Bagi para mahasiswa, predikat cum laude ketika lulus, merupakan simbol kehormatan yang membanggakan. Hal ini karena lulusan dengan predikat tersebut berarti memiliki nilai Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) yang tinggi, mulai dari 3.40 – 4.00. 
 

Sibuk menjalani karier di dunia hiburan, tidak menghentikan ambisi kesembilan selebriti Indonesia ini, untuk meraih prestasi di bidang akademik. 

Siapa saja mereka? 

1. Alyssa Soebandono

Selain Maudy Ayunda, 9 Artis Ini Juga Lulus dengan Predikat Cum Lauderencanamu.id

Di tahun 2012, Alyssa melanjutkan jenjang pendidikan S2 di London School of Public Relations setelah menamatkan S1 di Monash University, Australia. Mengambil jurusan Corporate Communication, Alyssa yang saat itu masih berusia 22 tahun, berhasil lulus hanya dalam waktu 1,5 tahun, serta mendapat gelar ‘Master’ dengan predikat cum laude.

2. Tasya Kamila

Selain Maudy Ayunda, 9 Artis Ini Juga Lulus dengan Predikat Cum LaudeInstagram.com/tasyakamila

Mantan penyanyi cilik yang sudah menjadi seorang ibu ini, bakal menajdi contoh perempuan maju bagi buah hatinya. Setelah lulus S1 dari Universitas Indonesia, Tasya melanjutkan S2 di Columbia University. Di sini ia meraih gelar Master of Public Administration berpredikat cum laude setelah lulus dengan nilai IPK di atas 3,7.

3. Lala Karmela

Selain Maudy Ayunda, 9 Artis Ini Juga Lulus dengan Predikat Cum LaudeInstagram.com/lalakarmela

Musisi sekaligus pemain film ini tidak main-main dengan prestasi akademisnya. Lala adalah seorang sarjana hukum lulusan Universitas Atmajaya pad atahun 2016. Ia sukses mengantongi nilai IPK 3,73 dan dinyatakan sebagai lulusan cum laude.

4. Dewi Hughes

Selain Maudy Ayunda, 9 Artis Ini Juga Lulus dengan Predikat Cum LaudeInstagram.com/hughes.dewi

Usia tidak menjadi penghalang untuk meraih mimpi. Contohnya Dewi Hughes yang merampungkan S2 di usia 45 tahun. Kelulusan dari Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi InterStudi yang ia dapatkan di tahun 2016 tersebut dibarengi dengan predikat cum laude.

5. Cinta Laura

Selain Maudy Ayunda, 9 Artis Ini Juga Lulus dengan Predikat Cum LaudeInstagram.com/claurakiehl

Hanya memerlukan waktu tiga tahun, Cinta Laura Kiehl mampu menamatkan edukasinya di Columbia University di tahun 2014, dengan IPK 3,9 dan predikat cum laude. Bahkan sewaktu kuliah, ia sempat menjadi asisten dosen Psikologi, lho. Keren, ya!

6. Isyana Sarasvati

Selain Maudy Ayunda, 9 Artis Ini Juga Lulus dengan Predikat Cum LaudeInstagram.com/isyanasarasvati

Penyanyi, komposer dan pencipta lagu satu ini memang selalu bikin geleng kepala kalau berbicara mengenai prestasinya baik di bidang seni maupun akademis. Lepas lulus dari Nanyang Academy of Fine Arts di Singapura lewat jalur beasiswa, Isyana kembali mendapat beasiswa penuh di Royal College of Music, London. Di sini, ia sukses menjadi lulusan terbaik Bachelor of Music dengan predikat cum laude, sekaligus mendapat penghargaan Embassy of Peru Awards. Tidak heran ia pernah berada di jajaran “30 Under 30 Asia 2020” versi Forbes.

7. Mikha Tambayong

Selain Maudy Ayunda, 9 Artis Ini Juga Lulus dengan Predikat Cum LaudeInstagram.com/miktambayong

Pada 2017 lalu, Mikha mendapat predikat cum laude dari Fakultas Hukum, Universitas Pelita Harapan. Lalu, awal tahun ini, aktris 25 tahun tersebut melanjutkan kuliah di Program International Executive Master of Management (IEMM) UPH. Melalui program ini, nantinya Mikha mendapat kesempatan untuk mengikuti short course di Harvard University.

8. Gita Gutawa

Selain Maudy Ayunda, 9 Artis Ini Juga Lulus dengan Predikat Cum LaudeInstagram.com/gitagut

Perempuan bernama lengkap Aluna Sagita Gutawa ini lulus dari jurusan Culture and Society di tahun 2015 dengan predikat cum laude. Pendidikan Master yang ia tempuh di London School of Economics and Political Science (LSE) tersebut, berhasil ia lalu kurang lebih hanya satu tahun. Canggih!

9. Vidi Aldiano

Selain Maudy Ayunda, 9 Artis Ini Juga Lulus dengan Predikat Cum LaudeInstagram.com/vidialdiano

Mengambil jenjang pendidikan S2 jurusan Innovation Management and Entrepreneurship di University of Manchester, Inggris, Vidi membuktikan bahwa predikat cum laude yang ia peroleh ketika S1 di Universitas Pelita Harapan dengan IPK 3,63, bisa ia teruskan di jenjang akademis berikutnya. Dengan karakternya yang ingin selalu melakukan hal terbaik, ia juga ingin melanjutkan S3, namun tidak dalam waktu dekat.

Aduh, jadi bikin termotivasi nggak, sih, Bela?

Baca Juga: Ramaikan #WisudaLDR2020, Begini Riasan 9 Seleb Saat Lulus Kuliah

Baca Juga: Inspiratif! Bekerja Menjadi Ojek Online Sampai Lulus Cumlaude

Baca Juga: Gagal Serius, 9 Kejadian Saat Kuliah Online Ini Malah Bikin Ngakak