Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Tata Cara Sholat Taubat Beserta Doa dan Niatnya yang Benar

Hikmah yang diperoleh dari sholat ini sungguh luar biasa!

Firly Fenti

Manusia merupakan mahluk yang tak pernah lepas dari kesalahan dan kekhilafan. Salah dan khilaf yang melahirkan dosa bagi manusia ini hadir karena setiap manusia pasti pernah melakukan hal yang dilarang oleh Allah SWT atau abai atas perintah-Nya.

Oleh karena itu, untuk menebus dosa tersebut, manusia dianjurkan untuk melaksanakan sholat taubat. Sholat taubat merupakan sholat sunah yang dikerjakan ketika seseorang hendak memohon ampun kepada Allah SWT atas segala dosa maupun kesalahan yang pernah diperbuat selama hidup. Umumnya, orang-orang melakukan tata cara sholat taubat ini bersamaan dengan taubat nasuha. 

Sholat yang dikenal dengan nama lain sholat istighfar atau sholat minta ampun ini juga membawa hikmah yang sangat luar biasa bagi orang yang melaksanakannya, lho. Diampuni dosa-dosanya, diangkat derajatnya oleh Allah SWT, dan juga dipermudah segala sesuatunya adalah beberapa dari banyaknya hikmah yang diperoleh oleh orang yang melaksanakan amalan sunah yang satu ini.

Lalu, bagaimana bacaan niat, doa, dan tata cara sholat taubat? Spesial untuk Bela, berikut penjelasannya.

1. Niat sholat taubat

pexels.com/Thirdman

Untuk mengawali sholat ini, maka awali lah dengan membaca niat sholat taubat. Niat yang harus dibaca ketika ingin melaksanakan sholat taubat ialah berikut ini. 

"Ushalli sunnatat taubati rokaataini lillahi taala"

Artinya: “Saya niat shalat sunnah taubat dua rakaat karena Allah.”

2. Tata cara pelaksanaan sholat taubat

Pinterest.com

Tata cara sholat sunah taubat sama seperti sholat sunah lainnya. Sholat ini dilakukan sebanyak dua rakaat dengan sekali salam. Sholat ini diutamakan untuk dilakukan secara sendirian dan tidak berjamaah, hal ini dikarenakan sholat taubat merupakan sholat nafilah yang tidak disyariatkan untuk dikerjakan secara bersama-sama. 

Adapun tata cara sholat taubat ialah: 

  1. Mengucapkan niat (niat boleh diucapkan di dalam hati dan dilisankan)
  2. Takbiratul ihram
  3. Membaca doa Iftitah (sunnah)
  4. Membaca surat Al Fatihah
  5. Membaca surat pendek Alquran 
  6. Rukuk 
  7. I’tidal 
  8. Sujud
  9. Duduk di antara dua sujud
  10. Sujud kedua
  11. Berdiri untuk melanjutkan rakaat kedua.

Urutan yang sama juga berlaku pada rakaat kedua dan dilanjutkan dengan tasyahud akhir dan diakhiri dengan salam.

3. Doa setelah sholat taubat

Pinterest.com

Setelah melaksanakan sholat taubat, dianjurkan untuk memperbanyak baca istigfar yang ditujukan untuk memohon ampunan dari Allah SWT. Bacaan istigfar ini diucapkan sebanyak 100 kali sambil meresapi artinya dalam hati.

Adapun bacaan istighfar yang diucapkan setelah mengerjakan sholat taubat adalah sebagai berikut. 

"Astaghfirullahalladziim laa ilaaha illaa huwal hayyul qayyuumu wa atuubu ilaihi"

Artinya: “Aku meminta pengampunan kepada Allah yang tidak ada tuhan selain Dia Yang Maha Hidup dan Berdiri Sendiri dan aku bertaubat kepadanya.” 

Setelah membaca istigfar, maka tata cara sholat taubat dilanjutkan dengan membaca doa setelah sholat seperti yang diajarkan oleh Rasullah SAW. Berikut doa tersebut.


