Sebagai artis Korea Selatan, kebanyakan dari mereka memiliki segudang bakat dan talenta, yang diasah sejak usia dini. Tak hanya pandai berakting, mereka juga biasanya jago menari dan bernyanyi. 

Selain itu, para artis Korea Selatan turut mengambil banyak sertifikasi keahlian demi menunjang karier mereka di dunia hiburan Korea Selatan. Umumnya, mereka mengambil sertifikasi keahlian berhubungan dengan dunia seni. 

Namun, berbeda dengan beberapa artis Korea Selatan yang mengambil sertifikasi keahlian cukup unik dan jauh berbeda dari profesi asli sebagai seorang publik figur, lho. Lalu, siapa saja artis Korea yang punya sertifikasi unik?

Sertifikasi apa yang mereka ambil dan mengapa mereka mengambilnya? Penasaran, kan. Melansir dari scmp.com, intip selengkapnya di bawah ini.

1. Seo Ye Ji

Ada Pendidikan Seks, 5 Artis Korea Ini Punya Sertifikasi UnikTwitter.com/soonhyunks

Pemeran utama dari drama Korea It's Okay to Not Be Okay, Seo Ye Ji memiliki delapan sertifikasi unik yang tak berhubungan dengan profesinya saat ini. Sertifikasi tersebut ia peroleh dari berbagai bidang, seperti pendidikan seks hingga seni merangkai origami. 

Saat tampil di acara SBS Power FM's Park Sun Young's Cine Town, Seo Ye Ji mengungkapkan alasan di balik ia mengambil sertifikasi pendidikan seks. Ia ingin mendidik dirinya sendiri, sekaligus anaknya suatu hari nanti tentang hal sensitif dengan cara yang sehat. 

Sementara, untuk sertifikasi seni merangkai origami, ia mempelajari dan mendalaminya karena hobi sejak masih remaja. Setiap kali merasa stres, ia akan mengambil beberapa buah origami dan merangkainya menjadi sesuatu yang menyenangkan. Ia mengibaratkan melipat origami dengan masalahnya dan berharap bisa menghilangkan rasa cemasnya. 

2. Solar 'MAMAMOO'

Ada Pendidikan Seks, 5 Artis Korea Ini Punya Sertifikasi UnikPinterest.com

Sebagai pemimpin grup MAMAMOO, Solar mempunyai tiga sertifikasi keahlian yang berbeda dan unik, semuanya berkaitan dengan membawa kebahagiaan untuk orang lain. Sertifikasi yang dimaksud adalah pimpinan rekreasi, terapi tawa, dan kepempinan yang menyenangkan. 

Ketika tampil di acara MBC's My Little Television, Solar sempat mengungkapkan bahwa saat dirinya mengambil sertifikasi, kelasnya sangat menyenangkan dan dapat selesai dalam beberapa jam saja. Tak mengherankan jika ia memperoleh skor sempurna untuk kemampuan di bidang kepemimpinan saat berada di acara Boss in the Mirror.  

3. Kim Tae Hee

Ada Pendidikan Seks, 5 Artis Korea Ini Punya Sertifikasi UnikCastko.com

Beberapa artis Korea Selatan memilih untuk mengambil sertifikasi sebagai bagian dari hobi atau pengembangan diri, namun ada alasan lain Kim Tae Hee mengambil sertifikasi scuba diving. 

Menurut The List, istri Rain ini sempat takut melihat air setelah dirinya jatuh saat syuting di Guam. Demi melawan rasa takutnya tersebut, teman terdekat Kim Tae Hee menyarankan sang aktris untuk mengambil sertifikasi khusus scuba diving pada 2012 silam. Semenjak saat itu, ia mulai mencintai olahraga bawah air tersebut. 

4. Lee Byung Hun

Ada Pendidikan Seks, 5 Artis Korea Ini Punya Sertifikasi UnikSoompi.com

Sudah menjadi rahasia umum jika bintang dari drama Korea Squid Game ini merupakan seorang pecinta kopi. Bahkan saking cintanya terhadap kopi, Lee Byung Hun pernah berhenti berakting sementara waktu dan mengambil sertifikasi berkaitan dengan kopi.

Kecintaan Lee Byung Hun terhadap kopi membuat sang aktor memiliki sertifikasi barista. Sejak mempelajarinya secara mendalam, Byung Hun menyeduh kopi paginya sendiri setiap pagi dan memastikan untuk membawa kopi buatannya ke dalam tumbler saat ia beraktivitas keluar. Wah, mirip Hong Du Shik di Hometown Cha-Cha-Cha, nih!

5. Minah 'Girls Day'

Ada Pendidikan Seks, 5 Artis Korea Ini Punya Sertifikasi UnikSoompi.com

Meski terlahir sebagai seorang perempuan, tapi tak menyurutkan langkah Minah 'Girls Day' untuk mengambil sertifikasi yang berkaitan dengan alat berat. Ia memperoleh sertifikasi mengoperasikan alat berat setelah mendapatkan peran di sebuah variety show, Eco Village pada 2014. 

Ia berharap dengan mendapatkan sertifikasi ekskavator, dirinya bisa mempergunakan keahaliannya tersebut untuk membantu orang lain dan membangun rumah di acara tersebut. Dengan senang hati, Minah membagikan persiapan dirinya ketika ujian sertifikasi ekskavator di Twitter.  

Nah, itulah deretan artis Korea Selatan yang memiliki sertikasi unik. Walaupun beda jauh dari profesi mereka, tapi sertifikasi yang mereka peroleh tetap bisa dipergunakan untuk membantu orang lain, ya. Kalau kamu sendiri, sertifikasi apa yang ingin dicapai, Bela?

Baca Juga: 11 Foto Bersejarah yang Bikin Kamu Bersyukur dengan Pekerjaan Sekarang

Baca Juga: Inilah Pekerjaan Lama Artis Bollywood Sebelum Mereka Bersinar

Baca Juga: 8 Bangsawan Rendah Hati yang Sebenarnya Memiliki Pekerjaan lain!