Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

10 Inspirasi Desain Ruang Tamu Klasik & Rekomendasi Furniturnya

Ruangan baru dengan cerita baru

Niken Ari Prayitno

Ruang tamu adalah salah satu ruangan penting dalam rumah yang sering kali menjadi pusat perhatian bagi tamu yang datang. Sebab di sinilah, tamu yang berkunjung ke rumah kita akan menghabiskan waktu. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk mendekorasi dan memilih desain ruangan yang pas dan estetik agar memberikan kesan yang baik pula bagi tamu yang datang.

Desain ruang tamu yang klasik menawarkan nuansa kemewahan dan keanggunan yang timeless. Selain itu, desain ruang tamu klasik juga menghadirkan kesan yang elegan dan memikat. Dengan menggabungkan elemen-elemen tradisional dengan sentuhan modern, ruang tamu klasik dapat menciptakan suasana yang hangat, sekaligus menampilkan keindahan dan keberlanjutan desain yang tak lekang oleh waktu.

Dalam artikel ini, POPBELA akan membagikan sepuluh inspirasi desain ruang tamu klasik yang dapat menginspirasi kamu dalam menciptakan ruangan yang elegan dan mewah. Selain itu, ada pula beberapa rekomendasi furnitur yang cocok untuk mencapai tampilan yang diinginkan, sehingga kamu dapat mengubah ruang tamu menjadi tempat yang penuh dengan keanggunan dan ketenangan. Simak selengkapnya berikut ini, ya!

1. Desain ruang tamu klasik berbentuk persegi

Phoebehoward.net

Desain ruang tamu berbentuk persegi seperti pada gambar menjadi pilihan yang pas jika kamu sering kedatangan tamu dalam jumlah yang banyak. Kamu bisa meletakan sofa di berbagai sisi meja, sehingga memberikan lebih banyak ruang untuk duduk. Furnitur bervolume besar, seperti sofa, dan berbeda bentuk seperti di atas bisa kamu pilih untuk menghilangkan kesan monoton. 

2. Desain ruang tamu klasik hijau sage

Artfasad.com

Warna hijau pada ruangan mampu memberikan kesan segar. Namun, kamu tetap bisa mendapatkan nuansa elegan dari warna hijau dengan memilih warna hijau sage yang sempat viral di tahun 2023 lalu. Warna hijau sage dipadu padankan dengan sofa putih menghasilkan ruangan yang timeless sekaligus estetik.

3. Desain ruang tamu klasik bernuansa earth tone

Homestratosphere.com

Kamu tak akan pernah salah jika memadukan warna cokelat dan hijau secara bersamaan. Keduanya dapat menghadirkan nuansa earth tone yang comfy. Hijau bisa kamu terapkan pada dinding, sementara cokelatnya dapat kamu pilih untuk warna furniturnya. Estetik, tapi nggak berlebihan, bukan?

4. Desain ruang tamu klasik yang lebih mewah

Behance.net

Desain ruang tamu klasik bisa menghadirkan kesan mewah, tapi nggak berlebihan pada ruangan. Kuncinya pada pemilihan warna dinding dan perabotannya. Putih dan abu-abu menjadi perpaduan yang pas untuk menghadirkan kesan mewah pada ruang tamu klasik kamu.

5. Desain ruang tamu klasik bernuansa homey

Fancyhouse-design.com

Nuansa homey yang nyaman bisa kamu hadirkan pada desain ruang tamu klasik kamu. Kamu bisa memilih warna biru dan putih untuk menghadirkan suasana tersebut. Selain homey, perpaduan warna ini juga membuat ruangan terlihat lebih clean dan luas.

6. Desain ruang tamu klasik nan elegan

YouTube.com/House Design

Ruang tamu berdesain modern kontemporer dapat kamu hadirkan hanya dengan menambahkan satu furnitur pada ruangan tersebut. Misalnya, sofa berbahan kulit asli. Selain membuat ruangan semakin menonjolkan desainnya, pemilihan sofa dengan warna netral pada ruangan berdesain modern kontemporer ini bisa menghadirkan nuansa elegan.

7. Desain ruang tamu klasik yang lebih minimalis

Melaniejadedesign.com

Jika hunianmu memiliki luas yang terbatas, kamu bisa menerapkan teknik open space untuk memenuhi kebutuhan ruangan. Kamu dapat menyatukan ruang tamu dengan dapur bersih hanya dengan sekat imajiner dari karpet. Satu sofa besar yang kamu letakan di tengah juga bisa memisahkan dua ruang di hunian minimalis.

8. Desain ruang tamu klasik dengan warna monokrom

Pinterest.com/Bekzatt

Warna monokrom tak melulu harus hitam putih. Kamu bisa menggunakan warna putih dengan abu-abu sebagai pengganti hitam. Tak perlu pula meletakan banyak barang. Cukup satu sofa besar sebagai furnitur utama sekaligus menjadi statement pada ruang tersebut.

9. Hitam-putih yang tak pernah mati untuk desain ruang tamu klasik

Artfasad.com

Jika kamu bingung memilih warna yang pas untuk ruang tamu klasik, namun tetap ingin timeless, hitam-putih bisa menjadi pilihan. Warna-warnanya bisa kamu terapkan di berbagai aspek yang ada di ruangan tersebut. Mulai dari untuk warna dinding, warna sofa, cussion, hingga meja.

