Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

7 Rekomendasi Restoran Halal di Kyoto yang Makanannya Serba Enak

Dari masakan khas Jepang hingga Timur Tengah

Audia Natasha Putri

Kyoto merupakan salah satu kota besar di Jepang yang tak pernah sepi pengunjung. Hal ini terlihat dari hasil statistik yang menunjukkan peningkatan angka wisatawan di Kyoto setiap tahunnya. Bahkan pada tahun 2022, ada 4,7 juta orang wisatawan berlibur ke Kyoto, mengutip dari statistica.com.

Sebagai salah satu kota wisata yang populer di Jepang, kini Kyoto mengayomi ragam diversitas wisatawan dari berbagai latar belakang suku, budaya dan agama. Termasuk memperbanyak restoran halal bagi wisatawan muslim. Terlebih adalah hal tak mudah bagi turis muslim untuk wisata kuliner di negara dengan mayoritas nonmuslim.

Ada banyak ragam pilihan restoran halal di Kyoto, seperti restoran ramen, sushi, hingga restoran yang menghidangkan sajian kaiseki. Berikut rekomendasi restoran halal di Kyoto yang bisa menjadi referensimu saat berlibur ke sana.

1. Honke Tankuma Honten

Tankuma.jp

Rekomendasi restoran halal Kyoto pertama yang bisa kamu datangi adalah Honke Tankuman Honten. Bukan kaleng-kaleng, restoran ini dinobatkan gelar Michelin bintang 1. Restoran ini menawarkan interior khas Jepang yang sangat kental. Selain itu, kamu bisa menikmati makanan sambil duduk beralaskan tatami atau bantal duduk khas Jepang.

Highlight kuliner di restoran ini adalah tempura, kobe beef dan sashimi. Restoran ini hanya menerima pelanggan melalui reservasi. Lantaran, jam beroperasinya yang singkat dari jam 17.00 - 19.30 saja.

Alamat: 168 Izumiyacho, Shimogyo Ward, Kyoto, 600-8014, 

Jam Operasional: Senin-Minggu buka jam 17.00-19.30. 

Tripadvisor.com

2. Ayam Ya Halal Ramen

Fooddiversity.com

Cobalah menjajal Ayam Ya Halal Ramen kalau ingin makan ramen halal di Kyoto. Sesuai namanya, restoran ini sudah tersertifikasi halal dan menggunakan bahan makanan yang sudah terjamin kehalalannya.

Restoran ini terkenal di kalangan turis dan pekerja muslim di Kyoto. Ramen di sini sangat lezat. Teksturnya mienya lembut dan kuah kaldu ayamnya sangat kental dan gurih. Menariknya, restoran ini menyediakan menu ekslusif yang hanya bisa dipesan dalam waktu tertentu. Contohnya adalah potage ramen. Sebuah sajian semangkuk ramen yang terdiri dari daging ayam, jagung muda, dan daun mitsuba.

Alamat: 470, Kannondocho, Nakagyo Ward, Kyoto, 604-8222

Jam Operasional: Senin-Minggu buka jam 11.30-14.00 dan jam  18.00-20.30

Japantravel.com

3. Kiyomizu Junsei Okabeya

Okabeya.com

Kiyomizu Junsei Okabeya menawarkan kuliner khas Kyoto. Restoran ini terkenal akan sajian yudofu, makanan khas Kyoto berupa tahu yang dimasak dengan rumput laut dan berisi berbagai topping lainnya. Biasanya yudofu dimakan bersama side dish seperti sup, tempura, dan salad. Ada juga yuba yang merupakan lapisan atas dari susu kedelai saat membuat tahu. Kalau di Indonesia, yuba mirip dengan kembang tahu.

Alamat: 2 Chome-239 Kiyomizu, Higashiyama Ward, Kyoto

Jam Operasional: Senin-Minggu buka jam 10.30 - 17.00.

