Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Selain Pakai Pelembut, Begini Cara Mencuci Cardigan yang Benar

Ikuti tips di bawah ini supaya cardigan lebih awet!

Hafidhza Putri Andiza

Cardigan bisa dikatakan sebagai salah satu fashion item yang nyaman. Walaupun tinggal di negara tropis, cardigan masih aman digunakan saat cuaca sedang terik. Perlu trik-trik khusus yang bisa kamu lakukan ketika akan mencuci cardigan, lho! Jangan samakan dengan pakaian lainnya, cardigan yang memiliki bahan lembut dan ringan biasanya rentan melar dan berubah bentuk. 

Berikut telah Popbela rangku cara mencuci cardigan yang bisa kamu tiru dirumah. Nggak akan sulit, cara-cara ini bisa kamu lakukan sembali mencuci pakaianmu yang lain, kok. Intip di bawah ini, ya!

1. Cukup digulung untuk menyimpan di dalam lemari

Mollysuds.com

Supaya lebih awet dan tidak merubah bentuk cardigan, coba menggulung cardigan saat menyimpannya di dalam lemari. Menggulung diyakini akan mempertahankan bentuk cardigan layaknya seperti baru. Lakukan secara lembut dan tidak tergesa-gesa ya, Bela!

2. Mencuci cardigan menggunakan tangan akan lebih baik daripada menggunakan mesin cuci

Countryliving.com

Bela, jangan pernah mencuci cardigan dengan menggunakan mesin cuci. Cardigan favoritmu bisa melar ataupun bahkan satu atau dua ukuran lebih kecil dari ukuran yang awal. Sebaiknya, cuci cardigan menggunakan tangan. Caranya, cukup campur air dingin dengan detergent, lalu bilas hingga bersih. Ingat, jangan kucek dan peras cardigan terlalu keras, ya!

3. Menjemur dalam posisi tergelar akan membuat cardigan lebih awet, lho!

Natura.com

Hindari menggantung cardigan ketika telah dicuci. Menggantung cardigan, apalagi dalam keadaan basah akan mengakibatkan cardigan lebih mudah melar. Keringkan cardigan dengan cara meletakannya dalam posisi tergelar di alas yang datar, sehingga nggak mengubah bentuk cardigan milikmu. Selain itu, hindari menjemur di bawah sinar matahari yang terlalu terik, karena hal itu bisa mengubah warna dan bahan cardigan.

4. Jangan lupa menggunakan pelembut pakaian

Outlinist.com

Gunakan pelembut pakaian ketika telah mencuci cardigan dengan detergent biasa. Formula yang lembut akan membuat cardigan lebih tahan lama dan nggak akan merusah atau mengubah bentuk cardigan.

Itulah cara mencuci cardigan yang bisa kamu tiru dirumah. Selamat mencoba, Bela.

IDN Media Channels

Latest from Style & Trends