Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

11 Contoh Surat Resign Kerja Simpel yang Baik dan Benar

Tetap sopan dan tidak menyinggung

Nafi' Khoiriyah

Memutuskan untuk resign atau keluar dari pekerjaan yang telah kamu tekuni selama bertahun-tahun bukanlah perkara mudah. Kamu tentu memerlukan banyak pertimbangan sebelum akhirnya memutuskan untuk mengakhirinya. 

Meski demikian, kamu tetap bisa mengundurkan diri dari pekerjaan dengan cara yang baik-baik. Salah satu kuncinya adalah dengan mengirimkan surat pengunduran diri kepada perusahaan.

Lalu, seperti apa surat resign yang baik supaya keputusanmu untuk keluar dari pekerjaan bisa diterima? Kamu bisa mengikuti contoh surat resign kerja simpel yang baik dan benar berikut ini.

Pengertian surat resign

pexels.com/Craig Adderley

Resign atau mengundurkan diri dari pekerjaan secara baik-baik tentu perlu memerlukan surat sebagai syarat administrasi. Surat resign tersebut biasanya ditujukan kepada atasan langsung atau melalui HRD (Human Resource Development) perusahaan. 

Surat ini berisi keterangan tertulis mengenai keputusan untuk mengundurkan diri atau berhenti untuk bekerja di suatu perusahaan. Hal tersebut dibuat sebagai bentuk yang resmi agar terkesan sopan dan bisa diterima. 

Maka dari itu, penting untuk mengetahui contoh surat resign kerja simpel yang baik supaya nama baik dan koneksimu di perusahaan tetap terjaga.

Format surat resign

pexels.com/Sora Shimazaki

Menulis surat pengunduran diri tentu perlu menggunakan format yang benar serta pilihan kata yang sopan. Tidak perlu terlalu panjang, kamu bisa menulis surat secara singkat langsung pada tujuan tanpa bertele-tele. 

Adapun format penulisan surat resign tersebut adalah sebagai berikut. 

  1. Alamat surat 
    Seperti surat resmi pada umumnya, surat resign juga perlu menyertakan alamat surat berupa tanggal dan kota tempat surat tersebut ditulis. 
  2. Tujuan dan alamat perusahaan 
    Selanjutnya, penting juga untuk menuliskan alamat dan nama perusahaan yang kamu tuju agar tepat sasaran. Apalagi jika kamu mengirimkannya melalui pos atau semacamnya. 
  3. Salam pembuka 
    Awali surat pengunduran diri dengan salam pembuka. Pada bagian ini, kamu bisa menggunakan kata-kata "dengan hormat" atau semacamnya.
  4. Sebutkan identitas diri
    Bagian yang sangat krusial namun sering dilewatkan oleh banyak orang adalah identitas diri. Padahal, HRD tentu perlu mengetahui dari mana surat tersebut berasal agar segera menindaklanjutinya. Identitas tersebut bisa berupa nama dan jabatanmu di perusahaan.
  5. Sebutkan alasan mengundurkan diri 
    Masuk pada bagian inti, kamu perlu menceritakan alasan mengundurkan diri supaya HRD atau atasanmu bisa mempertimbangkan keputusan tersebut. 
  6. Sertakan tanggal terakhir bekerja 
    Tidak lupa, sertakan kapan kamu akan meninggalkan perusahaan atau tanggal terakhir kamu bekerja. Tanggal ini nantinya bisa disesuaikan oleh keputusan HRD atau atasanmu.
  7. Ucapkan terima kasih
    Pada paragraf berikutnya, jangan lupa untuk mengucapkan terima kasih kepada perusahaan yang sudah menerimamu selama bekerja. Hal ini akan menunjukkan bahwa kamu keluar perusahaan dengan cara yang profesional. 
  8. Ucapkan permohonan maaf 
    Tidak lupa, sampaikan pula permohonan maaf jika terdapat kesalahan yang pernah kamu perbuat atau jika kamu harus meninggalkan pekerjaan yang belum terselesaikan. 
  9. Salam penutup
    Surat resign tersebut kemudian diakhiri dengan salam penutup.
  10. Tanda tangan dan nama terang
    Terakhir, sertakan tanda tangan dan nama terang supaya menunjukkan keseriusan kamu dalam menulis surat resign.

