Baju batik menjadi outfit yang harus dimiliki oleh perempuan, terutama bagi para perempuan yang bekerja. Alih-alih membuat model baju atasan saja, dress batik modern kini bisa jadi pilihan yang menarik. 

Sebab, kamu tidak perlu bingung untuk mix and match atasan batik dengan bawahannya. Selain itu, dress batik juga akan membuatmu tampil lebih stylish dan feminin. 

Namun, banyak orang yang sering kebingungan dengan model dress batik yang bagus. Oleh karena itu, Popbela.com akan memberikan referensi model dress batik yang modern dan kekinian.

Simak ulasan selengkapnya, yuk!

1. Dress Batik Model Span Kombinasi Lace

9 Dress Batik Modern Terbaru 2022, Anggun dan Kekinian!pinterest.com

Dress batik modern model pertama ini menggunakan model span sampai lutut dengan kombinasi lace. Aksen lace tersebut dipakai untuk kerah dan lengan dress. Kerah baju tersebut dibuat dengan aksen pita, kemudian dilengkapi dengan dua kancing di bawahnya. 

Kemudian, lengan dress dibuat dengan model balon yang pendek sampai ke siku. Dengan memakai dress batik ini, penampilanmu akan tampak mewah dan berkelas. 

2. Dress Batik Model Straight Lengan Puff

9 Dress Batik Modern Terbaru 2022, Anggun dan Kekinian!pinterest.com

Selanjutnya, kain batik juga bisa kamu kreasikan menjadi dress model straight seperti di atas. Dress ini memiliki model yang panjang dan lurus dengan dua belahan di sampingnya. 

Kemudian, lengan dress tersebut memakai model puff yang pendek dan kerah shanghai yang tegak. Supaya tidak terlalu polos, kamu bisa menambahkan sedikit aksen organza di bagian bahu.

3. Dress Batik Pendek Kombinasi Organza

9 Dress Batik Modern Terbaru 2022, Anggun dan Kekinian!pinterest.com

Kalau kamu mencari kombinasi kain yang tepat untuk dress batik modern, maka bahan organza adalah jawabannya. Kain ini memiliki karakter yang kaku sehingga bisa membuat bentuk dress semakin cantik. 

Seperti di atas, kamu bisa melapisi mini dress batik dengan kain organza sampai lutut. Kemudian, tambahkan lengan ruffle 3 layer yang lebar sampai ke samping siku. Dress ini cocok kamu padukan dengan high heels warna putih yang netral. 

4. Shift Dress Simpel Pendek

9 Dress Batik Modern Terbaru 2022, Anggun dan Kekinian!pinterest.com

Tampil simpel dengan dress batik bisa kamu wujudkan dengan model berikut ini. Dengan potongan shift dress yang pendek, cocok bagi kamu yang memiliki karakter tubuh yang langsing. 

Hanya memerlukan satu model kain batik saja, kamu bisa membuat dress ini sampai sepanjang lutut. Terakhir, pilihlah model sleeveless tanpa lengan sehingga cocok dipadukan dengan aksesori perhiasan, seperti gelang dan anting emas. 

5. Dress Batik Pendek Lengan Tulle

9 Dress Batik Modern Terbaru 2022, Anggun dan Kekinian!pinterest.com

Kombinasi dress batik modern lainnya bisa dengan bahan kain tulle yang berjaring. Model baju ini dibuat pendek sampai atas lutut dengan kerah. Kemudian, bagian atas dan lengan dress dikombinasikan dengan kain tulle warna biru. 

Lengan tulle tersebut dibuat pendek sampai lengan dengan aksen ruffle di ujungnya. Kemudian, kamu bisa menambahkan sedikit kain batik di atas lipatan ruffle supaya semakin menawan. 

6. Cape Dress Batik Aksen Ruffle

9 Dress Batik Modern Terbaru 2022, Anggun dan Kekinian!pinterest.com

Model kekinian seperti cape dress aksen ruffle juga bisa kamu kreasikan dengan menggunakan kain batik. Pertama, kamu bisa membuat dress tanpa lengan dengan panjang sampai paha.

Lalu, sambungkan dengan kain batik ruffle di ujungnya sampai ke lutut. Nah, di bagian atas dress, kombinasikan dengan kain organza yang transparan. Setelah itu, barulah kamu tambahkan aksen cape mengelilingi dada. 

7. A Line Dress Batik Kombinasi Brokat

9 Dress Batik Modern Terbaru 2022, Anggun dan Kekinian!pinterest.com

Dress batik modern selanjutnya mengombinasikan antara kain batik dengan brokat. Kain batik tersebut dipakai di bagian tengah, sementara bahan brokat di pinggir dress. Detail dress ini memakai model a-line dengan panjang sampai bawah lutut. 

Untuk kerahnya, kamu bisa memilih kerah shanghai yang menutup sebagian leher. Sementara lengan bajunya dibuat dengan model puff yang berkerut dan menggembung. 

8. Wrap Dress Batik Model Slim Fit

9 Dress Batik Modern Terbaru 2022, Anggun dan Kekinian!pinterest.com

Kalau kamu ingin menampilkan bentuk tubuh, maka model dress batik slim fit seperti ini adalah pilihan yang tepat. Model tersebut cukup simpel dengan panjang sampai bawah lutut. 

Detail dress di atas terdapat pada wrap atau lipatan di ujung dress-nya. Kemudian, lengan batik ini dibuat pendek dan kerahnya adalah kerah shanghai. Model dress ini sekilas mirip dengan model baju tradisional China. 

9. Cape Dress Batik Kombinasi Organza

9 Dress Batik Modern Terbaru 2022, Anggun dan Kekinian!pinterest.com

Model dress batik modern yang terakhir adalah cape dress batik kombinasi organza. Dress tersebut dibuat dengan model straight yang panjang sampai lutut. Kemudian, bagian atas dress dikombinasikan dengan bahan brokat dan organza. 

Kain brokat dipakai untuk menutupi bagian atas dada sampai kerah, sementara kain organza dipakai sebagai cape-nya. Cape tersebut bisa menutupi bagian dada dan lengan atas, sehingga bisa menyamarkan lengan yang berisi. 

Itulah 8 dress batik modern yang bisa kamu jadikan referensi model. Semuanya tampak begitu stylish dan modern.

Kira-kira, model mana yang akan kamu buat, Bela? 

Baca Juga: 10 Blazer Perempuan Modern Terbaru 2022, Stylish dan Elegan!

Baca Juga: 8 Outer Brokat Kekinian untuk Tampil Lebih Stylish dan Keren

Baca Juga: 10 Model Long Dress untuk Orang Gemuk agar Terlihat Langsing