Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

7 Daftar Menu Masakan Sehari-hari yang Sederhana dalam Seminggu

Bervariasi dan enggak membosankan

Nafi' Khoiriyah

Ibu rumah tangga sering kali bingung dengan menu masakan yang akan dimasak setiap harinya. Sebab, para anggota keluarga lainnya tentu akan bosan jika menu masakannya itu-itu saja. 

Padahal, setiap harinya mereka harus makan untuk memenuhi kebutuhan gizi dan energi untuk beraktivitas. Salah satu cara agar keluarga tetap antusias makan makanan rumah setiap hari adalah dengan menjadwalkan menu yang berbeda setiap harinya. 

Kamu bisa melihat daftar menu masakan sehari-hari yang sederhana dalam seminggu yang disusun oleh Popbela.com berikut ini. 

1. Hari Senin (sayur sop, ayam goreng, tempe goreng)

primaro.com

Daftar menu masakan sehari-hari yang sederhana dalam seminggu dimulai dari sayur sop, ayam goreng, dan tempe goreng pada hari Senin. Lauk dan sayur ini cocok untuk memulai hari Senin yang sibuk. Dengan kandungan sayuran di dalam sop dan protein dari ayam dan tempe, para anggota keluarga pun pasti akan berenergi setelah memakannya. 

2. Hari Selasa (oseng kangkung, ayam ungkep, tahu goreng)

wikimedia.org

Supaya tidak bosan dengan sayur berkuah, kamu bisa mengganti sop dengan sayur oseng kangkung yang kering. Sebagai paduannya, masaklah lauk ayam ungkep bumbu kuning yang digoreng beserta dengan tahu. Perpaduan ketiga menu tersebut pasti akan membuat semuanya semangat untuk makan sebelum beraktivitas. 

3. Hari Rabu (sayur lodeh, ikan asin goreng, mendoan)

flickr.com

Hari Rabu biasanya keluarga sudah mulai dengan rutinitasnya sehari-hari yang tidak terlalu memusingkan. Maka dari itu, kamu bisa menyempatkan untuk memasak sayur lodeh yang diberi kuah santan gurih.

Sayur ini akan cocok dipadukan dengan ikan asin goreng dan mendoan. Kandungan gizi dari ikan asin pun cukup tinggi sehingga bisa memberikan energi yang cukup untuk berpikir dan bekerja. 

4. Hari Kamis (capcay, fuyunghai, kerupuk udang)

wikimedia.org

Sesekali, chinese food bisa masuk ke dalam daftar menu masakan sehari-hari yang sederhana dalam seminggu. Tidak melulu harus menu seafood, kamu bisa membuat menu yang murah dan sederhana seperti capcay dan fuyunghai. Jangan lupa lengkapi dengan kerupuk udang yang renyah. 

5. Hari Jumat (sayur bening, telur dadar, bakwan jagung)

wikimedia.org

Hari Jumat akan cocok dengan sayur yang berkuah seperti sayur bening. Di dalamnya, kamu bisa memasukkan berbagai sayuran yang memiliki kandungan gizi tinggi. Tak cukup dengan sayur bening saja, kamu bisa melengkapinya dengan telur dadar dan bakwan jagung. 

6. Hari Sabtu (sayur asem, sambal goreng teri, bakwan)

singaporelocalfavourites.com

Memasuki akhir pekan, hari Sabtu tentu harus dilengkapi dengan makanan yang spesial. Nah, sayur asem cocok untuk menjadi hidangan yang spesial tersebut.

Kamu perlu memasukkan sayur-sayuran seperti, jipang, jagung, kacang panjang, dan melinjo. Jangan lupa lengkapi dengan lauk sambal goreng dan bakwan sayur.

7. Hari Minggu (soto ayam, perkedel, tempe goreng crispy)

foodandwine.com

Daftar menu masakan sehari-hari yang sederhana dalam seminggu yang terakhir adalah soto ayam. Daripada membeli soto di warung, kamu bisa membuatnya sendiri dengan bahan-bahan yang ada di rumah. Sebagai lauknya, soto akan cocok dengan perkedel dan tempe goreng crispy. Cocok dimakan bersama keluarga sambil quality time di hari Minggu.