1. Contoh surat resign di perusahaan asuransi

jobskarir.id

Contoh surat resign kerja simpel yang baik di perusahaan asuransi ini bisa kamu jadikan referensi. Sesuai dengan format yang benar, tulisan di atas sudah disertai dengan tanggal dan tempat dituliskan surat, tujuan, serta perihal pengunduran diri. 

2. Contoh surat resign sebagai staf administrasi

selasar.com

Meskipun sebagai staf administrasi, kamu juga tetap harus mengajukan surat pengunduran diri supaya bisa mengakhiri pekerjaan dengan baik. Jangan lupa untuk mengawali surat dengan pembuka dan menyebutkan identitas diri.

3. Contoh surat resign anggota kepolisian

pinterest.com

Dalam beberapa kasus tertentu, pengunduran diri dari jabatan juga bisa dilakukan karena telah mencalonkan diri untuk posisi strategis tertentu. Seperti di atas, seorang inspektur jenderal kepolisian mengundurkan diri dari jabatannya karena mencalonkan diri sebagai anggota DPRD. 

4. Contoh surat resign sebagai karyawan

paksulthon.com

Bagian paling penting dalam contoh surat resign kerja simpel yang baik antara lain terdapat pada identitas diri. Seperti surat resign sebagai karyawan di atas, kamu bisa menyebutkan nama, jabatan, dan juga identitas karyawan yang kamu miliki. 

5. Contoh surat resign yang baik dan benar

pinterest.com

Jika kamu memerlukan format surat pengunduran diri, maka contoh di atas bisa dipakai. Kamu bisa mengisinya sesuai dengan identitas dan juga perusahaan tempatmu bekerja. Namun, jangan sampai lewatkan untuk menuliskan alasan mengapa kamu mengundurkan diri dengan sopan. 

6. Contoh surat resign sebagai pegawai

gurupendidikan.co.id

Selain menyebutkan alasan pengunduran diri, contoh surat resign kerja simpel yang baik juga perlu menyertakan ucapan terima kasih. Sebab, kamu telah diterima dan dipekerjakan di perusahaan tersebut sampai saat ini. 

7. Contoh surat resign sebagai operator komputer

pinterest.com

Selama bekerja, setiap orang tentu tidak luput dari kesalahan, baik yang disengaja ataupun tidak. Jadi, untuk mengakhiri pekerjaan, kamu bisa memohon maaf atas kesalahan yang pernah diperbuat. 

8. Contoh surat resign simpel

slideshare.net

Berikutnya, contoh surat resign kerja simpel yang baik diakhiri dengan salam penutup yang berisi tentang harapan baik kepada perusahaan. Tidak lupa, cantumkan tanda tangan dan nama terang supaya surat bisa diterima dan diproses oleh perusahaan. 

9. Contoh surat resign dokter

slideshare.net

Meski bekerja sebagai dokter, tetapi mereka juga bisa mengajukan surat pengunduran diri. Biasanya, surat pengunduran diri dokter itu diajukan kepada pihak dinas kesehatan maupun pihak rumah sakit. 

10. Contoh surat resign umum

slideshare.net

Jika kamu sedang mencari contoh surat resign kerja, simak contoh di atas. Surat tersebut bisa dijadikan contoh untukmu jika ingin resign, tetapi jangan lupa untuk menyesuaikan dengan nama perusahaan maupun jabatan yang kamu punya.

11. Contoh surat resign karena kesehatan

scribd.com

Terakhir, surat pengunduran diri di atas diajukan dengan alasan kesehatan. Pengajuan resign yang semacam ini juga ditujukan kepada HRD perusahaan tempatmu bekerja. Setelah itu, jangan lupa untuk menyampaikan terima kasih dan permohonan maaf di dalamnya. 

Demikian contoh surat resign kerja simpel yang baik dan benar. Kamu bisa menjadikan contoh tersebut sebagai panduan untuk mengakhiri pekerjaan di perusahaanmu saat ini.

Semoga keputusan tersebut menjadi pilihan yang terbaik untukmu ya, Bela. 

IDN Media Channels

Latest from Working Life