Tanaman hias yang akan percantik rumahmu kali ini datang dari tanaman Calathea. Beberapa orang mungkin kurang familiar dengan namanya, namun jika lihat wujudnya pasti akan langsung mengenalinya karena tak sulit ditemukan. Tanaman ini berasal dari Amerika Selatan dan memiliki banyak jenis dengan keunikannya masing-masing.

Calathea populer sebagai tanaman hias indoor dalam pot. Hal itu karena tanaman tropis ini tidak terlalu menyukai sinar matahari, jadi kamu dapat menatanya di ruangan dengan intensitas cahaya sedang hingga rendah. Bahkan calathea dipercaya merupakan tanaman yang dapat memberikan kebaikan bagi penghuni rumah. Karena, saat malam tiba, calathea akan menggulung daunnya seperti sedang berdoa. 

Popbela telah merangkum 7 jenis-jenis tanaman calathea dan cara menanamnya untuk kamu, simak di bawah ini, ya!

Jenis-jenis tanaman calathea

1. Calathea louisae

7 Jenis Tanaman Calathea Ini Akan Percantik Rumahmubol. com

Jenis tanaman calathea yang satu ini berasal dari Brazil dan mulai dibudidayakan di berbagai dunia. Calathea louisae dapat tumbuh dengan tinggi mencapai 80 cm, dengan daun memanjang hingga ukuran 22 cm dan lebar 10 cm. Hal yang membuatnya banyak disukai adalah warna daunnya yang hijau muda, dilengkapi dengan garis-garis hijau tua dari batang hingga ke ujung daun.

2. Calathea orbifolia

7 Jenis Tanaman Calathea Ini Akan Percantik Rumahmureddit.com

Calathea asal Bolivia ini semakin populer dan bernilai jual yang tinggi. Tak seperti tanaman calathea yang lain, calathea orbifolia tidak memiliki bagian bawah yang berwarna merah marun pada daunnya. Sebaliknya, tanaman ini bercirikan daun hijau mengilap yang bergaris-garis seperti permen. Satu anakan daun Calathea Orbifolia umumnya dijual dengan harga Rp500 ribu. Untuk dapat hidup dengan baik, tanaman ini membutuhkan tempat yang teduh, lembap, serta air yang banyak.

3. Calathea ornata

7 Jenis Tanaman Calathea Ini Akan Percantik Rumahmuthecitywild.com

Jenis calathea ini sangat mudah dirawat. Calathea Ornata dikenal memiliki motif unik yakni, daun hijau yang mengilap gelap, serta memiliki garis-garis merah muda yang terlihat seolah-olah dicat. Meski dapat tumbuh di dalam maupun luar ruangan, tetapi jika tanaman disimpan di dalam ruangan mereka tidak akan berbunga.

4. Calathea roseopicta

7 Jenis Tanaman Calathea Ini Akan Percantik Rumahmusolosucculents.com

Calathea Reseopicta memiliki bagian bawah daun berwarna merah marun, serta dikenal karena pola yang kaya pada pucuk daunnya. Ada beberapa versi dari calathea roseopicta. Tanaman ini juga memiliki daun yang lebar dan bermotif unik dengan warna hijau tua, hijau muda dan kuning. Ketika musim panas, akan mekar sebuah bunga berukuran kecil yang berwarna putih dan ungu pada tanaman ini.

5. Calathea lancifolia

7 Jenis Tanaman Calathea Ini Akan Percantik Rumahmuplantvine.com

Calathea lacifolia biasa hidup di area bercuaca dingin. Bentuk daunnya panjang dengan motif corak seperti ular, sehingga jenis tanaman ini sering disebut dengan calathea ular. Ukurannya dapat mencapai 60 hingga 75 cm. Tidak heran ia termasuk dalam tanaman hias yang berukuran besar.

6. Calathea warscewiczii

7 Jenis Tanaman Calathea Ini Akan Percantik Rumahmuflowy.be

Calathea warscewiczii adalah salah satu jenis tanaman hias yang tumbuh di Costa Rica dan Nicaragua. Tanaman ini dapat tumbuh hingga ukuran 1 meter dengan daun berwarna hijau, ungu, kuning, bahkan merah muda. Jenis ini juga dikenal dengan nama Calathea Jungle Velvet. Ciri khasnya adalah ditandai dengan pita hijau gelap di seluruh daun dan bagian bawah berwarna merah marun. Uniknya lagi, terasa seperti beludru ketika disentuh.

7. Calathea veitchiana

7 Jenis Tanaman Calathea Ini Akan Percantik Rumahmugardengoodsdirect.com

Calathea veitchiana adalah tanaman asli Ekuador yang dapat tumbuh di daerah lembap. Tanaman ini pertama kali ditemukan oleh seorang pecinta tanaman asal Inggris, Richard Pearce pada tahun 1862. Motif dari calathea veirchiana juga tak kalah cantik dari jenis lainnya dengan corak garis-garis yang mengikuti lekuk dau,n dipadukan bersama gradasi warna yang sangat cantik. Harga satu pot tanaman hias Calathea Medallion dibandrol hingga Rp2 juta-an.

Cara menanam calathea

7 Jenis Tanaman Calathea Ini Akan Percantik Rumahmupixabay.com/jesusleal

Meski berasal dari Amerika, tidak sulit kok untuk menanam calathea di Indonesia, karna pada dasarnya tanaman hias ini termasuk dalam tanaman tropis. Berikut langkah-langkahnya:

1. Proses penanaman

untuk menghasilkan calathea yang indah, ambillah bibit atau anakan dari tanaman calathea yang sehat. Gunakan media tanam berupa tanah yang telah dicampur dengan pupuk kandang, sekam bakar, dan serbuk kelapa yang tua, agar tanaman dapat tumbuh dengan subur. Masukan media tanam ke dalam pot, lalu tanam anakan calathea di pot tersebut.

2. Perawatan

Perawatan calathea cukup mudah, kamu hanya perlu menyiramnya setiap hari dengan air yang sedikit. Berikan pupuk dan ganti media tanam setiap 6 bulan sekali. Kamu juga dapat memberikan pupuk buatan yang mengandung nitrogen dan fosfor pada tanaman jika menginginkan daun yang terlihat lebih hijau dan indah.

Nah, itu dia 7 jenis-jenis tanaman calathea yang bisa percantik rumahmu, beserta dengan cara menanamnya.

Baca Juga: 10 Tanaman Hias Pembawa Keberuntungan di Tahun 2021 Menurut Feng Shui 

Baca Juga: Cocok untuk Hiasan, Ini Jenis Tanaman Bonsai dan Cara Merawatnya

Baca Juga: Perbanyak Tumbuhanmu dengan Metode Stek Tanaman, Caranya Gampang!