Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

15 Tanaman Hias Daun yang Akan Mempercantik Halaman Rumah

Yuk, simak referensi tanaman hias daun ini

Angga Prayudhatama

Tanaman hias daun memiliki perawatan yang lebih mudah dibandingkan dengan tanaman hias bunga. Sehingga, tak jarang banyak orang lebih menyukai menanam tanaman hias daun untuk mempercantik taman atau pekarangan rumah.

Mungkin, saat ini kamu tertarik untuk menambah koleksi tanaman hias daun di rumah agar terlihat lebih asri, berikut 15 rekomendasi tanaman hias populer saat ini.

1. Lidah mertua

unsplash.com/AbhiBakshi

Lidah mertua atau dengan nama latin Sansevieria, merupakan tanaman hias daun yang bisa kamu pilih sebagai tanaman hias di rumah. Tanaman ini cukup populer di kalangan pencinta tanaman hias, karena mampu tumbuh dengan sedikit cahaya matahari dan air.

Lidah mertua juga memberikan beberapa manfaat, di antaranya mengandung antiseptik alami dengan anti racun yang baik, sehingga bisa digunakan untuk membunuh kuman.

2. Janda bolong

pinterest.com/Vivadecorabr

Tanaman hias satu ini termasuk pada jenis tanaman yang langka dan mahal di Indonesia, karena aslinya berasal dari Amerika Tengah. Janda bolong menjadi tanaman hias daun untuk dekorasi kekinian yang memiliki banyak penggemarnya.

Tanaman janda bolong juga memliki beberapa manfaat yaitu untuk memperbaiki kualitas udara. Tanaman ini juga cocok diletakan di dalam rumah karena dapat menyerap zat yang beracun di udara.

3. Sirih gading

greeneryunlimeted.com

Sirih gading dapat menjadi alternatif pilihan tanaman hias selanjutnya, yang mudah ditemukan dan tidak membutuhkan perawatan yang sulit. Tanaman ini akan memberikan suasana segar karena warnanya hijau cerah.

Selain sebagai hiasan, tanaman sirih gading memiliki manfaat untuk memberikan efek tenang, sebagai pemasok oksigen dan dapat menyedot racun berbahaya yang terdapat di udara.

4. Suplir

thespruce.com

Meskipun tanaman hias ini sudah cukup lama populer di Indonesia, namun tanaman ini cukup mudah untuk ditemukan dirawat. Sehingga tidak heran jika suplir menjadi tanaman yang populer dan banyak ditemukan di rumah-rumah.

Tanaman hias suplir ini juga bagus untuk kesehatan, selain manfaatnya yang mampu memberikan kesejukan dan asri. Suplir cocok ditanam di dalam rumah karena mampu meningkatkan kualitas udara.

5. Gelombang cinta

rumah123.com

Inspirasi tanaman hias lainnya yaitu gelombang cinta, yang menjadi salah satu tanaman hias daun paling populer. Baik diletakkan di dalam maupun luar rumah, akan sangat indah mengisi pojok ruangan.

Tanaman hias ini memiliki harga yang relatif mahal dikarenakan keindahan dan keunikannya. Selain itu, tanaman ini cenderung memiliki penggemar dan pembeli yang berasal dari kalangan atas, karena harga tersebut.

6. Lili paris

unsplash.com/@agalberto

Lili paris juga cocok untuk diletakkan di pot gantung selain ditanam di taman, sehingga menambah nilai keindahan visualnya. Tanaman ini mampu beradaptasi di segala lingkungan sehingga mudah dirawat.

Lili paris juga memberikan manfaat berupa penghasil oksigen, menghilangkan racun dari cat dinding maupun perabotan di dalam rumah.

7. Pucuk merah

https://www.sikumis.com/

Tanaman hias ini memiliki bagian pucuk yang berwarna kemerahan, sesuai dengan namanya. Tumbuhan jenis ini biasanya tumbuh dengan rimbun sehingga sering menjadi pembatas halaman dan tanaman pagar.

Selain itu, tanaman pucuk merah juga memberikan beberapa manfaat di antaranya untuk menurunkan kadar gula darah, meningkatkan fungsi kekebalan tubuh dan melawan pertumbuhan kanker.

8. Kuping gajah

Dok. Parttimeninja78

Kuping gajah bisa menambah koleksi tanaman di rumah kamu, karena tanaman ini merupakan tumbuhan yang populer di Indonesia. Bentuknya yang melebar sehingga sering disebut sebagai bunga kuping gajah.

