Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

10 Kerja Sampingan untuk Pelajar Buat Tambah Uang Jajan

Bisa dikerjakan secara online

Nafi' Khoiriyah

Meski berstatus sebagai pelajar, tak ada salahnya untuk memulai mencari pekerjaan sampingan. Selain bisa sebagai tambahan uang jajan, kerja sampingan juga bisa sebagai jembatan untuk menuju karier ke depan. 

Kamu bisa mengerjakannya saat di luar jam belajar dan jam sekolah. Misalnya, pada malam hari atau saat sepulang sekolah.

Kalau kamu sedang mencari referensi, ini dia ide kerja sampingan untuk pelajar yang bisa kamu lakukan. 

1. Desain grafis

freepik.com/ArthurHidden

Pertama, jika kamu mempunyai keahlian di bidang desain grafis, mulailah untuk membuka jasa desain sekarang juga. Sebab, desain memerlukan banyak portofolio yang akan berguna untuk karier ke depan jika kamu ingin menekuninya.

Tidak harus membuka jasa yang berskala besar, kamu bisa memulainya dengan mendesain logo produk, buku tahunan sekolah, dan lain sebagainya. 

2. Penulis lepas

freepik.com/wayhomestudio

Kerja sampingan untuk pelajar sebagai penulis lepas juga memungkinkan untuk dilakukan. Kalau merasa menulis di surat kabar cukup sulit, maka kamu bisa memulainya dengan menulis di situs website maupun permintaan artikel untuk perorangan.

Ada beragam topik yang bisa kamu pilih saat akan memulai untuk membuka jasa penulis lepas, misalnya tentang hiburan, lifestyle, sains, maupun kesehatan. 

3. Jasa fotografi

freepik.com/freepik

Keahlian lainnya yang bisa kamu manfaatkan untuk mencari tambahan uang jajan adalah sinematografi. Seiring dengan perkembangan teknologi saat ini, banyak sekali orang yang menggunakan jasa ini untuk mengedit konten maupun yang lainnya.

Kamu bisa memanfaatkan peluang tersebut untuk mencari tambahan uang sekaligus meningkatkan skill videografi.

4. Reseller atau dropshipper

freepik.com/studioredcup

Merasa memiliki keahlian di bidang marketing dan penjualan? Maka kemungkinan pekerjaan sampingan satu ini akan cocok untukmu.

Dropshipper akan bertugas untuk memasarkan produk dan mengatur pengiriman barang langsung ke pelanggan. Sementara reseller akan menjual produk dari supplier dengan harga yang lebih tinggi. 

5. Content Creator

freepik.com/freepik

Dengan berkembangnya media sosial saat ini, banyak orang kemudian memanfaatkan peluang untuk menjadi content creator. Biasanya, mereka memanfaatkan media sosial TikTok, Instagram, hingga Youtube untuk mengunggah kontennya.

Kerja sampingan untuk pelajar ini jika ditekuni akan membuatmu memiliki penghasilan yang tidak sedikit karena berbagai bentuk kerja sama dengan brand maupun yang lainnya. 

6. Guru privat

freepik.com/freepik

Meski masih berstatus sebagai pelajar, tetapi kamu tetap bisa mengajar privat untuk anak-anak yang berada di jenjang SD atau SMP.

Pastinya, kamu juga perlu mempelajari mata pelajaran mereka dan melatih untuk bisa mengerjakan soal-soal dengan tepat. Bahkan, beberapa orang juga bersedia untuk diajar secara online sehingga tidak akan memakan banyak tenaga untukmu. 

7. Penerjemah

freepik.com/freepik

Kemampuan bahasa asing seperti bahasa Inggris akan sangat berguna sebagai pekerjaan sampingan. Selain untuk menerjemahkan para turis asing, kamu juga bisa membuka jasa penerjemahan jurnal, artikel, maupun tulisan yang lainnya.

Hanya saja, kamu perlu meningkatkan kemampuan bahasa Inggrismu agar banyak orang mempercayai jasa yang kamu tawarkan. 

8. Admin online shop

freepik.com/tirachardz

Melakukan kerja sampingan untuk pelajar di luar jam sekolah memang sedikit menyulitkan kalau harus datang ke tempat kerja. Maka dari itu, menjadi admin online shop akan lebih memungkinkan untuk dilakukan.

Kamu hanya memerlukan perangkat smartphone atau laptop untuk mengerjakannya. Namun, jangan lupa harus tetap fast respon, ya. 

9. Makeup artist

freepik.com/freepik

Hobi yang kamu miliki pun jika ditekuni sungguh-sungguh akan membuahkan hasil yang tidak sedikit. Misalnya, jika kamu memiliki hobi makeup, cobalah untuk menjadi makeup artist orang lain dari lingkup terdekat.

Kalau ada teman dekat yang wisuda misalnya, kamu bisa menawarkan jasa untuk merias mereka. Mulailah mematok harga dengan yang terjangkau dulu, lama-kelamaan harganya pun akan naik jika kualitas makeup-mu juga meningkat. 

10. Ojek online

freepik.com/mego-studio

Terakhir, kini banyak orang yang memanfaatkan transportasi ojek online untuk bepergian. Sebab, memakai transportasi pribadi akan cenderung membuat kemacetan dan memerlukan waktu lebih lama untuk perjalanan.

Nah, di sela-sela waktu belajar, kamu bisa memanfaatkannya untuk menjadi ojek online baik motor ataupun mobil. Cukup berbekal kemampuan mengemudi dan pemakaian smartphone, semuanya bisa kamu lakukan.

Kalau ditekuni, pekerjaan di atas bisa menghasilkan uang yang lumayan. Dari berbagai kerja sampingan untuk pelajar di atas, mana yang paling memungkinkan untuk kamu lakukan, Bela? 

IDN Media Channels

Latest from Inspiration