Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

10 Orang dengan Umur Paling Tua di Dunia, Usianya Lebih dari 1 Abad!

Gaya hidup sehat mereka menjadi kunci berumur panjang

Natasha P.

Memiliki umur panjang dan jiwa raga yang sehat tentunya menjadi dambaan setiap manusia. Faktor seperti pola hidup sehat dan pengelolaan stres yang baik menjadi penentu bagi seseorang supaya bisa berumur panjang. Mengingat bahwa pola hidup sehat juga membuat daya tahan tubuh menjadi kuat dan jarang terkena penyakit.

Contohnya seperti 10 orang di bawah ini. Jika rata-rata usia harapan hidup manusia adalah 60-80 tahun, mereka justru berumur lebih dari seratus tahun. Akan umurnya yang sangat sepuh, mereka dinobatkan sebagai orang tertua di dunia yang pernah hidup. Siapa saja mereka?

1. Jeanne Louise Calment (122 tahun)

Dok. The Art Newspaper

Jeanne Louise Calment tercatat sebagai manusia sekaligus perempuan tertua yang pernah hidup. Perempuan ini lahir di Prancis, 21 Februari 1875 dan meninggal di usia 122 tahun dan 164 hari, pada 4 Agustus 1997.

Umur panjangnya ini menarik perhatian media. Begitu juga para peneliti yang menganalisis gaya hidup serta kebiasaan Jeanne yang membuatnya hidup lebih lama dari manusia rata-rata.

2. Kane Tanaka (119 tahun, 107 hari)

The Japan Times

Sudah bukan rahasia umum kalau orang Jepang terkenal akan umur panjangnya. Di masa tuanya, banyak lansia Jepang aktif menjadi relawan dan bekerja sampingan untuk mengisi waktu senggang. Tidak mengherankan jika Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pada 2022 menobatkan Jepang sebagai negara dengan harapan hidup terpanjang, yakni 84,3 tahun.

Melansir New York Times, orang tertua di dunia kedua berada di Jepang, yaitu Kane Tanaka (1903-2022). Sebelumnya, ia memegang gelar orang tertua yang pernah hidup. Barulah saat wafat, ia masuk dalam daftar orang paling tua di dunia.

Fakta menariknya, Kane Tanaka terlahir prematur. Akan hal itu, orangtuanya menunda pengajuan dokumen dan salah melaporkan tanggal lahirnya. Orang tuanya bahkan ragu bahwa Kane dapat bertahan hidup lama.  

3. Sarah Knauss (119 Tahun, 97 Hari)

Gerontology Wikia

Sarah DeRemer Knauss terdokumentasi sebagai satu-satunya orang Amerika Serikat yang mencapai usia 119 tahun 97 hari. Ia terverifikasi sebagai orang tertua ketiga di dunia yang lahir pada 1880 sampai 1999.

Menurut Wikipedia, Sarah lahir dari imigran Jerman di Pennsylvania dan merupakan anak ketiga.

4. Lucile Randon (118 tahun, 340 hari)

France 24

Lucile Randon adalah seorang biarawati asal Prancis yang masuk dalam listikal nomor empat orang tertua di dunia. Selama hidupnya, ia dikenal sebagai Suster André dan mendedikasikan hidupnya untuk panti asuhan dan gereja. Suster André bekerja sebagai pengajar, pengasuh, dan misionaris. Dirinya pensiun pada umur 75 tahun.

Dia juga termasuk dalam orang tertua yang berhasil selamat dari SARS-CoV-2. Dirinya pernah didiagnosa positif Covid-19 hanya sebulan sebelum ulang tahunnya yang ke 117.

5. Nabi Tajima (117 Tahun, 260 Hari)

NDTV.com

Selain Kane, Nabi Tijima juga merupakan perempuan Jepang yang menyandang gelar orang dengan usia tertua di dunia. Tajima meninggal tujuh bulan setelah mendapat predikat orang tertua yang masih hidup. Ia juga merupakan orang terakhir yang terverifikasi lahir pada abad ke-19.

