Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

13 Contoh Surat Lamaran Kerja Fresh Graduate yang Baik dan Benar

Memudahkan kamu mendapat panggilan wawancara

Nafi' Khoiriyah

Dunia kerja bagi seorang fresh graduate merupakan dunia baru yang menantang. Di fase mencari kerja, kamu akan menyadari bahwa menjadi unggul di bangku sekolah atau bangku kuliah saja tidak menjamin akan mudah mendapatkan pekerjaan. Sebab, pengalaman adalah hal yang paling dibutuhkan di dunia kerja. 

Oleh karena itu, penting untuk mengetahui cara melamar kerja yang tepat supaya kamu dilirik oleh perusahaan. Salah satu hal yang penting dalam proses melamar kerja adalah surat lamaran.

Popbela.com telah merangkum contoh surat lamaran kerja fresh graduate yang bisa kamu jadikan referensi. Yuk, simak ulasannya!

Format penulisan surat lamaran kerja fresh graduate

freepik.com/yanalya

Sebelum mengetahui contoh surat lamaran kerja fresh graduate yang baik dan benar. Sebaiknya, ketahui terlebih dahulu apa itu surat lamaran kerja.

Surat lamaran kerja merupakan dokumen perseorangan yang ditujukan untuk perusahaan atau instansi yang akan dilamar. Surat lamaran itu berisi maksud dan tujuan kamu melamar ke perusahaan yang bersangkutan. 

Sebelum mengetahui contoh surat lamaran kerja fresh graduate, kamu terlebih dahulu perlu memahami format penulisan lamaran kerja yang baik dan benar. Berikut ini merupakan format penulisan yang bisa kamu ikuti. 

  1. Tanggal dan tempat penulisan surat.
  2. Tujuan, nama, dan alamat perusahaan tujuan.
  3. Salam pembuka dan kata pengantar.
  4. Identitas diri singkat.
  5. Sekilas tentang pengalaman kerja. 
  6. Penutup. 

Tips menulis surat lamaran kerja untuk fresh graduate

freepik.com/rawpixel

Setelah mengetahui format penulisan surat lamaran kerja untuk fresh graduate, kamu perlu menerapkan sejumlah tips supaya tidak melakukan kesalahan yang fatal.

Bukan hanya menghindari kesalahan saja, kamu juga perlu membuat surat lamaran kerja yang personal dan menarik, sehingga dianggap menarik oleh recruiter. 

Berikut ini tips yang bisa kamu terapkan untuk menulis lamaran kerja usai lulus kuliah. 

  1. Jangan menulis surat lamaran kerja terlalu panjang. 
  2. Tulis surat lamaran kerja sesuai posisi pekerjaan yang akan kamu lamar. 
  3. Periksa kembali penulisan dan tata bahasa dalam surat lamaran kerja. 
  4. Jika belum berpengalaman kerja, masukkan pengalaman saat kuliah. 
  5. Jangan copy paste secara keseluruhan surat lamaran kerja. 

1. Contoh surat lamaran untuk fresh graduate umum

scribd.com

Contoh surat lamaran kerja fresh graduate yang pertama ini ditujukan untuk melamar ke perusahaan tanpa detail posisi.

Jika menggunakan surat lamaran ini, maka kamu harus siap ditempatkan di mana saja. Di dalamnya, kamu bisa menegaskan keseriusan kamu untuk bergabung dengan perusahaan tersebut apa pun posisinya. 

2. Surat lamaran kerja fresh graduate untuk bank

scribdassets.com

Salah satu profesi yang banyak dituju oleh para fresh graduate adalah teller bank. Untuk bekerja di bank, kamu akan dituntut untuk berpenampilan menarik dan juga komunikatif.

Oleh karena itu, sampaikan dan buktikan dengan lampiran bahwa kedua hal tersebut ada dalam dirimu. Contoh surat lamaran kerja fresh graduate untuk bank di atas bisa kamu jadikan referensi. 

3. Surat lamaran kerja fresh graduate untuk manajer media sosial

Popbela.com/Niken Ari

Di era teknologi saat ini, pekerjaan menjadi semakin beragam jenisnya. Pekerjaan seputar media sosial kini banyak menjadi pilihan untuk anak muda khususnya para fresh graduate.

Nah, contoh surat lamaran kerja fresh graduate untuk posisi manajer media sosial di atas bisa kamu ikuti. Jangan lupa untuk mencantumkan pengalaman seputar media sosial yang pernah kamu pegang selama di perkuliahan maupun pekerjaan sebelumnya. 

4. Surat lamaran kerja fresh graduate CPNS

pinterest.com

Berbeda dengan kebanyakan surat lamaran kerja yang diketik menggunakan komputer, surat lamaran kerja untuk menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) memang masih mempertahankan tulisan tangan.