"Allahumma anta robbii laa ilaaha illaa anta, kholaqtanii wa ana ‘abduka wa ana ‘ala ‘ahdika wa wa’dika mastatho’tu. a’udzu bika min syarri maa shona’tu, abuu-u laka bini’matika ‘alayya, wa abuu-u bi dzanbii, faghfirlii fainnahuua laa yaghfirudz dzunuuba illa anta"

Artinya: 
"Ya Allah Engkau adalah Tuhanku. Tidak ada sesembahan yang hak kecuali Engkau. Engkau yang menciptakanku, sedang aku adalah hambamu dan aku di atas ikatan janjimu dan akan menjalankannya dengan semampuku. Aku berlindung kepadamu dari segala kejahatan yang telah aku perbuat, aku mengakuimu atas nikmatmu terhadap diriku dan aku mengakui dosaku padamu, maka ampunilah aku. Sesungguhnya tiada yang mengampuni segala dosa kecuali Engkau." 

4. Waktu sholat taubat

Pexels.com/Anastasia Shuraeva

Pelaksanaan sholat taubat ini tidak berbeda dengan salat pada umumnya. Meskipun tidak ada waktu khusus dalam melaksanakan sholat dengan 2 rakaat ini, tetapi beberapa ulama menganjurkan untuk melaksanakan sholat taubat ketika memasuki bulan Ramadan.

Akan tetapi, sholat taubat pada dasarnya bisa dilakukan kapan saja, baik siang atau malam hari, kecuali saat diharamkannya untuk sholat. Sebagian ulama lainnya menyatakan waktu yang utama adalah saat 2/3 malam seperti tahajud. 

5. Anjuran melaksanakan sholat taubat

pexels.com/Michael Burrows

Setelah mengetahui tata cara sholat taubat, perlu kamu dipahami lebih dulu mengenai anjuran sholat sunah ini. Dasar hukum seseorang untuk melaksanakan sholat taubat terdapat dalam Alquran surat At-Tahrim ayat 8 berikut. 

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا تُوْبُوْٓا اِلَى اللّٰهِ تَوْبَةً نَّصُوْحًاۗ عَسٰى رَبُّكُمْ اَنْ يُّكَفِّرَ عَنْكُمْ سَيِّاٰتِكُمْ وَيُدْخِلَكُمْ جَنّٰتٍ تَجْرِيْ مِنْ تَحْتِهَا الْاَنْهٰرُۙ يَوْمَ لَا يُخْزِى اللّٰهُ النَّبِيَّ وَالَّذِيْنَ اٰمَنُوْا مَعَهٗۚ نُوْرُهُمْ يَسْعٰى بَيْنَ اَيْدِيْهِمْ وَبِاَيْمَانِهِمْ يَقُوْلُوْنَ رَبَّنَآ اَتْمِمْ لَنَا نُوْرَنَا وَاغْفِرْ لَنَاۚ اِنَّكَ عَلٰى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرٌ

Artinya:

"Wahai orang-orang yang beriman! Bertobatlah kepada Allah dengan tobat yang semurni-murninya, mudah-mudahan Tuhan kamu akan menghapus kesalahan-kesalahanmu dan memasukkan kamu ke dalam surga yang mengalir di bawahnya sungai-sungai, pada hari ketika Allah tidak mengecewakan Nabi dan orang-orang yang beriman bersama dengannya; sedang cahaya mereka memancar di hadapan dan di sebelah kanan mereka, sambil mereka berkata, “Ya Tuhan kami, sempurnakanlah untuk kami cahaya kami dan ampunilah kami; Sungguh, Engkau Mahakuasa atas segala sesuatu.”

Dalam hadis riwayat Abu Dawud, Ahmad, dan Tirmidzi juga meriwayatkan sebagai  berikut. 

"Apabila ada orang yang melakukan suatu perbuatan dosa, kemudian dia berwudhu dengan sempurna, lalu dia mendirikan shalat dua rakaat, dan selanjutnya dia beristigfar memohon ampun kepada Allah, maka Allah pasti mengampuninya.”

Nah, itu dia bacaan niat, doa dan tata cara sholat taubat. Jangan lupa dikerjakan ya, Bela!

IDN Media Channels

Latest from Inspiration