Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Ditakuti Dunia Internasional, Ini 5 Hacker Legendaris Asal Indonesia

Curi data penting hingga masih diburu FBI

Natasha Cecilia Anandita

Hacker adalah sebutan bagi seseorang yang ahli dalam meretas atau menerobos sistem keamanan jaringan komputer. Hacker sendiri dianggap sebagai pekerjaan kriminal karena dapat dengan sengaja meretas data privasi orang lain untuk keuntungan baik finansial, maupun politik. Meski demikian tidak dipungkiri bahwa keahlian hacker juga dapat digunakan untuk menyelesaikan masalah.

Ada banyak kategori yang digunakan sebagai pembeda antara peretas satu dengan yang lain, tergantung dari kemampuan sampai dengan tujuan sang peretas melakukan aksinya. Mulai dari black hat, white hat, grey hat sampai dengan lamer. Indonesia pun memiliki hacker-hacker yang berbahaya dan terkenal dikancah internasional. Bahkan Indonesia sendiri mendapat banyak perhatian oleh bebagai negara dalam dunia peretasan. Penasaran siapa saja nama-nama hacker Indonesia yang legendaris tersebut? Berikut daftarnya!

1. Yogi Nugraha Alias Bio666x

liputan6.com

Nama Yogi Nugraha atau dikenal dengan Bio666x pernah mengejutkan negara Malaysia. Pasalnya kala itu ia yang berumur 19 tahun berhasil mematikan jaringan internet di negeri jiran tersebut. Tak hanya itu, kabarnya Yogi juga pernah meretas jaringan militer Singapura dan mendapatkan berbagai informasi penting.

Kehebatannya itu bahkan ia miliki tidak dari belajar secara khusus dalam suatu akademi, melainkan belajar otodidak dengan mengandalkan berbagai sumber termasuk dari Google.

2. XsvsHacker

pixabay.com/B_A

Hacker lain yang juga memiliki keahlian hacking level atas adalah XsvsHacker. Pada 2011, ia berhasil memporak-porandakan website kepolisian Amerika dan membobol masuk ke pangkalan data NYPD (New York City Police Department). Dalam aksinya tersebut, ia mencuri data penting, melakukan defacing ke lebih dari 430 ribu situs dunia, hingga masuk ke situs kepresidenan Israel. Ia juga pernah meretas database game Zynga.

Hingga kini, FBI masih mencari sosok di balik identitas XsvsHacker. Beberapa informasi yang beredar di forum bawah tanah berpendapat bahwa nama asli sosok ini adalah Sandy Afrian. Namun nama tersebut belum sepenuhnya benar. XsvsHacker juga dikabarkan salah satu anggota hacktivist terkenal dunia, Anonymous.

3. Jim Geovedi

liputan6.com

Jim menjadi legenda hacker di Indonesia dan masuk dalam daftar hacker paling berbahaya di dunia. Jim sukses mengubah arah orbit dua satelit milik Indonesia dan satu satelit milik Tiongkok, beberapa tahun silam. Berdasarkan keterangan Jim, ia melakukannya hanya untuk memeriksa kondisi sistem keamanan satelit. 

Seperti Yogi, keahliannya dalam dunia peretasan didapat dengan hasil belajar secara otodidak. Tak heran jika namanya sangat harum dikalangan hacker atas keterampilannya itu. Kini Jim memilih untuk tinggal di London dan mendirikan perusahaan jasa sistem keamanan teknologi miliknya sendiri.

4. Hmei7

pexels.com/sorashimazaki

Mendapat julukan Master of Mass Defacer, Hmei7 pernah dikabarkan mengacak-acak website WordPress beberapa tahun silam. Ia juga berhasil melakukan defacing (perusakan) pada kurang lebih 5 ribu website di tahun 2001 dalam waktu dua hari saja. Hingga kini belum terungkap nama asli atau sosok asli si jagoan hacker ini. 

Beberapa forum hacker berspekulasi bahwa Hmei7 pernah berkuliah di salah satu kampus di Malang. Ia pun saat ini masih aktif dalam berbagai forum hacker dengan nama yang berbeda.

5. Hacker Indonesia ADC

pexels.com/soumilkumar

Hacker asal Sleman, Yogyakarta, pernah viral dan ditangkap polisi, beberapa waktu lalu. Ia diduga telah membobol lebih dari 1.309 situs, termasuk di antaranya situs Mahkamah Agung dan Pemprov Jawa Tengah. Menurut sumber kepolisian, kemungkinan besar ADC terlibat dalam kelompok hacker tertentu. Hal tersebut karena ada laporan dari berbagai negara seperti Australia, Inggris, Amerika dan lainnya, bahwa ADC juga meretas situs mereka.

Itulah 5 nama hacker Indonesia yang legendaris, yang bahkan ditakuti dunia internasional. 

IDN Media Channels

Latest from Working Life