Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

6 Alasan Kenapa Bergabung di Komunitas itu Penting!

Perluas relasi dan wawasanmu

Rosita Meinita

Bekerja di kantor mungkin membuatmu bosan dengan regulasi, jobdesk atau bahkan rekan kerja yang itu-itu saja. Apalagi bekerja lima hari dalam seminggu membuatmu merasa kurang dalam mengeksplorasi diri. 

Nah, mungkin kamu perlu masuk ke dalam suatu komunitas yang dapat mengembangkan kemampuan dirimu yang lain. Baik itu komunitas professional, ataupun hobi yang kamu punya.

Semisal kamu menyukai fotografi, kamu bisa masuk ke dalam komunitas yang ada di kotamu. Selain memberikan ilmu, kamu juga bisa menyalurkan hobi dengan orang-orang yang sepemikiran.

Inilah keuntungan kamu bergabung di satu komunitas.

1. Menyediakan akses dalam bisnis barumu

freepik.com/ freepik

Ketika kamu masuk dalam suatu komunitas yang sesuai dengan passion-mu, kamu bisa mendapatkan akses yang mudah saat ingin mengembangkannya ke dalam bisnis. Menurut Matt Willens dari Kantor Hukum Willens mengatakan, banyak sumber daya yang dapat kamu manfaatkan melalui jaringan komunitas, dari pengendalan vendor yang tepat, hingga mendapatkan pendanaan.

Cobalah gali pengetahuan saat kamu ngobrol dengan relasi dalam komunitasmu ini.

2. Recharge dari lingkungan kantor

freepik.com/ rawpixel

Komunitas yang ada biasanya mempunyai anggota karyawan kantoran juga, oleh karena itu mereka sering membuat pertemuan atau acara di akhir pekan. Nah, dalam komunitas ini tentunya kamu akan mengenal banyak hal baru yang jauh dari kejenuhan rutinitas dalam kantor.

Atau dengan latar belakang di lingkungan yang berbeda, kamu tetap bisa menemukan insight dari mereka yang tetap sejalan dengan topik yang kamu suka di komunitas itu.

3. Membuat namamu (dan perusahaanmu) dikenal di luar sana

freepik.com/ photohobo

Penting juga dalam suatu komunitas adalah personal branding, bagaimana kamu mempromosikan dirimu di luar sana, baik dengan namamu sendiri atau nama perusahaanmu. Dengan relasimu yang sudah banyak dan kamu dikenal orang di komunitas itu, tentunya akan memberikan efek positif di dunia pekerjaanmu.

Contohnya saat kamu akan melakukan kerjasama dengan perusahaan di dunia kerjamu, orang sudah notice denganmu karena kamu sudah masuk ke komunitas. Tentunya orang akan lebih percaya denganmu.

4. Kamu akan mempunyai perkspektif baru

freepik.com/ freepik

Jika kamu masuk dalam satu komunitas yang berbeda bidang dengan dunia kerjamu, tentunya ini akan membuatmu mempunyai perspektif yang baRu. Kamu akan memandang beberapa sisi lain dalam suatu bidang atau suatu situasi.

Perspektif lain inilah yang akan membuatmu semakin matang dan dewasa saat kamu akan menjalani sebuah pekerjaan ataupun mengatasi sebuah masalah yang ada.

5. Meningkatkan kemampuan yang sudah kamu punya

freepik.com/ andreonegins

Salah satu tujuan saat kamu masuk ke dalam komunitas, yaitu hobi atau passion yang sama. Nah, saat kamu sudah mempunyai skill atau kemampuan, kamu akan mendapatkan info terkini yang biasanya dimiliki oleh profesional.

Semisal kamu masuk dalam komunitas fotografi, kamu akan bisa mengeksplorasi beberapa tren foto atau teknik yang sebelumnya belum kamu tahu.

6. Akan mereferensikanmu dan produk yang kamu punya

Nah, tujuan komunitas lainnya tentunya memberikanmu akses ke orang ataupun kelompok yang berpotensi membutuhkan produk atau jasa yang kamu punya. Mereka dapat memperkenalkanmu ke siapa orang yang bisa kamu prospek.

Nggak hanya ilmu, tentunya juga memberimu pendapatan tambahan ke depannya ya, Bela.

IDN Media Channels

Latest from Working Life