Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

10 Fakta Kucing Toyger yang Punya Penampilan Mirip Harimau

Bisa dibilang seperti harimau kemasan sachet

Audia Natasha Putri

Toyger merupakan ras kucing langka yang mempunyai corak loreng mirip dengan harimau. Penampilannya yang eksotis dan unik telah menarik perhatian siapa pun yang melihatnya.

Ras toyger dihasilkan dari persilangan antara kucing domestik belang (tabby) dengan Bengal Tabby Standar. Dari kawin silang tersebut, kucing ini pun lahir dengan warna belang menyerupai harimau serta fisik yang tangguh.

Melansir banyak sumber, berikut ini adalah deretan fakta mengenai kucing Toyger, yang dikenal sebagai harimau mini.

1. Ras kucing baru

Purrfectcatbreeds.com

Walau punya loreng eksotis bak harimau, nyatanya Toyger merupakan hasil kawin silang antara kucing tabby domestik dan kucing bengal. Ras ini digagasi oleh peternak kucing asal Amerika Serikat, Judy Sudgen pada 1980-an. Kala itu, Judy ingin menciptakan ras kucing baru yang unik. Ia terinsipirasi untuk menghasilkan kucing domestik bermotif loreng seperti harimau, namun dengan sifat yang ramah dan playful.

2. Namanya terinspirasi dari kata Tiger

Alurentoygers.com

Nama Toyger pada jenis kucing ini terinspirasi dari kata Tiger yang berarti harimau. Sementara kata Toy sendiri merujuk pada sesuatu hal yang kecil. Jadi secara harfiah, kucing Toyger merupakan perwujudan "harimau" kecil yang menggemaskan (dan tentunya tidak memakan manusia).

3. Punya pola bulu yang khas

Petguide.com

Toyger punya corak loreng yang khas mirip harimau. Corak tersebut dinamakan mackerel tabby. Secara karakteristik, loreng kucing Toyger dibentuk oleh garis-garis vertikal tebal dan berwarna cokelat tua, yang diselingi garis-garis tipis berwarna cokelat muda. Selain itu, terdapat garis horizontal hitam di dadanya. Sedangkan garis di sekitar matanya menyerupai eyeliner.

4. Ukuran tubuh Toyger

Oztoyger.com

Rata-rata kucing Toyger memiliki rata-rata berat antara 4-8 kilogram. Mereka punya ukuran tubuh yang sedang, seperti kucing pada umumnya. Sedangkan panjang tubuhnya mencapai 45 sentimeter.

5. Merupakan keluarga kucing domestik

Wideopenpets.com

Meski sudah diciptakan sejak 1980-an, nyatanya eksistensi kucing Toyger baru diakui secara resmi pada tahun 2016. Ras Toyger masuk dalam kategori kucing domestik yang berbulu pendek. Tekstur bulunya lembut dan tampak berkilau saat terkena cahaya. Selain itu, kucing toyger jantan memiliki tubuh yang lebih besar ketimbang betina.

6. Punya kesehatan prima!

Dailypaws.com

Toyger dikenal sebagai ras kucing yang aktif bergerak dan supel. Mereka anti untuk berdiam diri dan senang bermain-main supaya tubuhnya tetap fit. Sosoknya dikenal sebagai kucing berotot. Punggungnya yang lebar serta bahunya yang tinggi, membuat mereka tampak gagah saat berjalan. Tak mengherankan, jika toyger memiliki kondisi kesehatan tubuh paling prima jika dibandingkan dengan spesies kucing lainnya.

7. Si penyuka air!

Dailypaws.com

Kendati dikenal sebagai ras terkuat di bumi, faktanya banyak spesies kucing yang takut dengan air. Tapi tidak dengan kucing toyger yang justru sangat suka bermain air.

Melansir Catappy, Toyger adalah hewan yang energik dan cerdas. Mereka sangat menyukai permainan dan cepat menguasai trik-trik tertentu. Kecerdasannya membuat Toyger suka dengan hal-hal baru dan tantangan. Maka dari itu, toyger sangat antusias dan bersemangat jika diberikan alat-alat permainan atau pelatihan oleh majikannya.

8. Punya rentang umur 10-15 tahun

Dailypaws.com

Kalau kamu ingin mempunyai sahabat bulu berumur panjang, kucing toyger bisa menjadi pilihan untukmu. Usia rata-rata kucing toyger berkisar antara 10 hingga 15 tahun. Sifatnya yang ramah dan senang bergaul membuat Toyger menjadi hewan peliharaan ideal bagi keluarga.

9. Langka dan mahal

Dailypaws.com

Fakta kucing Toyger yang terakhir adalah kucing ini termasuk jenis kucing persilangan yang langka. Sampai saat ini, hanya ada sedikit peternak Toyger yang mengembangbiakkan ras kucing tersebut. Saking sedikitnya, hanya ada sekitar 400 ekor kucing Toygee di seluruh dunia.

Karena termasuk jenis ras yang langka, kucing ini dinilai seharga US$1.000 - US$5.000 (sekitar Rp15 juta - Rp75 juta) per ekornya.

10. Perawatannya mudah

Dailypaws.com

Salah satu kelebihan kucing Toyger ketimbang kucing langka lainnya adalah perawatannya yang mudah. Mereka punya buly yang pendek dan halus. Sehingga kamu hanya perlu memandikan serta menyisirnya secara teratur supaya bulunya tetap sehat dan berkilau. Untuk mencegah bau mulut pada kucing ini, jangan lupa untuk merawat gigi serta menjaga mereka agar tetap terhidrasi, ya.

Itu tadi informasi menarik tentang kucing Toyger yang mirip dengan harimau. Tertarik untuk memeliharanya, Bela?

IDN Media Channels

Latest from Inspiration