Butuh rekomendasi jenis tanaman hias untuk mempercantik rumahmu? Wah, bagaimana kalau coba menanam si eksotis Sirih Gading?

Untuk kamu yang masih asing dengan namanya, Sirih Gading adalah jenis tanaman daun hias merambat semi-epifit yang bisa ditanam di luar maupun dalam rumah. Tanaman dari marga Epipremnum ini terkenal dengan corak daunnya yang cantik dan memiliki banyak varian warna. Mulai dari kuning, hijau, silver, bahkan ada yang menyerupai warna bendera negara Brasil.

Penasaran? Simak 9 jenis tanaman Sirih Gading tercantik yang mudah kamu tanam di rumah berikut ini, yuk!

1. Sirih Gading Kuning

Kaya Manfaat, Ini 9 Rekomendasi Tanaman Sirih Gading Corak TercantikShopee.com/cahaya_bunga

Gading Kuning adalah spesies tumbuhan berbunga di keluarga Araceae. Tanaman ini tumbuh subur di daerah beriklim sedang, namun juga dapat tumbuh dengan baik di kawasan hutan tropis dan sub-tropis di seluruh dunia. Seperti Australia Utara, Asia Tenggara, termasuk di Indonesia. 

Seperti namanya, Sirih Gading Kuning memiliki warna kuning cerah yang cantik. Daunnya kecil, namun tumbuh cukup banyak dalam satu tangkai. Menyenangkannya, Sirih Gading Kuning ini mudah dirawat di rumah. Kamu cukup menggunakan medium pot kecil hingga sedang, untuk menanamnya dan menyiramnya dengan air secukupnya, untuk memastikan tanahnya lembap.

2. Sirih Gading Silver

Kaya Manfaat, Ini 9 Rekomendasi Tanaman Sirih Gading Corak TercantikDok. Internet

Berbeda dengan jenis Gading Sirih lainnya, jenis gading silver ini terbilang cukup langka atau sulit ditemukan. Karena itu, tak heran jika harga Gading Silver terbilang lebih mahal dibandingkan dengan jenis Sirih Gading yang lainnya. Sesuai namanya, ciri-ciri tanaman Gading Silver ini didominasi warna silver pada daunnya, serta corak hijau tua yang menyegarkan.

3. Sirih Gading Ungu

Kaya Manfaat, Ini 9 Rekomendasi Tanaman Sirih Gading Corak TercantikShopee.com/karitani

Setelah warna kuning dan silver, kini ada pula jenis Sirih Gading lainnya dengan warna yang tak kalah unik. Ya, Gading Ungu!

Seperti namanya, jenis tanaman ini memiliki daun bercorak ungu yang menjadikannya berbeda. Sayangnya, Sirih Dading Ungu hanya bisa tumbuh di wilayah lembap dan dingin seperti dataran tinggi. Karena itu juga, budidayanya biasa dilakukan di dataran tinggi dan hanya dijual ke beberapa daerah saja. Hal ini kemudian membuat Gading Ungu juga cukup sulit ditemukan di pasaran.

4. Sirih Gading Hijau

Kaya Manfaat, Ini 9 Rekomendasi Tanaman Sirih Gading Corak TercantikTokopedia.com/tanamanhias

Kuning, silver, ungu, dan sekarang hijau!

Si cantik Gading Hijau ini punya bentuk yang lebih kecil, dibandingkan jenis tanaman Sirih Gading lainnya. Meski begitu, jenis Gading Hijau adalah jenis Sirih Gading yang punya daun paling lebat.

Punya warna hijau tua polos, Gading Hijau cantik untuk kamu jadikan dekorasi di dalam rumah karena cocok di seluruh jenis warna ruangan. Sebagai contoh, kamu bisa meletakkan Gading Hijau ini di atas meja atau menggantungkannya. Dijamin akan menyegarkan suasana dalam ruanganmu!

5. Sirih Gading Marble Queen

Kaya Manfaat, Ini 9 Rekomendasi Tanaman Sirih Gading Corak TercantikShopee.com/katarsisplant

Berasal dari dataran tropis yang masih keluarga Araceae, Sirih Gading jenis Marble Queen memiliki daun berwarna hijau muda dengan corak putih. Pada usia yang matang, Marble Queen dapat tumbuh hingga tiga kaki, lho!

Jenis Sirih Gading yang satu ini juga suka sekali dengan cahaya matahari. Karena itu, ada baiknya menaruhnya di luar ruangan atau dekat dengan jendela dengan cahaya matahari yang mudah masuk. Marble Queen cukup mudah dijumpai di pasaran dengan warna dan bentuk yang cantik layaknya rajutan daun berwarna putih dan hijau.

