Sering kali kita menjumpai kucing Angora sebagai peliharaan dengan ciri bulu tebal dan kepribadiannya yang kalem, namun tahukah kamu kalau ada banyak Jenis kucing ras yang bisa dipelihara dan tentunya menggemaskan?

Beberapa jenis kucing ini sudah ditemukan dari puluhan tahun lamanya, ada pula jenis yang pernah muncul di beberapa film layar lebar! Itu yang menyebabkan penggemar kucing-kucing ini berasal dari seluruh penjuru dunia. 

Tingkahnya yang lucu dan menggemaskan, siapa, sih, yang nggak ingin mengadopsi anabul (anak bulu) ini? Berikut ini 12 jenis kucing yang menjadi favorit peliharaan di rumah.

1. Kucing Siam

Selain Angora, Ini 12 Jenis Kucing Peliharaan Terfavorit dan PopulerUnsplash.com/Alex Meier

Jenis kucing ini berasa dari Thailand dan sudah terkenal dari abad 19th. Ciri khas kucing Siam memiliki bercak gelap di area wajah, telinga, kaki dan ekornya, tapi mungkin juga beberapa kucing ini nggak memiliki bercak di tubuhnya. 

Kucing ini semakin populer ketika film animasi Disney Lady and the Tramp menampilkan kucing Siam yang bisa bernyanyi. Lucu banget, ya!

2. Kucing Persia

Selain Angora, Ini 12 Jenis Kucing Peliharaan Terfavorit dan PopulerUnsplash.com/Dan Dennis

Bulu panjang nan indah dan hidungnya yang pesek menjadi ciri khas kucing Persia, mereka juga cenderung memiliki wajah yang datar, warna bulunya pun bermacam-macam. 

Kucing Persia sering kita temui di berbagai film, karya seni, maupun iklan di televisi, ini sebabnya mereka termasuk salah satu kucing paling populer selama bertahun-tahun.

3. Kucing Maine Coon

Selain Angora, Ini 12 Jenis Kucing Peliharaan Terfavorit dan PopulerUnsplash.com/Bee Felten-Leidel

Dikenal memiliki perawakan lebih besar dan bulu yang lebat, kucing Maine Coon adalah pemburu yang hebat dan dipopulerkan setelah CFA (Asosiasi Peternak Kucing) mengakui mereka sebagai ras murni pada akhir tahun 70-an. Sampai sekarang masih menjadi salah satu kucing paling populer.

4. Kucing Ragdoll

Selain Angora, Ini 12 Jenis Kucing Peliharaan Terfavorit dan PopulerUnsplash.com/Amy Chen

Sama seperti namanya, kucing ini tergolong yang paling jinak seperti boneka. Bahkan banyak mengatakan mereka ketika diangkat terlihat lemas seperti boneka kain (rag doll). 

Sekilas kucing Ragdoll mirip kucing Siam dengan bulu yang lebih panjang, karena sama sama memiliki bercak gelap di tubuhnya. Ciri khas mereka memiliki mata biru dan tingkahnya yang mirip seperti anjing.

5. British Shorthair

Selain Angora, Ini 12 Jenis Kucing Peliharaan Terfavorit dan PopulerUnsplash.com/Boris Debusscher

Wajah bulat, pipi tembam, bulu tebal empuk dan halus, siapa yang nggak tahan melihatnya? Sifatnya yang manja dan santai menjadikannya salah satu kucing terfavorit untuk dipelihara. 

British shorthair juga dikenal memiliki sifat yang lebih ramah untuk anak-anak maupun hewan lain yang ada di satu tempat dengannya.

6. American Shorthair

Selain Angora, Ini 12 Jenis Kucing Peliharaan Terfavorit dan PopulerUnsplash.com/Rotiv Artic

Jenis kucing ini berasal dari Amerika, cenderung memiliki temperamen yang datar, watak yang baik dan kecerdasan yang tajam menjadikannya peliharaan favorit untuk keluarga. 

Sifat lembutnya ini terbukti dengan kemampuannya bergaul dengan hewan peliharaan lain dan ramah dengan anak-anak.

7. Exotic Shorthair

Selain Angora, Ini 12 Jenis Kucing Peliharaan Terfavorit dan PopulerUnsplash.com/Dan Wayman

Exotic shorthair adalah jenis kucing hasil persilangan antara kucing Persia dan American shorthair. Umumnya kucing exotic menuruni sifat dasar kucing Persia yang lucu, penyayang dan ceria. Namun, yang membedakan hanya bulunya saja yang lebih pendek. Diketahui mereka juga memiliki sifat yang lebih setia kepada pemiliknya.

8. Scottish Fold

Selain Angora, Ini 12 Jenis Kucing Peliharaan Terfavorit dan Populergeralforum.com

Ciri khas kucing Scottish fold yang paling berbeda dengan kucing lain ialah telinganya yang terlipat memberikan mereka terlihat seperti burung hantu. Sifatnya yang manis, sopan dan mudah bersahabat dengan manusia, membuatnya jadi peliharaan favorit. Mereka juga dikenal memliki suara yang lembut.

9. Kucing Sphynx

Selain Angora, Ini 12 Jenis Kucing Peliharaan Terfavorit dan PopulerUnsplash.com/Dustin Humes

Termasuk jenis yang langka, kucing ini nggak memiliki bulu sama sekali sehingga memperlihatkan kulitnya yang berkerut dan telinga besar. Meskipun sifat mereka terbilang memiliki banyak energi, ceria dan senang menjadi pusat perhatian, mereka nggak bisa tinggal di luar ruangan, ya, Bela! Karena kulitnya terekspos tanpa bulu melindungi maka harus dilindungi dari berbagai elemen apapun.

10. Kucing Bengal

Selain Angora, Ini 12 Jenis Kucing Peliharaan Terfavorit dan PopulerUnsplash.com/Paul Hanaoka

Bercak bulunya yang mirip dengan macan tutul membuatnya terlihat seperti kucing hutan. Meskipun begitu, mereka sangat jinak, lho! cenderung banyak ngomong dan perlu sering dilatih. 

Karena awalnya kucing Bengal adalah hasil kembang biak antara kucing domestik dan kucing hutan, mereka mewarisi keindahan bercaknya dari kucing liar.

11. Kucing Himalaya

Selain Angora, Ini 12 Jenis Kucing Peliharaan Terfavorit dan PopulerUnsplash.com/MIKHAIL VASILYEV

Jenis kucing ini adalah hasil persilangan perkawinan antara kucing Persia dan kucing Siam, itulah mengapa kucing Himalaya memiliki bercak warna yang mirip. Mereka juga termasuk kucing peliharaan favorit keluarga karena tingkahnya yang menggemaskan dan mudah dirawat.

12. Kucing Abisinia

Selain Angora, Ini 12 Jenis Kucing Peliharaan Terfavorit dan PopulerPinterest.com

Abys, begitu panggilannya. Kucing ini memiliki ciri warna bulu agouti merah atau oranye yang khas. Selain warna bulu merah yang disebut paling umum, kucing Abisinia juga bisa berwarna kayu manis, cokelat kekuningan dan biru.

Itu tadi 12 jenis kucing peliharaan favorit cat lovers, berminat memiliki anak bulu ini, Bela?

Baca Juga: Rumah Idaman untuk Para Pecinta Kucing, Ini 8 Inspirasinya

Baca Juga: Sadar Nggak, 6 Tindakan Ini Berbahaya untuk Kesehatan Kucing Lho!

Baca Juga: Potret Kucing dan Anjing yang Selalu Traveling Bersama