Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Kata Jenahara Nasution Soal Trend Hijab & Koleksi Serba Hitam

Termasuk corona yang mengubah hidup fashion desainer

Hafidhza Putri Andiza

Gaya hijab semakin menjadi trend yang menarik di Indonesia. Banyak pelaku bisnis yang berlomba-lomba membuat koleksi hijab berbagai model yang digemari oleh perempuan hijab Indonesia. Tidak selalu gaya hijab yang manis dengan warna-warna lembut, kini pakaian hijab semakin lengkap dengan bahan warna yang lebih netral dan edgy. Seperti Jenahara yang yang menciptakan trend pada pakaian warna monokrom yang bisa digunakan oleh para perempuan hijab.

Setiap hari Jumat jam 3 sore selama bulan Ramadan, Popbela mengadakan program Ramadan secara online di Instagram @popbela_com dalam format live Instagram. Hijab Hacks with Ukhti Diza (HHUD) yang diminggu kedua ditemani oleh Janahara Nasution. Seorang fashion desainer muda yang berbagi kisah memulai karir hingga tanggapan soal trend dan brand hijab yang semakin banyak. Simak, yuk!

Tumbuh dalam ruang lingkup desainer

Instagram.com/jenaharanasution

"Awalnya jadi desainer itu cita-cita dari kecil, karena mamaku juga seorang fashion desainer. Dari aku kecil sudah sering diajak ke fashion show, ke toko alat jahit, ke toko bahan, sehingga aku sudah tau saat aku besar nanti mau jadi fashion desainer karena inspirasinya dateng dari kegiatan dan kesibukan mamaku."

Alasan memilih warna hitam untuk tiap koleksi

Instagram.com/jenaharanasution

"Aku ngedesain sama apa yang aku percaya. Mulai dari kecil aku suka warna hitam karena aku merasa ketika melihat perempuan pakai warna hitam itu terlihat powerful dan terlihat memiliki intergritas. Aku selalu suka sama perempuan yang tahu apa yang dia mau, orang yang stick apapun terhadap keputusannnya dan perempuan yang punya suara. Aku rasa dengan warna hitam itu juga bisa mewakili personality mereka."

Banyak hal bisa dijadikan inspirasi

Instagram.com/jenaharanasution

"Inspirasi aku dapat dari mana saja. Seperti lagi jalan-jalan ke mall, nonton televisi, travelling sampai berkenalan sama orang. Aku senang melihat dan merasakan segala hal sehingga semua itu bisa jadi inspirasi. Bahkan aku pernah membuat koleksi yang terinspirasi dari sebuah buku karya seorang penyanyi punk bernama Patti Smith, yang berisi collected lyrics yang pada akhirnya dari lirik-lirik tersebut aku jadikan baju. Artinya inspirasi buku saja bisa jadikan sebuah koleksi sehingga aku nggak pernah membatasi diri untuk mengambil inspirasi dari apapun."

Jika karya di tiru oleh brand lain...

Instagram.com/jenaharanasution

"Aku merasa copy meng-copy sudah hal yang wajar dan lumrah dalam dunia fashion. Kalau merasa bahwa kita adalah seorang fashion desainer, buatlah sesuatu yang baru sehingga ketika karya kita tiru oleh brand lain, kita harus menciptakan trend yang baru lagi. Apalagi jika memang percaya bahwa kita memiliki kapasitas untuk bisa membuat trend atau desain yang unik dan baru. Aku rasa balik lagi ke passion. Jika desain adalah passion, ya ciptakanlah yang baru. Sesimpel itu."

Aksesori juga bisa dipakai untuk berhijab!

Instagram.com/jenaharanasution

"Aku suka banget pakai aksesori seperti gelang, kalung dan cincin. Namun aku paling sering pakai kalung karena simpel untuk compliment gaya aku. Tipsnya supaya tetap bisa pakai kalung saat berhijab, pilih kalung yang memiliki tali panjang. Kalau mau pakai choker yang bertali lebih pendek, hijabnya harus diikat kebelakang sampai ketat."

Tips mix & match warna hitam a la Jenahara

Instagram.com/jenaharanasution

"Kalau hitam itu bisa di mix & match dengan segala warna, namun untuk sehari-hari biasanya selalu pakai kerudung hitam dengan baju hitam atau putih, lalu aku padu-padankan dengan outerwear yang unik dari segi desain, bahan atau warnanya. Jadi hijab dan baju warna basic lalu outerwear lebih fashion. Selanjutnya aku bisa mix & match dengan aksesori yang simpel seperti gelang atau cincin."

Pandemi corona terhadap bisnis fashion

Instagram.com/jenaharanasution

"Corona ini sengat mengubah hidup. Kebiasaan jadi berubah dan kegiatan di rumah bisa jadi the new normal kita sehingga berusaha untuk manage dan menyelaraskan jiwa dan pikiran. Aku rasa semua bisnis fashion lagi ngerasa deg-degan karena bagaimanapun juga baju itu secondary items, apalagi keadaan seperti gini orang-orang akan memprioritaskan kebutuhan pokok. Apalagi bulan lalu fashion sudah drop sampai 90 persen jadi terbayang bagaimana kehidupan bisnis fashion sekarang. Ditambah saat bulan Ramadan, dampak pasti sangat terasa karena biasanya fashion akan meningkat di bulan Ramadan tapi tahun ini tidak seperti biasanya. Hal terpenting harus mengubah mindset yang dulu harus cari rezeki namun sekarang memikirkan untuk bisa survive"

Titik kesuksesan menurut Jenahara

Instagram.com/jenaharanasution

"Menurutku titik kesuksesan itu sesimpel ketika hasil produk dapat terealisasi sesuai dengan konsep yang dipikirkan."

IDN Media Channels

Latest from Style & Trends