10. Desain ruang tamu klasik dengan sentuhan yang lebih personal

Theglampad.com

Inspirasi desain ruang tamu klasik bisa terasa lebih personal. Kamu bisa memasang foto kamu dan pasangan atau foto keluarga. Selain bisa membuat ruangan menjadi lebih estetik, foto diri atau pasangan juga membuat ruangan terasa lebih personal.

Rekomendasi furnitur untuk desain ruang tamu klasik

Mengubah dekorasi hunian bukan cuma bisa membuat mood terjaga, tapi juga menghadirkan cerita baru bagi para penghuninya. Jika kamu ingin mengubah dekorasi menjadi ruang tamu klasik, rekomendasi furnitur dari Tenzo Living by Dekoruma bisa kamu pilih karena desainnya yang klasik dan cocok dengan tema tersebut.

Untuk memenuhi kebutuhan ini, Dekoruma menghadirkan the new exclusive brand - Tenzo Living yang memadukan konsep modern dengan timeless elegance. Kehadiran Tenzo Living merupakan bentuk komitmen nyata Dekoruma dalam membantu pelanggan mewujudkan hunian yang berkualitas dan nyaman.

Di dunia dimana gaya hidup masyarakat terus berubah ke arah yang lebih baik, Tenzo Living hadir dengan inovasi untuk memenuhi permintaan yang beragam di industri hunian dan tempat tinggal. Tenzo Living mengubah setiap ruang hidup menjadi tempat yang lebih berkelas–it’s a lifestyle statement bagi pelanggan yang ingin meningkatkan kualitas hidup mereka.

"Dekoruma melihat pertumbuhan pelanggan sebagai peluang dimana kebutuhan baru dari pelanggan dapat dipenuhi melalui produk-produk yang memiliki nilai tambah yang sesuai dengan karakter pemilik hunian. Dengan tagline 'Where every living space tells a story', Tenzo Living diperkenalkan sebagai exclusive brand dari Dekoruma yang menyuguhkan keindahan, kenyamanan, eksklusivitas, dan pengalaman hidup yang lebih baik," ujar Dimas Harry Priawan, Co-founder & CEO of Dekoruma, merangkum dari rilis yang POPBELA terima.

Koleksi furnitur Tenzo Living, didominasi oleh furnitur berdimensi besar dengan variasi dan kombinasi penggunaan kulit asli, kayu gelap, marmer, metal, warna netral dan aksen keemasan yang mewah. Berbagai koleksi furnitur Tenzo Living memiliki desain dan telah dikurasikan untuk meningkatkan keindahan detail artisanal hunian yang berkelas sehingga seluruh dapat menampilkan kesan anggun dan premium.

Apa saja rekomendasinya? Berikut daftarnya.

1. Tenzo Living SATURN Sofa

Instagram.com/Dekoruma

Tenzo Living SATURN Sofa merupakan sofa dengan desain unik yang terbuat dari rangka plywood yang kokoh, sandaran dan dudukan terbuat dari kombinasi memory foam, goose feather, dan premium foam sehingga sangat nyaman dan tidak mudah kempes, serta menggunakan real leather yang halus, mudah dirawat, lebih tahan air dan anti-crack.

Harga: Rp22.999.000

2. Tenzo Living CAMERON Sofa

Dok. Dekoruma

Tenzo Living CAMERON Sofa terbuat dari rangka metal yang kokoh dan kuat, menggunakan fabric dari faux leather yang mudah dibersihkan dan tidak mudah sobek, sandaran tinggi dan dapat menopang kepala pengguna, dan memiliki mekanisme recliner menggunakan listrik sehingga sangat mudah digunakan. Produk ini juga dilengkapi dengan fitur cup holders, USB ports, wireless charging, dan power outlet yang dapat digunakan untuk menunjang kenyamanan pengguna.

Harga: Rp9.499.000

3. Tenzo Living WEGNER Sofa

Instagram.com/Dekoruma

Tenzo Living WEGNER Sofa merupakan sofa modular dari rangka kombinasi solid wood dan plywood yang kokoh dan kaki dari solid wood yang durable dan kuat untuk mendukung powerful line design, soft seat, dan sandaran yang membutuhkan support
kuat, menggunakan real leather yang halus, mudah dirawat, dan lebih tahan air. Sofa ini juga memiliki sandaran dan dudukan yang terbuat dari kombinasi microfiber, premium foam, dan goose feather yang nyaman.

Harga: Rp7.499.000

4. Tenzo Living MADISON Sofa

Sofa modular dengan gaya ottoman ini menawarkan konfigurasi yang tak terbatas untuk menyesaukan dengan ruang, serta gaya hidup kamu. Dengan material velvet fabric, membuat sofa ini terasa lebih mewah dan nyaman dengan goose feather. Dudukan yang bisa digeser, membuat sofa ini bisa multifungsi sebagai bed tambahan di rumah.

Harga: Rp12.900.000

5. Tenzo Living NEPTUNE Sofa

Tenggelam dalam kemewahan bantalan sandaran tangan berukuran besar, menyelimuti kamu dalam kelembutan tak tertandingi. Dengan bantalan busa premium, NEPTUNE menjadi lebih dari sekedar sofa—ini adalah tempat perlindungan kenyamanan. Sofa ini terbuat dari material microfiber backrest dan goose feather yang nyaman dan membuat kita ingin bermalas-malasan.

Harga: Rp33.400.000

Itulah tadi inspirasi desain ruang tamu klasik dan rekomendasi furniturnya. Semoga artikel ini menginspirasi kamu, ya, Bela.

IDN Media Channels

Latest from Inspiration