6. Marie-Louise Fébronie Meilleur (117 Tahun, 230 Hari)

Wikipedia

Lahir pada tahun 1880 dan wafat pada tahun 1998, Marie-Louise Meilleur merupakan orang Kanada tertua yang pernah hidup. Sebagai orang tertua nomor enam di dunia, Marie menceritakan bahwa menjadi vegetatian dan menjaga pola hidupnya adalah rahasia ia bisa berumur panjang. Dia mempunyai 12 anak, namun hanya empat anaknya yang selamat.

7. Violet Brown (117 Tahun, 189 Hari)

Dok. Guiness World Record

Bersanding dengan Nabi Tajima, Violet Brown tercatat sebagai salah satu orang terakhir yang lahir pada abad ke-19 yang masih hidup. Ia lahir di Jamaika pada 1900 dan mengembuskan napas terakhir pada 2017. Sampai saat ini, Violet masih memegang gelar orang tertua di Jamaika.

8. Emma Morano-Martinuzzi (117 Tahun, 137 Hari)

Wikipedia.com

Selain Jepang, Italia juga terkenal akan penduduknya yang berumur panjang. Terlebih saat ini, negara yang berjuluk Negeri Pizza tersebut menjadi rumah bagi sekitar 20.000 supercentenarian atau manusia berumur lebih dari seratus tahun.

Salah satunya Emma Morano-Martinuzzi, orang tertua yang pernah hidup di Italia. Dia lahir pada tahun 1899 dan berusia 117 tahun 137 hari ketika dia meninggal pada 2017 silam.

9. Chiyo Miyako (117 Tahun, 81 Hari)

Wikipedia

Chiyo Miyako tercatat sebagai orang tertua di Jepang ke-3 yang pernah hidup. Berhasil menyingkirkan Kane Tanaka, Chiyo tercatat sebagai orang tertua yang pernah hidup di Jepang dan juga dunia oleh Guiness World Record.

Secara usia, Kane memang lebih tua dari Chiyo. Tapi jika ditilik dari linimasa waktu mereka meninggal, Chiyo memiliki waktu hidup lebih lama. Kane meninggal pada 19 April 2018, sementara Chiyo wafat pada 22 Juli 2018.

Dia hidup lebih lama dari anak dan suaminya. Chiyo Miyako lahir pada 2 Mei 1901 dan punya satu anak perempuan dan satu anak laki-laki. Suaminya, Shoji Miyako meninggal pada 1951 Sementara anak lelakinya tutup usia pada tahun 1974 di usia-nya yang ke 52. Begitu juga anak perempuannya yang wafat pada umur 54 di tahun 1984.

10. Delphia Welford (117 Tahun, 66 Hari)

Superlongevity Wikia

Terakhir, ada Delphia Welford (1875-1992) yang terekam sebagai perempuan dengan umur paling tua di dunia. Meski dirinya mengaku lahir pada tahun 1881, namun penelitian oleh Kelompok Penelitian Gerontologi mengatakan hal yang berlawan. Pada tahun 2023, hasil penelitian oleh para ahli gerontologi menyatakan bahwa ia lahir pada tahun 1875.

Ia hidup hingga usia 117 tahun 66 hari sebelum meninggal pada tahun 1992. Berita soal umur tuanya ini diketahui secara global dari studi Jaminan Sosial di Amerika Serikat. Saat itu, sejarah Delphia dipresentasikan pada seminar World Supercentenarian Forum di Paris pada tahun 2023.

Presentasi ini menbahas kasus post-humous mengenai usianya. Welford bersama Sarah Knauss merupakan dua orang terverifikasi untuk mencapai usia 117 tahun di Amerika Serikat.

Itu tadi 10 orang dengan usia tertua yang pernah tercatat sepanjang sejarah. Selain daftar di atas, ada María Branyas Morera yang tercatat sebagai manusia tertua yang masih hidup per tahun 2024 ini. María menceritakan bahwa kehidupan yang bahagia dan bebas dari stres menjadi rahasia dia bisa berumur panjang. Wow!

IDN Media Channels

Latest from Inspiration