Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Bukan Cuma Konsisten, Coba 5 Hal ini deh Biar Diet Kamu Berhasil

Gagal sehari boleh, tapi jangan keterusan ya

Hafidh Fajar Ardianto

Bela, pernah nggak sih udah punya rencana diet tapi malah gagal? Yap, ketika mau menjalankan diet pasti banyak banget halangannya. Mulai dari godaan pas jam makan siang kantor bareng teman sampai rasa malas buat rutin berolahraga.

Meski rencana diet kadang sulit untuk dijalani, tapi ada beberapa cara lho yang bisa Bela lakukan agar rencana dietmu kali ini anti-gagal. Apa saja sih? Sini, Popbela spill lima caranya.

1. Bikin gol yang realistis, jangan langsung tinggi!

Pexels.com

Gagal diet seringkali diawali oleh sulitnya adaptasi perubahan kebiasaan secara tiba-tiba yang disebabkan oleh target diet yang tinggi. Bukannya tercapai, malah bikin males dan berhenti deh. Padahal perlu diingat ya Bela, proses diet itu butuh waktu dan dilakukan sesuai dengan kemampuan kamu.

Misal, Bela ingin menurunkan berat badan sebanyak 10 kg. Kamu bisa membagi target angka tersebut ke beberapa waktu, entah 5 kg dalam seminggu atau 2 kg dalam seminggu. Begitu juga dengan aktivitas olahraga dan kebiasaan makan. Kamu bisa melakukannya secara sedikit-demi-sedikit dan konsisten.

2. Pilih metode diet yang paling kamu banget

unsplash.com

Diet bukan berarti mengurangi porsi makan tapi mengubah pola makan. Anggapan diet adalah mengurangi porsi makan ini sering membuat Bela gagal diet nih. Padahal ada banyak metode diet sesuai dengan kebutuhan, kondisi kesehatan, dan juga pola makan yang bisa kamu coba, Bela.

Masing-masing metode diet punya berbagai pilihan makanan. Misalnya, kamu suka makan ikan, maka diet mediterania cocok untuk kamu. Ada lagi metode diet intermittent fasting yang memungkinkan kamu tetap bisa konsumsi jenis makanan apapun dengan syarat adanya jeda jam makan.

3. Bosan dengan makanan diet? Coba meal replacement deh!

iSlim

Faktor lainnya yang mungkin bikin Bela gagal capai body goals adalah bosan dengan menu makanan diet yang itu-itu aja. Sebenarnya, hal ini bisa diakali dengan mengganti makanan atau meal replacement.

Buat yang belum tahu, meal replacement adalah produk yang mampu menggantikan makanan harian yang memiliki kandungan gizi lengkap. Umumnya, meal replacement dikemas dalam kemasan bubuk, padat, hingga cair.

Melalui sebuah jurnal, mengganti makanan dengan meal replacement lebih efektif turunkan berat badan dibanding hanya mengandalkan diet tradisional. Nah, bagi kamu yang sedang mencari meal replacement yang kaya dengan nutrisi dan minim kalori, iSlim bisa jadi pilihan terbaik, Bela.

Bukan cuma itu, Bela. iSlim sendiri adalah meal replacement yang membuat kamu bisa kenyang lebih lama, mencukupi kebutuhan nutrisi tubuh, defisit kalori, menghambat penyerapan lemak, dan membuang sisa metabolisme tubuh tanpa bikin perut kamu melilit.

iSlim juga meal replacement pertama yang dilengkapi dengan 3 Fat Blocker yaitu Chia seed yang bisa memberikan efek mengenyangkan selama 4 jam, Chitosan yang dapat memblok lemak yang masuk agar tidak diserap tubuh, dan Green Coffee Extract yang mampu membantu proses pembakaran lemak.

Jangan khawatir soal rasa, iSlim punya 3 varian rasa yaitu mochaccino, cokelat, dan vanilla latte yang tentunya bikin aktivitas diet kamu  tetap menyenangkan. Ditambah, iSlim sudah BPOM dan mengantongi sertifikat Halal, lho.

4. Cari teman yang suka olahraga, otomatis anti gagal diet

123rf.com

Dukungan dari orang-orang sekitar sangat dibutuhkan untuk mencapai target. Benar ‘kan Bela? Dukungan biasanya memberikan motivasi lebih apalagi di saat kamu ingin menyerah. Tanpa dukungan, rencana yang telah dibuat pun seringkali berakhir gagal.

Nah, ketika kamu mau memulai diet. Coba deh cari teman yang juga suka olahraga atau setidaknya sama-sama ingin diet. Selain lebih fun, kamu juga bisa sharing keluh-kesah atau kendala yang dialami selama diet berlangsung.

5. Bikin diet diary, catat semua yang kamu lakukan dalam sehari

Unsplash.com

Terakhir nih, kamu bisa mulai membuat diet diary atau diet jorunal. Belakangan, journaling emang jadi aktivitas yang disarankan ketika kamu ingin mencapai sesuatu.

Melalui diet diary, kamu bisa menulis setiap gol yang ingin kamu capai, aktivitas-aktivitas apa saja yang dilakukan untuk mencapai gol itu, dan apa saja yang menjadi halangan untuk mencapai gol tersebut dalam hal ini adalah mencapai body goals.

Brian Tracy, penulis buku Maximum Achievement mengatakan, menulis rencana dan gol ke dalam sebuah jurnal bisa meningkatkan fokus dan motivasi yang bisa membuat apa yang kamu rencanakan berhasil.

Nah, gimana Bela? Pastikan kamu konsisten dan tidak ada lagi gagal buat dapatkan body goals, ya. Apalagi kini ada iSlim, meal replacement yang bisa bikin aktivitas diet kamu nggak hambar-hambar banget! Yuk, Bela langsung checkout iSlim di sini. (WEB)

IDN Media Channels

Latest from Food