Untuk membuat surat lamaran ini, kamu perlu berhati-hati agar tulisan bisa terbaca dan tidak salah tulis. 

5. Surat lamaran kerja fresh graduate bahasa Inggris

scribdassets.com

Setelah lulus kuliah, para fresh graduate biasanya berambisi untuk melamar ke perusahaan impiannya. Kebanyakan dari mereka melamar ke perusahaan multinasional yang harus mengandalkan bahasa Inggris.

Oleh karena itu, kamu pun juga harus menyesuaikan dengan membuat surat lamaran bahasa Inggris seperti di atas. 

6. Surat lamaran kerja fresh graduate untuk sales

tanpakoma.com

Contoh surat lamaran kerja fresh graduate selanjutnya ditujukan untuk pekerjaan sales. Untuk melamar di posisi ini, dibutuhkan beberapa keahlian seperti komunikasi, kemampuan bekerja dengan target, dan juga penampilan yang menarik. Maka dari itu, poin-poin tersebut harus ada di dalam surat lamaranmu. 

7. Surat lamaran kerja fresh graduate untuk staf marketing

contohsurat.my.id

Bagi para fresh graduate lulusan ekonomi, pekerjaan sebagai staf marketing cocok untuk memulai pekerjaan. Untuk itu, kamu bisa membuat surat lamaran kerja dengan mencantumkan pengalaman seputar marketing yang pernah kamu lakukan.

Kalau kamu memiliki berbagai pengalaman tentang marketing, kamu pun dengan mudah akan dilirik para recruiter. 

8. Surat lamaran kerja fresh graduate untuk dokter

contohsurat.my.id

Contoh surat lamaran kerja fresh graduate ini ditujukan untuk para dokter muda yang telah menyelesaikan kuliahnya. Beberapa orang mungkin mengira bahwa dokter tidak membutuhkan surat lamaran kerja.

Padahal, dokter juga perlu melamar kerja ke rumah sakit yang menjadi incarannya. Contoh surat lamaran dokter di atas bisa menjadi referensimu. 

9. Surat lamaran kerja fresh graduate untuk staf admin

pinterest.com

Selanjutnya, sebagai fresh graduate kamu bisa memulai pekerjaan mulai dari staf administrasi. Posisi pekerjaan ini selalu dibutuhkan di setiap perusahaan.

Namun, kamu tidak boleh meremehkannya dengan membuat surat lamaran kerja yang asal-asalan. Contoh di atas adalah surat lamaran kerja untuk menjadi staf admin yang baik. 

10. Surat lamaran kerja fresh graduate menjadi guru

seruni.id

Contoh surat lamaran kerja fresh graduate berikutnya adalah surat lamaran untuk menjadi guru. Fresh graduate jurusan keguruan sangat cocok mencoba melamar menjadi guru honorer.

Dengan menjadi guru honorer, kamu akan mendapatkan banyak pengalaman mengajar sehingga menjadi bekal yang penting di masa depan. Contoh di atas bisa kamu pakai jika ingin melamar sebagai guru honorer. 

11. Surat lamaran kerja fresh graduate menjadi perawat

scribd.com

Sementara untukmu yang memiliki latar belakang pendidikan sebagai perawat, cobalah untuk mendaftar kerja di rumah sakit. Jangan lupa menyertakan surat lamaran kerja fresh graduate yang baik supaya diterima. 

Di dalam surat lamaran kerja, jangan lupa untuk menyertakan lampiran yang lengkap mulai dari daftar riwayat hidup sampai SKCK. Sertakan pula fotokopi berkas yang penting lainnya, ya!

12. Surat lamaran kerja fresh graduate bahasa Inggris

scribd.com

Beberapa surat lamaran kerja fresh graduate juga bisa ditulis dalam bahasa Inggris. Jika menggunakan bahasa Inggris, jangan lupa untuk membuat kalimat pengantar dan penutup yang baik. 

Formatnya pun sama dengan surat lamaran kerja yang lainnya yakni dimulai dari tanggal, tujuan surat, sampai penutup. 

13. Surat lamaran kerja fresh graduate CPNS ketik

pinterest.com

Meski kebanyakan surat lamaran kerja PNS ditulis tangan, tetapi contoh di atas bisa kamu pakai kalau memang diperlukan surat yang harus diketik. Pastikan susunan surat tersebut sudah sesuai dengan format yang ditentukan pihak penyelenggara tes CPNS dan disertai dengan jabatan yang kamu lamar. 

Itulah contoh surat lamaran kerja fresh graduate beserta format dan tips yang bisa kamu terapkan. 

Namun, jangan lupa untuk menyesuaikannya dengan pengalaman dan motivasi kamu sendiri supaya bisa menarik perhatian recruiter. Semoga bermanfaat ya, Bela!

IDN Media Channels

Latest from Working Life