menekan angka kehamilan, Pemerintah Prancis pun menyediakan mesin penjual kondom di seluruh pelosok negara, mulai dari perkotaan, pedesaan, bahkan sekolah menengah.

Reddit.com

Itulah beberapa fakta mengenai negara Prancis yang menjadi destinasi idola banyak turis internasional. Tertarik ke Prancis, Bela? 

IDN Media Channels

Latest from Travel