Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Cara Mengetahui Siapa yang Unfollow Instagram-mu

Siapa yang berhenti following kamu?

Dina Lathifa

Sebagai generasi pengguna media sosial, jumlah followers menjadi salah satu hal cukup diperhatikan. Berubahnya angka follower juga menunjukkan kalau kemungkinan temanmu atau orang yang kamu kenal berhenti mengikuti akun media sosialmu. Namun, siapa kiranya yang berhenti berteman denganmu di media sosial?

Instagram sendiri nggak memiliki fitur notifikasi akun yang berhenti mengikuti atau unfollow dirimu. Karena hal ini pula, terkadang kamu menyadarinya jika sedang memerhatikan angka followers. Namun sebenarnya, Bela bisa lho mengetahui orang yang unfollow kita di Instagram dengan beberapa cara, seperti di bawah ini.

1. Cara manual

Pixabay.com/Dariusz Sankowski

Kamu bisa mengetahui jika seseorang unfollow dirimu dengan cara manual, yaitu memeriksa jika temanmu masih mem-follow akun Instagram milikimu atau nggak.

2. Kunjungi akun temanmu

Instagram.com

Cara manual cek unfollow Instagram-mu ini dimulai dengan mengunjungi profil akun temanmu yang ingin kamu ketahui. Lalu pada laman akunnya, klik "following" untuk melihat daftar akun yang ia ikuti. Jika terdapat akun Instagram-mu, artinya ia masih menjadi followers-mu.

Seperti namanya, ini merupakan cara manual yang dapat menghabiskan waktu cukup lama. Sebab, kamu harus mengunjungi setiap akun temanmu dan memeriksa dapat following-nya.

Cara cek dengan aplikasi

Pixabay.com/USA-Reiseblogger

Alternatif lainnya, kamu dapat menggunakan aplikasi untuk memeriksa daftar akun yang berhenti berteman denganmu di Instagram. Namun mengutip dari Lifewire, nggak semua aplikasi yang tersedia dapat memberikan informasi daftar unfollow yang kamu butuhkan karena Instagram membatasi sistemnya untuk aplikasi ketiga. Akan tetapi, jangan khawatir. Ada beberapa aplikasi tertentu yang dapat membantumu melihat akun yang telah un-follow Instagram kamu. Berikut aplikasi yang dapat kamu gunakan dan cara menggunakannya

1. Follow Meter for Instagram

apps.apple.com

Follow Meter adalah aplikasi yang memberikan informasi mengenai popularitas akun Instagram milikmu, akun yang unfollow, pengagum rahasia, dan ghost followers. Selain itu, aplikasi ini juga akan menunjukkan akun-akun yang baru saja mem-follow dirimu, akun yang nggak mem-follow balik dirimu, dan akun yang nggak kamu follow back. Beberapa fitur premium akan dikenakan biaya tertentu. Namun, kamu tetap dapat melihat informasi berguna ini hanya dengan menggunakan versi gratis.

2. Followers Assistant

apps.apple.com

Selain membantu memeriksa orang-orang yang berhenti berteman denganmu di Instagram, Aplikasi Followers Assistant juga membantumu untuk unfollow banyak akun secara sekaligus. Aplikasi ini juga dapat memberikan informasi mengenai unggahanmu yang paling populer dan jenis konten yang menarik di mata followers-mu.

3. Unfollowers On Instagram

play.google.com

Sama seperti dua aplikasi lainnya, Unfollowers On Instagram memberikan informasi akun yang berhenti mem-follow Instagram-mu, akun yang nggak mem-follow balik dirimu juga sebaliknya. Selain itu, kamu pun dapat mengetahui akun yang mem-block dirimu. Namun, fitur ini termasuk ke dalam fitur premium sehingga dikenakan biaya tertentu.

4. Followers Tracker Pro

apps.apple.com

Aplikasi ini dapat memberikanmu informasi mengenai akun yang berhenti mem-follow-mu, akun yang nggak mem-follow-mu balik, dan like serta comment yang terhapus. Aplikasi Followers Tracker Pro ini juga dapat memberikan informasi mengenai jumlah rata-rata like dan comment yang kamu dapatkan dari setiap post.

5. Followers For Instagram

apps.apple.com

Mengutip dari Refinery29, aplikasi Followers for Instagram juga dapat membantumu mengetahui akun yang telah unfollow Instagram milikmu. Fitur yang ditawarkan mirip seperti aplikasi lainnya. Namun selain itu, kamu pun dapat melihat informasi menarik seputar akun media sosialmu sendiri, seperti post paling terkenal, akun yang selalu menyukai unggahanmu, serta melihat komentar yang telah dihapus.

6. Followers Pro

apps.apple.com

Sama seperti aplikasi sejenis lainnya, Followers Pro menawarkan fitur melacak akun yang telah unfollow Instagram-mu. Namun, aplikasi ini memiliki tampilan yang menarik serta mudah dibaca. Kamu pun akan mendapatkan notifikasi jika ada akun yang baru saja mem-block Instagram-mu serta memberikan informasi analisis media sosialmu.

Enam aplikasi ini dapat membantumu menemukan teman atau akun yang berhenti berteman denganmu di Instagram. Kamu dapat mengunduhnya baik di Google Play Store maupun iTunes App Store. Daftar aplikasi ini juga sangat berguna jika kamu merupakan seorang influencer dan ingin memantau jumlah followers dan engagement (like dan comment, popular post, dan sebagainya). 

Namun tentu, kamu pun dapat menggunakan aplikasi-aplikasi ini sekalipun bukan selebgram. Apa kamu sudah mencoba melacak siapa yang berhenti mem-follow Instagram-mu, Bela?

IDN Media Channels

Latest from Inspiration