Google Photos

4. Mabrur Halal Dining Kyoto

Tripadvisor.com

Restoran halal di Kyoto ini, khusus menyajikan kuliner Timur Tengah sebagai menu utamanya. Mabrur Halal Dining Kyoto menawarkan suasan interior yang homey dan nyaman, serta didominasi oleh ornamen kayu yang estetik.

Restoran ini menjadi pilihan turis mancanegara, terutama turis atau pekerja dari Timur Tengah. Makanannya sangat enak dan otentik khas Timur Tengah. Mereka menawarkan sudah mendapat sertifikat halal, mulai menu daging ayam, sapi, hingga domba.

Alamat: 〒604-8042 Kyoto, Nakagyo Ward, Nakanocho, 574 2F

Jam Operasional: Senin-Minggu buka jam 12.00-15.30 dan 17.30 dan 22.30.

Google Photos/Salman Saikh

5. La Baraka

Google Photos/Le Petit Visiteur

Restoran halal khas mancanegara lainnya di Kyoto adalah La Baraka. Di sini menjual makanan khas Maroko, Afrika Utara. Sebut saja seperti chicken tajine, moroccan bread, couscous chicken dan berber omelet.

Daya tarik dari restoran ini adalah tersedianya ruang khusus untuk salat bagi pengunjung beragama Islam. Nuansa rumahan khas Moroko juga terasa kental. Sebuah fakta menarik bahwa pemilik restoran ini adalah pasutri lintas negara, yaitu Mu-Chan dari Maroko dan Sarima-chan yang merupakan warga asli Jepang.

Alamat: 〒600-8023 Kyoto, Shimogyo Ward, Tominagacho, 356

Jam Operasional: Senin-Minggu buka jam 11.30-15.00 dan 18.00 dan 22.00

Google Photos/Fukunishi Yuta

6. Falafel Garden

Google Photos

Kalau kamu sedang berlibur dan Kyoto dan ingin mencoba makanan halal yang berbeda, tak ada salahnya berkunjung ke Falafel Garden. Restoran ini menawarkan menu khas Mediterania dengan porsi yang cukup besar.

Bela bisa mencicipi falafel, chicken kebab, dan baba ganoush sebagai makanan utama. Untuk side dish-nya sendiri ada baklava, fried cinnamon pita, dan sandwich.

Bukan cuma itu saja, Falafel Garden mengusung gaya arsitektur khas kafe Mediterania, lengkap dengan nuansa serba kayu yang lekat. Selain itu, Falafel Garden juga menyediakan ruang makan outdoor yang dilengkapi dekorasi tanaman rambat dan pohon hias yang mengitari.

Alamat: 15-2 Tanaka Kamiyanagicho, Sakyo Ward, Kyoto, 606-8205,

Jam Operasional: Senin-Minggu buka jam 11.30-21.00

7. Ukihashi

Dok. Google Photos

Rekomendasi restoran halal di Kyoto, Jepang selanjutnya adalah Ukihashi Restaurant. Merupakan restoran yang menawarkan menu berupa kuliner Jepang yang autentik. Pengunjung bisa menyantap sajian sushi, sashimi, yakiniku, sukiyaki dan tempura yang menggiurkan. Ikan dan aneka daging yang dipakai pun halal dan mutu serta kualitasnya pun sudah terjamin.

Tak cuma itu, suasana restoran di dalamnya sangat autentik dan sederhana khas restoran Jepang. Keunikan restoran ini terletak pada permainan cahaya lampu yang tepat serta dekorasi interior dan ornamen kayu yang mendominasi.

Masuk ke dalamnya, kamu akan disambut akan ambience ala restoran mewah Jepang yang inklusif. Restoran ini juga mengembuskan atmosfer yang tenang dan menghangatkan, membuatmu rindu dengan rumah sendiri.

Alamat: 600-8216 Kyoto, Shimogyo Ward, Hotel Granvia Kyoto M3F

Hari Operasional: Senin-Minggu

Jam Buka: 07.00 – 10.00 , 11.30 – 15.00, 17.00–22.00.

Kamu punya rencana untuk berkunjung ke Kyoto dalam waktu dekat, Bela?

IDN Media Channels

Latest from Food