12 Contoh Surat Pengunduran Diri & Melepas Jabatan Secara Profesional

Ada aturannya, lho!

12 Contoh Surat Pengunduran Diri & Melepas Jabatan Secara Profesional

Surat pengunduran diri dari kantor seringkali membuat kita takut melakukan kesalahan penulisan. Salah-salah kata, kita bisa membuat gambaran diri menjadi buruk hingga memutus hubungan baik dengan rekan-rekan di kantor lama. Pasti nggak mau, kan?

Dalam membuat surat pengunduran diri kerja (resign letter), ada beberapa aturan yang harus kamu ketahui. Mulai dari menuliskan identitas diri secara lengkap, memberikan alasan yang logis, menggunakan bahasa yang sopan dan halus, serta yang terpenting, mengucapkan permohonan maaf dan terima kasih. 

Daripada bingung, langsung simak lima contoh surat pengunduran diri kerja yang baik dan benar dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris di bawah ini!

Pengertian surat pengunduran diri

Sebelum membahas lebih jauh mengenai surat pengunduran diri, ada baiknya kita tahu terlebih dulu tentang pengertiannya. Surat pengunduran diri adalah surat yang ditujukan untuk perusahaan yang berisikan pernyataan untuk mengundurkan diri dari suatu pekerjaan atau perusahaan tempat kita bekerja.

Surat pengunduran diri ini biasanya ditujukan untuk departemen yang mengurus karyawan atau human resource department (HRD). Walaupun sebelumnya kamu sudah mengajukan pengunduran diri secara lisan, ada baiknya diperkuat pula dengan pernyataan tertulis melalui surat pengunduran diri sebagai cara mengakhiri hubungan pekerjaan dengan sopan.

Manfaat surat pengunduran diri

Surat pengunduran diri memiliki manfaat yang tak hanya dirasakan oleh HRD, tapi juga kita sebagai pekerja. Apa saja manfaat surat pengunduran diri? 

1. Tetap terlihat profesional

Dengan menuliskan dan mengirimkan surat pengunduran diri kepada HRD, kita akan terlihat profesional. Istilahnya, pamit baik-baik sebelum pergi dari perusahaan tempat kita bekerja. Sebab, sudah sepatutnya kita memberikan informasi demikian saat akan mengundurkan diri dan bukannya menghilang begitu saja.

2. Mempermudah perusahaan untuk mencari karyawan baru

Bagi perusahaan, surat pengunduran diri ini memiliki manfaat tersendiri. Salah satunya mempermudah mereka untuk mencari karyawan baru yang akan menggantikan posisi kita kelak. Dengan adanya surat pengunduran diri ini, maka secara resmi kontrak kerja kita dengan perusahaan berakhir dan perusahaan dapat bersiap merekrut karyawan baru.

3. Informasi yang jelas tentang status karyawan

Manfaat surat pengunduran diri selanjutnya yakni memberikan informasi yang jelas tentang status karyawan di perusahaan tersebut. Mulai dari waktu terakhir bekerja, hingga jabatan terakhir yang kita emban. Selain itu, surat pengunduran diri ini juga sebagai tanda bahwa sejak tanggal yang sudah disebutkan, maka tak ada sangkut pautnya lagi antara kita dan perusahaan.

  • Share Artikel

TOPIC

trending

Trending

This week's horoscope

horoscopes

... read more

See more horoscopes here