Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

25 Contoh Surat Dinas untuk Mempermudah Izin dan Kegiatanmu

Jangan sampai salah menulisnya, ya!

Niken Ari Prayitno

Sebagai seseorang yang bekerja pada sebuah instansi atau perusahaan, surat dinas tak lagi asing untukmu, bukan? Surat dinas biasanya digunakan untuk memberikan izin atau pemberitahuan sesuatu.

Cara membuat surat dinas juga bukan hal yang sulit. Biasanya, setiap perusahaan memiliki template surat dinas khas masing-masing. Melalui surat dinas itu pula, lembaga atau perusahaan dapat dikenali dengan mudah.

Penasaran bagaimana cara membuat surat dinas, struktur dan contoh surat dinas? Simak penjelasan Popbela.com berikut ini.

Pengertian surat dinas

Pexels.com/Pixabay

Sebelum melihat contoh surat dinas, ada baiknya kita mengetahui terlebih dulu pengertian surat dinas. Surat dinas merupakan surat resmi yang dikeluarkan oleh suatu lembaga untuk berbagai kepentingan. Surat dinas bersifat resmi yang bisa dikeluarkan oleh pemerintah dan perusahaan, baik swasta maupun negeri.

Biasanya, surat dinas dibuat untuk memberitahukan pengumuman, izin, pemberian kuasa, hingga perintah penugasan bagi karyawan terkait. Surat dinas dianggap sah apabila terdapat tanda tangan dari pejabat yang berwenang dan dilengkapi dengan cap basah.

Fungsi surat dinas

Pexels.com/Oleg Magni

Secara umum, surat dinas berfungsi untuk sebuah tujuan yang bersifat kedinasan. Namun, secara spesifik, fungsi surat dinas dapat kamu lihat sebagai berikut.

  1. Surat dinas berfungsi sebagai pedoman untuk melakukan sebuah tugas. Tugas tersebut dapat berupa instruksi, pengambilan keputusan, dan perizinan untuk melakukan hal tertentu.
  2. Surat dinas berfungsi sebagai pengingat. Sebab, surat dinas yang biasanya berbentuk hard copy ini dapat dijadikan arsip dan bukti sah di kemudian hari.
  3. Surat dinas juga berfungsi sebagai bukti perkembangan sebuah perusahaan. Misalnya, melalui surat dinas, kita dapat mengetahui sudah berapa banyak perjalanan yang dilakukan oleh suatu instansi, hingga keputusan apa yang pernah diambil oleh perusahaan tersebut.

Syarat-syarat surat dinas

Pexels.com/Pixabay

Setelah mengetahui fungsi surat dinas, berikut syarat-syarat surat dinas yang harus dipenuhi agar surat dinas dapat diakui secara sah oleh pihak yang bersangkutan. Syarat-syarat surat dinas ini nantinya perlu kamu perhatikan di dalam contoh surat dinas sebagai berikut.

  1. Surat dinas harus ditulis dengan struktur yang baku dan jelas. Format penulisannya harus teratur dan tidak membingungkan pembaca.
  2. Isi dari surat dinas harus ditulis secara singkat, padat, dan jelas menggunakan bahasa Indonesia yang baku dan sesuai dengan EYD. Pastikan setiap kalimat yang tertulis tidak menimbulkan tafsir ganda untuk menghindari konflik di kemudian hari.
  3. Apabila surat dinas ditulis menggunakan bahasa Inggris, pastikan struktur penulisan (grammar) benar sesuai dengan kaidah yang berlaku.
  4. Surat dinas juga merupakan penggambaran dari instansi atau lembaga yang mengeluarkannya. Maka dari itu, sebisa mungkin hindari salah penulisan (typo) dan gaya penulisan diharapkan dapat memberikan citra yang baik bagi perusahaan terbaik.

Struktur penulisan surat dinas

Pexels.com/Diana Akhmetyanova

Selanjutnya, dalam menulis surat dinas, kamu harus memperhatikan struktur penulisan yang baku. Struktur sederhana dari surat dinas biasanya sebagai berikut.

  • Kop surat
  • Waktu penulisan surat
  • Nomor penulisan surat
  • Lampiran
  • Hal atau perihal
  • Alamat
  • Salam pembuka surat
  • Isi surat
  • Salam penutup
  • Identitas pengirim surat
  • Tembusan
  • Inisial surat
  • Stempel
  • Lampiran jika ada.

Lembaga atau instansi mana pun yang mengeluarkannya, biasanya akan sama strukturnya dengan struktur di atas. Yang membedakan surat dinas satu lembaga dengan lainnya adalah gaya bahasanya.

Contoh surat dinas

Pexels.com/Andrea Piacquadio

Bagaimana, kamu semakin paham bukan dengan surat dinas? Jika masih bingung, berikut contoh surat dinas yang bisa kamu jadikan pedoman untuk membuat surat dinasmu sendiri.

1. Surat dinas pemerintahan

mypurohith.com

2. Surat dinas universitas

unpad.ac.id

3. Surat dinas undangan

ilmusosial.id

4. Surat dinas rumah sakit

mypurohith.com

5. Surat dinas perjanjian

contohsurat.co

6. Surat perjalanan dinas

pinterest.com

7. Surat dinas pemberian kuasa

cermati.com

8. Surat dinas memorandum

suratresmi.net

9. Surat dinas keputusan

pinterest.com

10. Surat dinas penugasan karyawan

pinterest.com

11. Surat keterangan dinas

slideshare.net

12. Surat dinas ucapan terima kasih

disnaker.bulelengkab.go.id

13. Surat dinas permohonan bantuan

ruang-sipil.com

14. Surat dinas ungkapan duka cita

scribd.com

15. Surat dinas permohonan izin

perizinan.deliserdangkab.go.id

16. Surat dinas tugas

scribd.com

17. Surat dinas berita acara

slideshare.net

18. Surat dinas rekomendasi

ft.untidar.ac.id

19. Surat dinas panggilan

scribd.com

20. Surat dinas peringatan

pinterest.com

21. Surat dinas instruksi lapangan

scribd.com

22. Surat dinas pelaksanaan sidang

scribd.com

23. Surat dinas peminjaman ruang

pt.slideshare.net

24. Surat dinas persetujuan mutasi kerja

scribd.com

25. Surat dinas pemberian izin penelitian

scribd.com

Itulah 25 contoh surat dinas resmi, pemerintah, swasta, sekolah lengkap yang biasa digunakan instansi untuk tujuan formal. Semoga artikel ini membantu dan memudahkanmu dalam menyusun surat dinas, ya!

IDN Media Channels

Latest from Working Life