Mengurus hal-hal yang bersangkutan dengan birokrasi memang membutuhkan waktu yang cukup panjang. Sebab, ada beberapa proses dan tahapan yang harus dilalui agar urusan yang kita hadapi dapat selesai dengan lancar.

Sebagai seorang pekerja, terkadang kamu tidak memiliki waktu yang cukup untuk mengurus hal tersebut. Untuk itulah kamu meminta bantuan orang lain untuk menyelesaikan urusan birokrasi yang kamu hadapi.

Namun, orang tersebut juga tidak serta merta langsung dapat diperbolehkan mengurus masalah birokrasimu. Beberapa hal seperti pengurusan rekening di bank atau BPKB kendaraan tidak dengan mudah diwakilkan begitu saja. Jika kamu ingin orang lain membantumu mengurus masalah tersebut, diperlukan surat kuasa.

Pengertian Surat Kuasa

Mempermudah Urusan, Ini Contoh Surat Kuasa dan Cara MembuatnyaPexels.com/Pixabay

Surat kuasa adalah surat yang berisikan pemberian kewenangan atau kuasa kepada seseorang yang dipercaya. Orang yang dipercaya itu nantinya dapat bertindak atas nama pemberi kuasa. Biasanya pemberi kuasa memberikan surat kuasa karena tidak dapat hadir untuk menyelesaikan urusannya sendiri karena satu dan lain hal. Karena itu, ia memberikan kuasanya atau wewenang kepada orang yang dipercaya untuk menyelesaikan urusannya tersebut.

Surat kuasa sendiri terbagi menjadi tiga jenis yang dibedakan berdasarkan pemberi dan fungsi surat kuasa itu. Jenis-jenis, contoh surat kuasa dan cara membuatnya akan dijelaskan berikut ini.

1. Surat Kuasa Pribadi

Mempermudah Urusan, Ini Contoh Surat Kuasa dan Cara MembuatnyaPexels.com/Gustavo Fring

Surat kuasa pribadi adalah surat kuasa yang dibuat oleh seseorang untuk memberikan kuasa atau wewenang kepada orang yang dipercaya. Nantinya, orang yang diberi kuasa bisa bertindak atas nama pemberi kuasa sesuai dengan yang tertulis di dalam surat kuasa tersebut.

Bagian-bagian yang perlu dicantumkan dalam surat kuasa pribadi dapat kamu lihat berikut ini.

  • Judul surat
  • Data diri pemberi kuasa
  • Data diri penerima kuasa
  • Tujuan diberikannya kuasa kepada si penerima kuasa
  • Tempat diikuti tanggal pembuatan surat kuasa
  • Tanda tangan pemberi serta penerima kuasa yang dibubuhkan di atas materai

Dalam surat kuasa pribadi tidak diperlukan kop surat dan nomor surat. Contoh dan cara membuat surat kuasa pribadi dapat kamu lihat di gambar berikut ini.

Contoh Surat Kuasa Pengambilan BPKB

Mempermudah Urusan, Ini Contoh Surat Kuasa dan Cara Membuatnyamypurohith.com

Contoh Surat Kuasa Pengambilan Uang di Rekening Bank

Mempermudah Urusan, Ini Contoh Surat Kuasa dan Cara Membuatnyacontoh-surat.org

Contoh Surat Kuasa Pengambilan Dokumen Penting

Mempermudah Urusan, Ini Contoh Surat Kuasa dan Cara Membuatnyaidcloudhost.com

2. Surat Kuasa Resmi

Mempermudah Urusan, Ini Contoh Surat Kuasa dan Cara MembuatnyaPexels.com/Oleg Magni

Selanjutnya ada surat kuasa resmi atau surat kuasa kedinasan. Berbeda dengan surat kuasa pribadi yang dibuat oleh perorangan untuk masalah pribadi pula, surat kuasa resmi dibuat dan ditujukan oleh suatu instansi. Surat kuasa resmi biasanya dibuat oleh pejabat atau pemimpin di suatu perusahaan yang memberikan kewenangan atau kuasa kepada pekerja atau orang yang dipercaya. Orang yang diberi surat kuasa ini nantinya akan dapat bertindak sesuai dengan isi surat kuasa tersebut.

Bagian-bagian yang perlu dicantumkan dalam surat kuasa resmi tergantung dari perusahaan masing-masing. Namun, secara umum, bagian-bagian yang wajib ada dalam surat kuasa resmi adalah sebagai berikut.

  • Kop surat
  • Judul surat
  • Nomor surat
  • Identitas pemberi kuasa
  • Identitas penerima kuasa
  • Bentuk tugas dan wewenang untuk penerima kuasa
  • Tanggal dan tempat ditetapkannya surat kuasa
  • Jabatan pemberi kuasa
  • Tanda tangan pemberi kuasa
  • Nama lengkap dan nomor identitas pemberi kuasa
  • Cap tugas yang menandakan jika surat kuasa tersebut memiliki ketetapan hukum yang sah

Contoh surat kuasa resmi dapat kamu lihat dalam gambar berikut.

Contoh Surat Kuasa Resmi 1

Mempermudah Urusan, Ini Contoh Surat Kuasa dan Cara Membuatnyamypurohith.com

Contoh Surat Kuasa Resmi 2

Mempermudah Urusan, Ini Contoh Surat Kuasa dan Cara MembuatnyaCermati.com

3. Surat Kuasa Khusus

Mempermudah Urusan, Ini Contoh Surat Kuasa dan Cara MembuatnyaPexels.com/Matthias Zomer

Jenis surat kuasa selanjutnya adalah surat kuasa khusus. Surat kuasa khusus adalah surat kuasa yang dibuat oleh pihak tertentu yang berkaitan langsung dengan pengadilan. Biasanya surat kuasa khusus dibuat oleh seseorang kepada pengacara untuk menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan pihak pengadilan.

Bagian-bagian dari surat kuasa khusus tidak jauh berbeda dengan surat kuasa pribadi. Perbedaannya hanya terletak pada penjelasan lebih detail mengenai wewenang penerima kuasa (pengacara) untuk bertindak sebagaimana mestinya sesuai dengan proses pengadilan yang sedang berlangsung. Contoh surat kuasa khusus dapat kamu lihat dalam gambar berikut ini.

Contoh Surat Kuasa Khusus Mewakili Sidang Perceraian

Mempermudah Urusan, Ini Contoh Surat Kuasa dan Cara MembuatnyaCermati.com

Contoh Surat Kuasa Khusus Mendampingi Kasus Pengadilan

Mempermudah Urusan, Ini Contoh Surat Kuasa dan Cara MembuatnyaDok. Internet

Satu hal yang perlu kamu perhatikan saat membuat surat kuasa adalah dengan memilih penerima kuasa yang benar-benar kamu percaya. Sebab, penerima kuasa ini akan mewakili kamu untuk menyelesaikan segala urusan yang tidak dapat kamu hadiri. Jangan sampai kamu salah memilih penerima kuasa karena bisa jadi surat kuasamu disalah gunakan oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

Itulah tadi contoh dan cara membuat surat kuasa berdasarkan jenisnya. Semoga artikel ini dapat membantumu menyelesaikan segala urusan, ya.

Baca Juga: Apa Itu Surat Lamaran Kerja? Ini Bedanya dengan CV

Baca Juga: Inilah Waktu yang Tepat untuk Kirim Surat Lamaran Kerja

Baca Juga: Sebelum Terlambat, Hindari 8 Kesalahan Besar Saat Membuat Surat Lamaran Kerja