Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

8 Model Baju Tenun Kombinasi Kain Polos, Simpel dan Elegan!

Mana model pilihanmu?

Nafi' Khoiriyah

Kain tenun merupakan hasil kerajinan yang terbuat dari benang dengan memasukkan benang secara memanjang dan melintang. Benang yang dipakai tersebut menggunakan benang pakan dan lusi. 

Di Indonesia, kain tenun ada beragam macamnya, mulai dari kain tenun ikat, kain songket, hingga kain ulos. Biasanya, kain tersebut dipakai sebagai pakaian adat. Namun, kamu juga bisa mengkreasikannya menjadi pakaian modern dengan kain polos supaya makin trendi.

Kali ini, Popbela.com akan memberikan referensi model baju tenun kombinasi kain polos yang simpel dan elegan. Lihat detail modelnya berikut ini ya, Bela!

1. Baju Tenun Kombinasi Polos Abu-Abu

pinterest.com

Baju tenun kombinasi kain polos yang pertama ini dibuat dengan model blouse yang panjang sampai ke paha. Warna kain tenun tersebut bernuansa merah dan hitam dipadukan dengan kain polos warna abu-abu. 

Kamu tidak memerlukan kain tenun yang terlalu banyak, cukup tiga potong kain yang melingkar di badan baju. Sementara itu, lengan dan bagian lainnya menggunakan kain polos abu-abu.

Baju ini akan memiliki potongan yang melebar ke bawah sehingga akan membuatnya bergelombang saat dipakai.

2. Baju Tenun Kombinasi Polos Aksen Rompi

pinterest.com

Kombinasi baju tenun dengan kain polos selanjutnya memadukan antara kain tenun bernuansa merah, hitam, dan abu-abu dengan kain polos warna hitam. Perpaduan warna yang kontras tersebut akan membuat motif kain tenun lebih terlihat. 

Kemudian, model baju ini dibuat menjadi blouse dengan aksen rompi pendek sampai pinggang. Di sisi kirinya, terdapat aksen tali yang menyatukan antara bagian rompi depan dan belakang. 

3. Tenun Kombinasi Polos Model Outer

pinterest.com

Beralih dari model blouse, kamu bisa membuat model baju tenun kombinasi kain polos menjadi outer. Outer tersebut memadukan antara kain tenun yang berbentuk selendang dengan kain polos berwarna hitam. 

Kain tenun yang berbentuk selendang dengan sisa benang di ujungnya tersebut dipakai di bagian tengah baju. Sementara itu, kain tenun yang tersisa lainnya digunakan untuk ujung lengan baju. Kalau sudah, kenakan menggunakan inner baju yang kamu punya. 

4. Baju Tenun Kombinasi Polos Asimetris

pinterest.com

Model asimetris kini sedang diminati banyak orang. Sebab, model tersebut terkesan trendi dan modern.

Kamu juga bisa membuat baju kombinasi tenun dan polos dengan model ini. Namun sebelumnya, siapkan dulu kain tenun bermotif merah dan kuning serta kain polos hitam. 

Setelah itu, buat baju model asimetris dengan meletakkan kain tenun di bagian depan meruncing asimetris. Sementara itu, lapisan bawahnya menggunakan kain polos hitam yang memiliki potongan rata. Nah, kain tenun lainnya yang tersisa bisa dipakai di kedua ujung lengan baju. 

5. Baju Tenun Kombinasi Polos dengan Kantong

pinterest.com

Hampir sama dengan baju tenun kombinasi kain polos sebelumnya, kali ini kamu bisa menambahkan kantong di sisi kiri bajunya. Sementara itu, model asimetris pada baju ini dibuat dengan lapisan kain tenun yang memanjang dari pundak sampai melebihi ujung baju.

Kantong tersebut dibuat dengan kain tenun yang tersisa, begitu juga dengan aksen tenun di ujung lengannya. Kamu bisa memakai baju tersebut sebagai pakaian kantor atau pakaian formal lainnya. 

6. Baju Tenun Kombinasi Polos Simpel

pinterest.com

Kalau kamu senang dengan model yang simpel, model baju tenun kombinasi kain polos di atas bisa dicoba. Baju tersebut memadukan antara kain polos berwarna hitam dengan kain tenun bernuansa hitam dan putih. 

Kemudian, perpaduan antara kain polos dan kain tenun berada pada perpotongan di dada dan di ujung lengan baju. Supaya tidak membosankan, kamu bisa menambahkan detail kecil seperti tali di dada dan juga kerah v-neck. 

7. Baju Tenun Kombinasi Polos Formal

pinterest.com

Banyak orang memakai kain tenun untuk acara formal. Sebab, kain ini memiliki kesan yang mewah dan mahal. Seperti model baju kombinasi di atas, kamu bisa memadukan antara kain tenun bernuansa biru dan putih dengan lengan polos berwarna biru. 

Model baju tersebut mirip seperti blazer yang dibuat dengan ukuran menyesuaikan bentuk tubuh. Kemudian, blazer tersebut dilengkapi dengan kerah rebah yang memanjang dan juga kancing di tengahnya. 

8. Baju Tenun Kombinasi Polos Lapis Depan

pinterest.com

Terakhir, model baju tenun kombinasi kain polos bisa divariasikan dengan beragam gaya, salah satunya adalah dengan meletakkan kain tenun di bagian depan baju yang melingkar dari pundak sebelah kiri sampai ujung baju sebelah kanan. 

Sementara itu, dasar bajunya menggunakan kain polos berwarna biru yang senada dengan motif kain tenunnya. Baju ini bisa kamu padukan dengan outfit apa saja yang kontras, termasuk celana dan hijab warna putih. 

Itulah 8 model baju tenun kombinasi kain polos yang bisa kamu jadikan referensi. Di antara 8 model di atas, mana yang menurutmu paling menarik?

IDN Media Channels

Latest from Style & Trends