Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Ketahui Perbedaan Cumlaude dan Summa Cumlaude, Ini Cara Meraihnya!

Tersedia tips untuk meraih penghargaan ini

Mariana Politton

Setiap individu menjalani perjalanan dalam kehidupannya melalui serangkaian tahapan, termasuk pendidikan. Dalam konteks ini, perguruan tinggi menjadi salah satu opsi yang membawa mereka untuk mewujudkan impian di dunia industri pekerjaan.

Tentu, memiliki pencapaian akademis akan memberikan nilai tambah saat mengikuti proses rekrutmen. Beberapa presitasi yang dimaksud adalah cumlaude atau summa cumlaude, yang mana keduanya memiliki persyaratan dan ketentuan yang berbeda.

Ingin tahu perbedaan antara cumlaude dan summa cumlaude dalam pencapaiannya? Kalau begitu, mari kita langsung telusuri ulasan berdasarkan beberapa sumber berikut.

Pengertian

Freepik.com/freepik

Meskipun keduanya terbaca menyerupai, cumlaude dan summa cumlaude sebenarnya memiliki perbedaan yang cukup signifikan dalam sistem akademis.

1. Cumlaude

Secara harfiah, cumlaude berasal dari bahasa Latin yang berarti "dengan pujian." Dalam konteks pendidikan, istilah ini mengacu pada penghargaan akademis yang diberikan kepada mahasiswa yang berhasil mencapai indeks prestasi kumulatif (IPK) antara 3,5 hingga 3,79.

Namun, perguruan tinggi umumnya tidak hanya mempertimbangkan angka IPK sebagai satu-satunya syarat untuk meraih penghargaan cumlaude. Ada syarat tambahan yang ditetapkan untuk memastikan kualitas studi dari calon penerima penghargaan.

2. Summa cum laude

Secara prinsip, summa cumlaude merupakan predikat tertinggi dari penghargaan cumlaude yang diberikan kepada mahasiswa yang telah menunjukkan pencapaian akademik dengan indeks prestasi kumulatif (IPK) di atas 3,99, atau secara sempurna, mencapai 4,00. 

Hal ini menandakan bahwa mahasiswa tersebut telah menyelesaikan semua mata kuliah dengan nilai sempurna atau A, tanpa kegagalan atau pengulangan mata kuliah, dan lulus sesuai masa studi yang telah ditetapkan berdasarkan peraturan perundang-undangan.

Syarat dan ketentuan penghargaan

Freepik.com/pressfoto

Pada dasarnya, setiap perguruan tinggi memiliki standar dan syarat yang berbeda-beda untuk memberikan penghargaan cumlaude dan summa cumlaude. Namun, syarat untuk mendapatkan masing-masing dari kedua predikat tersebut adalah IPK.

Selain itu, kebanyakan perguruan tinggi juga memberikan syarat tertentu, seperti berikut:

  • Mahasiswa harus berhasil menjaga prestasi akademi dengan skala penilaian yang berlaku atau IPK, yakni 3,5 hingga 3,79 untuk cum laude dan 3,99 hingga 4,00 untuk summa cumlaude.
  • Mahasiswa harus memiliki score TOEFL minimal 450 (atau sesuai yang ditetapkan pihak perguruan tinggi) dengan masa berlaku yang terbaru.
  • Mahasiswa harus memastikan masa studi tidak melebihi dari 8 semester untuk program sarjana (atau sesuai yang ditetapkan pihak perguruan tinggi).
  • Mahasiswa menunjukkan derajat kemandirian akademik yang tinggi serta etika yang berbudi atau terpuji.

Sebagai tambahan, beberapa perguruan tinggi atau universitas juga menerapkan poin-poin tambahan dalam syarat dan ketentuan untuk mencapainya. Salah satu yang paling umum adalah ketentuan yang mendorong produktivitas mahasiswa dalam berorganisasi.

Misalnya, Telkom University diketahui menerapkan nilai Transkrip Aktivitas Kemahasiswaan (TAK) minimal 60 poin untuk program sarjana. Sementara itu, UNIKA Atma Jaya menerapkan nilai Satuan Kredit Partisipasi (SKP) dengan minimal poin yang telah ditetapkan.

Namun, pertanyaannya adalah bagaimana cara untuk memenuhi semua syarat dan ketentuan untuk mencapai penghargaan cumlaude atau summa cumlaude?

Tips mencapai penghargaan

Freepik.com/freepik

Untuk meraih penghargaan cumlaude atau summa cumlaude, kamu perlu menjaga prestasi akademis dengan mempertahankan nilai IPK yang tinggi setiap semester. Beberapa cara untuk mencapainya adalah mengerjakan tugas dengan penuh dedikasi, belajar dengan tekun, dan memperhatikan materi yang disampaikan oleh dosen di setiap kelasnya.

Itulah perbedaan cumlaude dan summa cumlaude. Selain hal-hal akademik, berusahalah untuk aktif dalam kegiatan organisasi di dalam atau di luar kampus untuk melatih kemampuan bekerja sama dalam tim, yang membutuhkan keterampilan komunikasi, soft skill, dan hard skill, serta untuk memperluas jaringan relasi.

TOPIC

    IDN Media Channels

    Latest from Working Life