Terdapat beberapa manfaat yang diberikan dari tanaman kuping gajah, di antaranya adalah untuk mempercepat penuaan bisul, sebagai obat relaksasi, mengobati penyakit kulit, mencegah infeksi karena kuman dan bakteri, serta untuk menyembuhkan pembengkakan pada mulut dan tenggorokan.

9. Calathea

thecitywild.com

Tanaman hias calathea ini memiliki motif daun yang belang-belang sehingga mampu memberikan keindahan secara visual. Calathea memiliki komposisi warna dan pola yang berbeda-beda.

Selain memberikan keindahan dan kecantikan, calathea juga memberikan manfaat sebagai suplai udara bersih. Tanaman ini juga sangat cocok bila ditanam di kota-kota besar.

10. Daun dollar

https://bibitbunga.com/

Disebut daun dolar karena tumbuhan hias ini memiliki daun yang banyak dan berukuran cukup kecil. Daun yang dimiliki tebal dengan tampilan yang mengilap. Tanaman hias daun ini cocok digunakan sebagai dekorasi di dalam ruangan.

Tanaman hias yang mudah untuk dirawat ini memiliki beberapa manfaat bagi kesehatan, yaitu sebagai obat diare, anti bakteri, mengatasi wasir, melancarkan pencernaan dan mengatasi pegal.

11. Aglaonema

gardendesign.com

Tanaman hias aglaonema ini juga sering disebut tanaman sri rezeki di Indonesia. Masuk ke dalam suku talas-talasan, aglaonema tumbuh pada lingkungan tropis bahkan dengan intensitas penyinaran yang rendah dan kelembapan tinggi. 

Ada beberapa jenis aglaonema, mulai dari aglaonema moonlight, aglaonema lipstik, sampai aglaonema bidadari yang dibedakan berdasarkan warna daunnya. Tanaman ini akan cocok diletakkan di dalam rumah untuk mempercantik ruangan. 

12. Tanduk rusa

flickr.com

Paku tanduk rusa merupakan tumbuhan epifit yang bisa hidup di mana saja. Namun, habitat asli tanaman ini adalah hutan hujan tropis seperti di Indonesia. Bentuk daunnya yang unik dan eksotis membuat tanduk rusa digemari sebagai tanaman hias. 

Namun, umumnya tanaman di atas tumbuh pada cabang pohon besar dengan disinari matahari. Karena mudah dirawat dan bentuknya yang unik, tanaman ini sering dipakai untuk menghias dinding-dinding rumah maupun tempat menempel lainnya. 

13. Puring

wikimedia.org

Puring menjadi tanaman hias selanjutnya yang cocok kamu jadikan koleksi. Tanaman yang memiliki nama latin codiaeum variegatum ini cukup populer karena warna daunnya yang bervariasi. 

Bentuknya pun juga bermacam-macam, ada yang oval, memanjang, dan lain sebagainya. Biasanya, puring akan hidup di taman pada area terbuka seperti di halaman rumah. Tapi, puring juga bisa dipakai sebagai tanaman indoor untuk menghias ruangan. 

14. Hoya

stumpplants.com

Tanaman satu ini bukan hanya menarik karena daunnya, tapi juga bunganya yang indah. Hoya merupakan tanaman yang tumbuh merambat sehingga cocok untuk diletakkan pada pot yang menggantung atau pada dinding rumah. 

Hoya juga tidak memerlukan terlalu banyak sinar matahari. Justru, kamu perlu menjaganya supaya tetap lembap supaya tumbuh subur. Kamu hanya perlu menyirami tanaman ini jka sudah benar-benar kering. 

15. Alocasia

thespruce.com

Tanaman hias yang terakhir adalah alocasia. Tanaman ini juga termasuk dalam tanaman tropis yang sekerabat dengan aglaonema. Namun, bentuk alocasia menyerupai hati yang begitu estetik. 

Biasanya, tumbuhan ini ditanam di dalam pot karena karakteristiknya yang tidak terlalu tahan dengan udara yang dingin dan terlalu panas. Jenis alocasia pun cukup beragam dengan harga yang bervariasi juga. 

Dari beberapa referensi tanaman hias daun populer di atas, dapat diambil kesimpulan bahwa selain memberikan keindahan visual, ternyata tanaman hias juga memberikan berbagai manfaat baik untuk lingkungan maupun manusia. Salah satunya yaitu penghasil udara segar dan menangkap racun-racun berbahaya di udara.

IDN Media Channels

Latest from Inspiration