Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Tetap Sehat, Ini 9 Makanan yang Bisa Kamu Stok Saat Cuaca Ekstrem

Persedian makanan di kala tidak bisa ke mana-mana

Evelyn Anggraini

Beberapa hari belakangan ini, apakah Bela pernah merasakan kalau cuacanya begitu dingin sehingga membuatmu terkadang ingin bergelung dengan selimut seharian? Nah, rupanya BMKG mengemukakan jika Indonesia tengah memasuki cuaca ekstrem, yang menyebabkan hujan lebat akan terus mengguyur beberapa kawasan hingga awal tahun baru.

Awalnya ada prakiraan yang mengatakan pada Rabu (28/12/2022) akan terjadi fenomena badai. Namun, BMKG menepis hal tersebut dengan menyatakan bahwa Indonesia akan mengalami hujan intensitas sedang hingga lebat. Masyarakat pun diimbau untuk tetap tenang dan waspada terhadap segala dampak potensinya.

Adanya hujan yang akan turun lebat nantinya, pastinya kamu tidak ingin kelaparan pada saat rasa kedinginan mulai menyelimutimu. Tentunya, makanan yang hangat dan juga sehat jadi pilihan terbaik ketika musim hujan tiba. Akan tetapi, rasanya tidak mungkin kalau kamu membelinya saat turunnya hujan, bisa-bisa kondisi tubuhmu jadi menurun. Oleh karenanya, kamu perlu menyiapkannya sebelumnya sebagai persediaan makanan selama cuaca ekstrem melanda.

Kali ini, Popbela berikan informasi mengenai 9 makanan yang bisa kamu stok saat cuaca ekstrem. Simak selengkapnya di bawah ini, ya!

1. Makanan berbahan sayur

Situs en.aleppofood.com

Untuk makanan yang satu ini rasanya wajib kamu persiapkan untuk menjadi santapan hangat saat musim hujan, seperti menu sop sayur, tumis-tumisan, hingga olahan lainnya. Makanan yang berbahan sayur sangat tinggi akan kandungan nutrisinya, dari vitamin maupun mineral. Misalkan saja, bayam dan brokoli mengandung vitamin A, E, dan serat yang bisa menjaga kondisi sistem imun tubuhmu.

Serat dalam sayur sangat sehat untuk memberi makan bakteri baik di dalam perut, ada juga kandungan antioksidan dalam bayam mampu mencegah terjadinya inflamasi. 

2. Makanan berfermentasi

Berbagai sumber

Makanan berfermentasi, seperti tempe, tape, acar, yoghurt, teh kombucha, bahkan kimchi sekalipun memiliki kandungan tinggi terhadap probiotik yang membantumu dalam menjaga sistem imun tubuh, lho. Probiotik juga bermanfaat bagi kesehatan sistem pencernaan, terlebih kalau kamu tiba-tiba mengalami peradangan pada usus maupun diare.

Nah, selain menjaga daya tahan tubuh, rupanya yogurt bisa menjaga kesehatan kulit dan rambut secara keseluruhan, dan juga tulang. Hal ini disebabkan bahwa yoghurt punya kandungan asam laktat, vitamin D, hingga protein.

3. Makanan mengandung lemak baik

pexels.com/Pixabay, Irina Iriser

Lemak baik begitu dibutuhkan untuk kebutuhan energi kita hingga mendorong imun tubuh untuk mencegah beberapa kuman maupun bakteri. Sebaiknya, kamu mengonsumsi makanan yang mengandung lemak tak jenuh tunggal dan ganda lantaran keduanya mampu untuk menjaga kesehatan jantungmu.

Kamu bisa menggunakan minyak zaitun untuk memasak. Lalu, untuk kudapan ringannya kamu bisa menikmati alpukat dan kacang-kacangan, seperti almond, kacang tanah, dan kacang mete. Pemilihan untuk beralih minum susu kedelai juga sama baiknya.

4. Daging merah

pexels.com/Lukas

Daging merah, seperti daging sapi memiliki sumber zat besi yang baik. Biasanya, orang-orang cenderung merasa kedinginan dan mudah lelah karena kekurangan kandungan ini. Zat besi mampu menyuplai oksigen ke seluruh tubuh. Adanya vitamin B12 yang terkandung di dalamnya juga bermanfaat untuk kesehatan saraf dan sistem kekebalan yang kuat.

5. Telur

pexels.com/Mona Sabha Cabrera\

Kaya akan protein, seng, dan vitamin D, telur jadi bahan makanan yang cocok di kala cuaca sedang dingin. Ketiga kandungan tersebut bekerja sama membangun sistem kekebalan tubuhmu agar terhindar dari serangan penyakit maupun infeksi. Protein yang terkandung juga di dalamnya berperan penting dalam pembentukan dan perbaikan sel jaringan penyusun tubuh manusia serta bermanfaat pada proses metabolisme.

6. Oat

pexels.com/JÉSHOOTS

Sebagai pengganti karbohidrat sementara, kamu bisa memulainya dengan sarapan hangat dari gandum ataupun jenis bubur lainnya. Oat merupakan biji-bijian yang mengandung serat baik, tidak hanya membuatmu kenyang, tapi juga memberikan kebutuhan nutrisi di dalam tubuhmu.

7. Umbi-umbian

Situs anekatop10.com

Bahan makanan umbi-umbian, seperti ubi jalar ataupun yang lainnya bisa meningkatkan suhu tubuhmu dengan efektif. Adanya kandungan vitamin A, C, dan potasium bantu kamu memiliki tambahan serat dan nutrisi lainnya. Umbi-umbian juga bisa sebagai alternatif karbohidrat lainnya, nih! Selain bikin kenyang, mengonsumsinya juga bantu meningkatkan kekebalan tubuh.

8. Pisang

pexels.com/Luis Quintero

Pisang menjadi alternatif asupan energi instan lantaran mengandung gula sederhana, yakni fruktosa dan suktosa. Selain itu, pisang memiliki kadar serat yang membantu pencernaan pada usus maupun inflamasi. Adanya kadar magnesium yang sangat penting untuk kesehatan tulang dan juga pelindung jantung.

9. Bawang putih

pexels.com/Karolina Grabowska

Adanya konsentrasi senyawa sulfur dan allicin membuat bawang putih memiliki peranan penting dalam membantu sistem kekebalan tubuh. Selain itu, bawang putih juga baik untuk penurunan tekanan darah. Makanan yang mengandung bahan ini sangat cocok apalagi kalau kamu mengidap flu saat cuaca dingin.

Itulah deretan 9 makanan yang bisa kamu stok saat cuaca ekstrem. Sebaiknya, kamu persiapkan dari sekarang sebelum hujan lebat melanda di daerahmu. Dari informasi di atas, adakah makanan lainnya yang cocok ketika cuaca hujan ekstrem, Bela? Boleh tulis di kolom komentar, ya!

IDN Media Channels

Latest from Food