Berganti pekerjaan atau berhenti bekerja di masa seperti ini bisa sangat menjadi tantangan baru. Ada banyak hal yang terjadi secara tidak terduga dan tidak ada yang bisa menjamin semua akan baik-baik saja. 

Nah, ketika memulai pekerjaan baru, sadari bahwa tidak ada yang pasti. Sehingga, ini yang peru kamu lakukan.

Menyiapkan dana cadangan

Ganti Pekerjaan di Masa Sulit, Ini yang Bisa Kamu Lakukanpexels.com/Karolina Grabowska

Ketika kamu masih bisa menjadi bagian dari orang-orang yang menerima gaji secara utuh di masa sulit seperti ini, sisihkan sebagian gajimu untuk dana darurat. Hal ini untuk keselamatan kamu dan keluarga juga di masa mendatang. Jadi, jangan melakukan pengeluaran tersier dulu, ya.

Lebih menghargai pekerjaan

Ganti Pekerjaan di Masa Sulit, Ini yang Bisa Kamu Lakukanpexels.com/Anthony Shkraba

Di masa pandemi seperti ini, kamu akan menyadari kalau pendapatan dan pekerjaan sangat berarti. Belajar untuk menghargai apa yang telah dicapai dan prosesnya. Ke depannya, kamu juga mau mengerjakan pekerjaan kecil dan melirik pekerjaan yang sebelumnya terabaikan.

Percaya dengan diri sendiri

Ganti Pekerjaan di Masa Sulit, Ini yang Bisa Kamu Lakukanpexels.com/ Vlada Karpovich

Berusaha untuk menjadi yang terbaik, setidaknya untuk dirimu sendiri. Mungkin kenaikan jabatan belum terlihat di depan mata, namun menjadi diri yang disiplin, bisa membantumu untuk mampu melewati kesulitan apapun.

Hidup itu dinamis

Ganti Pekerjaan di Masa Sulit, Ini yang Bisa Kamu Lakukanpexels.com/Andrea Piacquadio

Kejadian seperti ini memberitahu kalau hidup tidak bisa terprediksi. Berputar dan berlalunya sangat cepat. Mengalami kejadian senang, kemudian kurang menyenangkan sepertinya menjadi hal biasa. Memang bisa tertunda, namun kamu harus menyiapkan diri supaya bisa beradaptasi. Caranya, selalu kembangkan diri dan tingkatkan kemampuan bertahan hidup, seperti memasak, berhemat, hingga memanfaatkan barang yang ada.

Selain itu, tetap bantu orang lain semampunya dan cermat. Yakin kalau situasi seperti ini akan berlalu dan kamu bisa mempunyai kegiatan yang lebih baik. Hindari mengeluh terlalu lama dan merasa kamu sedang berada di roda bawah. Kamu punya cara untuk bangkit, kan. Meminta bantuan orang lain boleh, tapi tidak disarankan untuk bergantung dengan mereka terlalu banyak.

Perspektif yang berbeda

Ganti Pekerjaan di Masa Sulit, Ini yang Bisa Kamu Lakukanpexels.com/Artem Podrez

Sudut pandangmu akan berganti terhadap tujuan hidup. Ternyata, prioritas keselamatan keluarga dan bertahan hidup lebih penting dari gaya hidup. Di situasi yang seperti ini kamu akan belajar hidup berdampingan, mau menolong, dan menerima bantuan dari orang lain, tanpa melihat apa yang melekat di dirinya.

Manfaatkan perubahan ini untuk menentukan kembali apa yang ingin kamu lakukan untuk masa depanmu agar bisa menjadi masa depan yang mandiri dan efektif.

Baca Juga: 7 Ungkapan Sederhana yang Terlontar ketika Kamu Kerja dari Rumah