Tips menyusun menu masakan sehari-hari dalam seminggu

unsplash.com/Jakub Kapusnak

Supaya daftar menu masakan sehari-hari yang sederhana dalam seminggu tidak membosankan, kamu bisa melakukan tips berikut ini. 

1. Selang-seling lauk utama 

Setiap sajian makanan, biasanya akan ada lauk utama yang berupa protein. Protein hewani itu bisa ayam, ikan, telur, dan daging. Sedangkan protein nabati contohnya adalah tahu dan tempe.

Nah, supaya tidak membosankan, cobalah untuk selang-seling dalam memilih lauk utamanya. Pastikan di dalamnya terdapat kandungan protein yang cukup, ya. 

2. Pastikan selalu ada sayur

Bukan hanya lauk saja yang harus diperhatikan, sayur juga harus ada dalam menu makanan sehari-hari. Sayuran tersebut bisa memenuhi kebutuhan vitamin dan serat yang baik untuk kesehatan tubuh. 

3. Usahakan jangan ada menu yang serupa

Agar para anggota keluarga semangat untuk menikmati menu makanan, pastikan tidak ada menu yang serupa. Maksud dari menu yang serupa adalah sama-sama tipe pengolahannya.

Contoh, kalau kamu memasak mangut lele, maka jangan padukan dengan sayur bersantan yang sama-sama berbahan santan. 

4. Kombinasikan menu yang mudah dan rumit 

Terakhir, supaya kamu tetap konsisten untuk memasak, kombinasikan menu yang mudah dengan yang cukup rumit. Tujuannya adalah agar kamu menyajikan makanan dengan lebih cepat dan tidak kelelahan. 

Tips membuat menu makanan hemat dalam seminggu

Freepik.com/freepik

Selain menyusun daftar menu masakan sehari-hari yang sederhana dalam seminggu, kamu juga perlu menghemat uang untuk belanja bahan masakan. Nah, cara membuat menu yang hemat adalah dengan melakukan tips di bawah ini.

1. Belanja sekaligus untuk satu minggu 

Daripada berbelanja harian, belanja untuk satu minggu sekaligus akan lebih menghemat uang. Sebab, kamu tidak tergiur untuk berbelanja yang lebih banyak di hari-hari lainnya. Akan tetapi pastikan barang yang akan dibelanjakan sudah semua terbeli. Setelah itu, pisahkan barang yang sudah dibeli sesuai dengan resep masakan yang akan kamu masak per harinya. 

2. Susun menu makanan seminggu sebelumnya 

Memisahkan bahan masakan sesuai dengan resep itu akan membuatmu tidak lagi kebingungan saat akan masak setiap harinya. Jadi, susunlah menu masakan seminggu sebelumnya atau lebih tepatnya sebelum berbelanja. 

3. Manfaatkan sisa bahan makanan untuk diolah lagi

Biasanya di rumah selalu ada bumbu masakan atau bahan makanan lain yang tersisa. Supaya lebih hemat dan tidak mubazir, maka manfaarkan sisa bahan makanan itu untuk diolah kembali. Tinggal disesuaikan saja dengan menunya, lalu masak seperti biasa. 

4. Kreasikan menu masakan dari bahan yang ada 

Tidak harus selalu membeli bahan masakan, kamu pun bisa mengkreasikan menu masakan dari bahan yang ada di rumah. Namun, pastikan untuk tetap memasukkan makanan yang bergizi, ya. 

5. Manfaatkan promo belanja bahan makanan

Terakhir, manfaatkan promo belanja bahan makanan di toko langgananmu. Biasanya, ada toko yang menggelar promo di hari tertentu saja. Nah, saat itulah waktu yang tepat untuk berbelanja dengan lebih hemat. 

Itulah 7 daftar menu masakan sehari-hari yang sederhana dalam seminggu yang bisa kamu jadikan ide untuk memberikan menu makanan enak untuk keluarga. Selamat mencoba ya, Bela!

IDN Media Channels

Latest from Food