Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Catat! 20 Frasa Bahasa Korea yang Berguna untuk Para Turis

Gunakan ini saat kamu berkunjung ke Korea, ya!

Natasha Cecilia Anandita

Semua hal tentang Korea Selatan saat ini sangat amat digemari, mulai dari musiknya yang disebut K-Pop, acara televisinya mulai dari K-Drama, variety show, game, show, reality show, K-Beauty, K-Food, hingga pada K-Fashion.

Hal ini pun mendorong seluruh penggemar dari seluruh dunia untuk datang dan berkunjung ke Korea Selatan. Salah satu kendala yang mungkin dialami saat berkunjung ke negara lain adalah bahasanya.

Bagi penggemar K-Drama, satu dua kata mungkin sudah familiar, tapi Korea sendiri juga punya bahasa formal dan non-formal yang harus diketahui. Nah, untuk membuat perjalananmu ke Korea lancar, berikut ada 20 kumpulan frasa bahasa Korea yang bisa kamu gunakan saat menjadi turis atau berkunjung ke sana. Catat, ya, Bela!

1. Frasa untuk menyapa

canva.com/edited by natashacecil

Saat menyapa orang atau hendak bertanya, ucapkanlah kata sapaan "안녕하세요" (Annyeonghaseyo) yang berarti "halo/ hai" dalam bahasa yang sopan.

2. Frasa untuk perkenalan diri

canva.com/edited by natashacecil

Saat kamu memperkenalkan diri di sana, gunakanlah frasa "저는 ______ 입니다" (jeoneun ______ ibnida) yang dalam bahasa Indonesia artinya, "nama saya ______". Bagian yang kosong bisa kamu sebut dengan namamu. 

3. Untuk menanyakan lawan bicara berbahasa Inggris

canva.com/edited by natashacecil

Bahasa Inggris adalah bahasa internasional yang biasanya bisa jadi bahasa pemersatu saat sedang pergi keluar negeri. Tapi tentu tak semua orang bisa menggunakannya, begitu juga di Korea yang bahkan terkadang ada yang risih mempelajari atau menggunakan bahasa Inggris.

Untuk menanyakannya dengan sopan, kamu bisa mengatakan "영어 하세요?" (yeong-eo haseyo?) yang artinya "apakah Anda bisa berbahasa Inggris".

4. Frasa untuk mengatakan enak

canva.com/edited by natashacecil

Frasa ini mungkin sudah sering kamu dengar di drama, "맛있어요!" (Masshissuhyo!) yang artinya "enak banget" untuk memuji sebuah makanan yang rasanya sangat enak.

5. Frasa untuk memohon pelan-pelan

canva.com/edited by natashacecil

Terkadang kamu bisa menemukan orang yang berbicara dengan cepat, sementara kamu yang bahasa Korea-nya pas-pasan jadi bingung. Nah, katakanlah dengan sopan padanya untuk berbicara pelan-pelan agar kamu bisa mudah mengerti, frasa yang bisa kamu gunakan "천천히 말씀해 주세요" (Chunchunhee malsseumhae juseyo) artinya, "tolong pelan-pelan, ya, bicaranya".

6. Frasa untuk bertanya letak sesuatu

canva.com/edited by natashacecil

Setiap saat kamu ingin menanyakan di mana letak sesuatu, seperti stasiun subway, toilet, terminal bus, atau rumah sakit kamu bisa mengatakan "______ 어디있어요?" (______ eodiiss-eoyo?) yang berarti "Di mana letak ______ ?"

Contohnya:

  1. "지하철역 어디있어요?" (Jihachulyuk eodiiss-eoyo?) yang bermakna "Di mana letak stasiun subway?"
  2. "화장실 어디있어요?" (Hwajangshil eodiiss-eoyo?) yang bermakna "Di mana saya bisa menemukan toilet?"
  3. "버스 정류장 어디있어요?" (Bbuhsseu jungryujang eodiiss-eoyo?) yang bermakna "Di mana letak terminal bus?"
  4. "병원 어디있어요?" (Byungwon eodiiss-eoyo?) ang bermakna "Di mana saya letak rumah sakit?"

7. Frasa meminta bantuan

canva.com/edited by natashacecil

Untuk meminta bantuan dari orang lain, kamu bisa mengatakan "도와주세요" (Dowajuseyo) yang berarti "Tolong bantu saya".

8. Frasa untuk meminta tolong menelpon polisi

canva.com/edited by natashacecil

Saat terjadi sesuatu yang berbahaya atau perlu tindakan polisi, kamu bisa meminta tolong orang di sekitarmu dengan mengatakan "경찰에 신고해 주세요" (Gyungchalae shingohae juseyo) yang berarti "Tolong panggil/ telepon polisi".