6. Sirih Gading Philo Brazil

Kaya Manfaat, Ini 9 Rekomendasi Tanaman Sirih Gading Corak TercantikShopee.com/citraalamnursery

Jenis Sirih Gading satu ini memiliki corak yang cukup unik. Warna hijau yang dipadukan dengan warna kuning di bagian depan membuat daunnya mirip dengan bendera negara Brazil. Jenis tanaman Sirih Gading satu ini butuh air lebih banyak dari jenis lainnya. Sehingga, akan lebih baik jika kamu menanamnya di tempat yang teduh serta sedikit terkena cahaya matahari langsung.

7. Sirih Gading Jade Pothos

Kaya Manfaat, Ini 9 Rekomendasi Tanaman Sirih Gading Corak TercantikGreeneryunlimeted.com

Sirih Gading jenis ini adalah salah satu yang paling mudah perawatannya dibandingkan yang lain. Meskipun berasal dari dataran Polynesia, Jade Pothos juga dapat ditemukan di dataran tropis. Tanaman ini memiliki bentuk daun menyerupai hati dengan warna hijau gelap. Karenanya, Jade Pothos kerap dijadikan tanaman hias gantung dengan cara digantung di teras rumah karena bentuknya yang cantik. Untuk merawatnya, Jade Pothos harus ditempatkan pada cahaya matahari tidak langsung dengan intensitas sedang.

8. Sirih Gading Manjula Pothos

Kaya Manfaat, Ini 9 Rekomendasi Tanaman Sirih Gading Corak TercantikPinterest.com

Sirih Gading jenis ini punya penampilan menawan dengan gradasi warna hijau dan putih. Tanaman ini juga bermanfaat sebagai penyaring udara dalam ruangan. 

Sama seperti kebanyakan jenis Sirih Gading lain, Manjula cocok ditempatkan dalam ruangan dengan kebutuhan intensitas cahaya sedang hingga rendah. Manjula Pothos bisa tumbuh hanya dengan media tanam air, namun harus rutin mengganti airnya dan menempatkannya pada area dengan cahaya matahari yang cukup.

9. Sirih Gading Cebu Blue Pothos

Kaya Manfaat, Ini 9 Rekomendasi Tanaman Sirih Gading Corak TercantikPinterest.com

Cebu Blue Pothos merupakan jenis Sirih Gading yang bisa kamu tempatkan baik indoor maupun outdoor.  Memiliki warna daun atraktif dengan bentuk oval, Cebu Blue punya tingkat adaptasi yang baik. Di mana, kamu cukup menyiapkan lahan atau sudut rumah dengan cahaya matahari sedang. Kemudian, cukup tanam Cebu Blue Pothos ini dalam polybag dengan drainase tanah yang baik. Kamu juga cukup memberinya pupuk sekitar dua kali per bulan.

10. Sirih Gading Satin Pothos

Kaya Manfaat, Ini 9 Rekomendasi Tanaman Sirih Gading Corak TercantikPinterest.com

Tanaman yang berasal dari Asia bagian selatan ini memiliki bentuk menyerupai hati berwarna silver putih dengan kombinasi hijau. Sirih Gading Satin Pothos ini membutuhkan cahaya dengan tingkat sedang. Untuk menanamnya, kamu hanya perlu memberinya air ketika tanaman ini mulai kering. Sebab, Satin Pothos akan mati ketika diberi terlalu banyak air. Suhu yang baik untuk Satin Pothos adalah 15-24 derajat celcius. Jika tumbuh subur, tangkai Satin Pothos bisa mencapai panjang 3 meter!

Manfaat Tanaman Sirih Gading

Kaya Manfaat, Ini 9 Rekomendasi Tanaman Sirih Gading Corak TercantikPinterest.com

Selain berfungsi sebagai ornamen penghias taman atau rumah, Sirih Gading juga memiliki banyak manfaat. Tanaman ini memang tidak bisa dikonsumsi sebagai obat, tetapi keberadaannya bisa mengurangi beragam risiko kesehatan.

Berikut adalah manfaat-manfaat tanaman sirih gading bila disimpan di dalam atau luar rumah:

1.Menyerap racun dan polusi udara

2.Mengolah racun menjadi pasokan oksigen segar

3.Membantu mengatasi permasalahan pernapasan

4.Mengatur sirkulasi udara di dalam ruangan

5.Membantu menetralisir ruangan dari bau amis

6.Dapat membantu menghilangkan bau asap rokok

7.Menenangkan kondisi psikologis

Itu dia 9 rekomendasi jenis tanaman Sirih Gading beserta segudang manfaatnya untuk kamu. Semoga menginsipirasi!

Baca Juga: 8 Manfaat Tanaman Lidah Mertua Ini, Bakal Bikin Kamu Borong Beli

Baca Juga: Percantik Halamanmu, Ini 10 Jenis Tanaman Keladi dan Cara Merawatnya

Baca Juga: Ini 9 Jenis dan Harga Tanaman Puring dengan Corak Tercantik