Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Rekomendasi Minuman Anti Ngantuk Selain Kopi yang Membuatmu Terjaga

Bukan hanya kopi saja yang dapat mempertahankan energi

Mariana Politton

“Selamat pagi” tidak sekadar memiliki arti untuk menyambut hari yang cerah maupun mendung. Sering kali, ucapan tersebut mengingatkan kamu pada rutinitas dan tanggung jawab yang menanti. Dengan begitu, kamu harus bergegas untuk menyiapkan secangkir kopi dan meminumnya.

Yup, minuman kopi yang mengandung kafein dimanfaatkan oleh sebagian besar orang untuk menyiasati rasa kantuk yang cenderung datang di jam-jam rawan malas. Tapi, tahukah kamu kalau ternyata minuman anti ngantuk tidak hanya fokus pada kandungan kafein dalam kopi saja. Ada minuman-minuman lain!

Berikut adalah rekomendasi minuman anti ngantuk selain kopi yang dapat membuatmu terjaga!

1. Teh hijau

freepik.com/ededchechine

Selain kopi, teh merupakan minuman yang tidak jarang hadir sebagai menu sarapan. Terutama penduduk Jepang yang secara tradisi, senang mengonsumsi teh hijau dalam kesehariannya. Siapa sangka, hal tersebut dikarenakan kandungan-kandungan yang sangat bermanfaat bagi tubuh manusia.

Salah satunya adalah kandunganasam amino bernama L-theanine yang diketahui berperan dalam membantu meningkatkan daya konsentrasi. Berdasarkan penelitian, kandungan tersebut juga mampu mencegah potensi kanker sekaligus meningkatkan metabolisme pada diri seseorang.

2. Air lemon

edisoninst.com

Lemon merupakan salah satu jenis buah yang tidak jauh dari keseharian. Ia cenderung dimanfaatkan sebagai perasa maupun hiasan untuk minuman dan makanan. Namun, tahkah kamu? Jika lemon diperas hingga menghasilkan air lemon, maka kamu dapat memanfaatkannya sebagai pengganti kopi.

Hal tersebut dikarenakan air lemon mengandung antioksidan sekaligus pektin yang bisa membantu seseorang tetap terjaga. Not to mention, kandungan antioksidan dalam air lemon nyatanya meningkatkan warna kulit seseorang sehingga memberi efek terlihat lebih muda tanpa bantuan kafein.

3. Minuman cokelat hitam

pinterest.com/ brad Holland

Setiap orang pasti memiliki camilan kesukaannya dan biasanya, mereka sama-sama menyukai cokelat. Selain rasanya yang nikmat, cokelat lazim diketahui dapat meningkatkan rasa senang dan bahagia. Begitu juga pada cokelat hitam yang mampu menghilangkan rasa kantuk sekaligus.

Yup, dark chocolate atau cokelat hitam mengandung endorphin yang cukup tinggi. Tahukah kamu? Kandungan tersebut merangsang fungsi otak untuk tetap bekerja dan fokus. Dengan begitu, kamu akan terdorong untuk tetap terjaga dan konsentrasi pada rutinitas di sepanjang hari.

4. Smoothies

freepik.com/ gdolgikh

Minuman sehat harus senantiasa menjadi prioritas utama bagi setiap orang. Baik jus yang terbuat dari satu jenis buah maupun smoothies yang terbuat dari beragam buah-buahan yang berkhasiat, sehat, segar dan lezat. 

Dengan kandungan vitamin C dan beragam nutrisi lainnya yang dibutuhkan, smoothies menghasilkan efek yang menyemangati. Dengan begitu, rasa kantuk akan seketika hilang ketika kamu mengonsumsinya dalam takaran yang dibutuhkan. Jadi sehat dan tetap terjaga, deh!

5. Air putih

goodhousekeeping.com

Di atas segalanya, minuman terbaik yang harus senantiasa kamu konsumsi adalah air putih. Ia memiliki banyak sekali manfaat yang diperlukan oleh tubuh. Termasuk manfaat menghilangkan rasa kantuk dan lelah berlebihan  yang seringkali dihadapi oleh setiap individu seperti kamu, bukan?

Mengapa bisa begitu? Pasalnya, rasa kantuk nyatanya disebabkan juga oleh kekurangan cairan atau dehidrasi. Sehingga, untuk mengantisipasi sekaligus menghindarinya adalah memastikan tubuhmu memiliki cakupan air yang cukup, agar aliran darah berjalan lancar dan kamu pun penuh energi!

Jadi, minuman manakah yang akan dijadikan alternatif pengganti kopi? 

TOPIC

IDN Media Channels

Latest from Food