9. Frasa saat kamu memerlukan dokter

canva.com/edited by natashacecil

Saat kamu berada di situasi yang memerlukan dokter, kamu bisa mengatakan "의사 필요해요" (Uisa pilyohaeyo) yang dalam bahasa Indonesia "Saya butuh dokter!".

10. Bertanya kamu sedang berada di mana

canva.com/edited by natashacecil

Saat kamu berkunjung ke suatu tempat yang kamu tidak ketahui atau tersasar, dan ingin mengetahui kamu ada di mana, bisa tanyakan orang di sekitarmu dengan mengatakan "내가 어디 있지?" (naega eodi issji?) yang berarti "Saya sedang berada di mana, ya?"

11. Frasa untuk meminta gambaran tentang suatu tempat

canva.com/edited by natashacecil

Bagi turis, wajar saja jika tidak tahu letak atau peta tempat yang dikunjungi, untuk meminta seseorang memberi tahumu peta atau gambaran mengenai suatu tempat, kamu bisa mengatakan "지도 그려 주실 수 있어요?" (jido geulyeo jusil su iss-eoyo?) yang berarti "Bisakah kamu menggambarkan peta untuk saya?"

12. Frasa untuk meminta tolong memanggil taksi

canva.com/edited by natashacecil

Subway mungkin salah satu transportasi yang paling banyak digunakan, tapi taksi bisa jadi alternatifnya saat kamu dalam keadaan serius, genting, atau sedang terburu-buru. Untuk meminta tolong pada orang sekitarmu memanggilkan taksi, kamu bisa berkata "택시 불러 주세요" (Tekshi bulleo juseyo) atau "Tolong panggilkan aku taksi".

13. Frasa meminta tolong diantarkan ke bandara

canva.com/edited by natashacecil

Saat bepergian, seperti dengan taksi, tentu kamu akan ditanya hendak pergi ke mana. Untuk menjawabnya, kamu bisa katakan "공항으로 가주세요" (Gonghangeuro gajuseyo) yang artinya "Tolong antar saya ke bandara". Atau jika kamu ingin pergi ke tempat lain, katakan "_______으로 가주세요" (_______-euro gajuseyo).

14. Frasa untuk menanyakan harga

canva.com/edited by natashacecil

Saat kamu berbelanja di pasar atau di jalan, dan ingin menanyakan berapa harga barang atau makanan yang kamu beli, kamu bisa berkata "얼마에요?" (eolma-eyo?) yang berarti "Berapa harganya?"

15. Frasa untuk meminta periksa

canva.com/edited by natashacecil

Saat minta diperiksa, kamu bisa mengatakan "계산해 주세요" (gyesanhae juseyo) yang artinya "Mohon periksa".

16. Saat ingin membayar dengan kartu

canva.com/edited by natashacecil

Ada kalanya kamu ingin membayar belanjaanmu dengan kartu kredit atau debitmu, untuk memastikan mereka bisa menerimanya, kamu bisa tanya dengan berkata "카드 받으세요?" (Kadeu badeuseyo?) yang berarti "Apakah Anda bisa menerima bayaran dengan kartu".

17. Meminta tanda terima

canva.com/edited by natashacecil

Saat selesai belanja, tanda terima bisa jadi diberikan atau tidak, jika kamu membutuhkannya tapi sang penjual tidak memberikannya, kamu bisa memintanya dengan mengatakan "영수증 주세요" (yeongsujeung juseyo) yang artinya "Boleh saya minta tanda terimanya/struk-nya?".

Kamu juga bisa mengatakan kata dari barang yang kamu butuhkan yang diikuti dengan kata "juseyo" untuk meminta atau memohon sesuatu.

18. Mengatakan "ya" dengan sopan

canva.com/edited by natashacecil

Saat ada seseorang bertanya padamu, dan kamu hendak mengatakan "ya" katakanlah dengan bahasa yang sopan, yaitu "네" (Ne).

19. Mengatakan "tidak" dengan sopan

canva.com/edited by natashacecil

Sedangkan untuk mengatakan tidak pada seseorang dengan sopan, kamu bisa berkata "아니요" (Aniyo).

20. Mengucapkan terima kasih

canva.com/edited by natashacecil

Untuk mengucapkan terima kasih pada orang yang telah membantumu, kamu bisa mengatakan "감사합니다" (gamsahabnida).

Itulah 20 kumpulan frasa bahasa Korea yang bisa membantumu saat berkunjung ke Korea Selatan. Dicatat dan ingat dengan baik, ya, Bela!

IDN Media Channels

Latest from Travel