WhatsApp menjadi salah satu aplikasi media sosial atau aplikasi chatting yang paling digandrungi. Aplikasi yang user friendly ini membuatnya terasa nyaman untuk dipakai. Saking nyamannya, banyak dari kita yang selalu menyimpan nomor semua orang dan masuk dalam banyak grup.

Tak disangka mungkin grup yang ada di dalam WhatsApp milikmu sudah belasan dan notifikasinya pun ratusan. Hal itu memungkinkan pula memengaruhi kinerja ponselmu, bahkan bisa ke mentalmu karena beberapa individu yang toxic.

Nah, bagi kamu yang ingin mengurangi grup di WhatsApp atau ingin keluar tapi takut ketahuan anggota grup lainnya, coba cara berikut ini. 

1. Hapus nama dan foto profil

3 Cara Keluar Dari Grup Whatsapp Tanpa Ketahuanpixabay.com/robertcheaib

Cara yang lebih ‘aman’ untuk keluar dari grup WhatsApp tanpa ketahuan adalah dengan menghapus nama dan foto profilmu. Meski cara ini tidak menutup risiko untuk ketahuan, apalagi jika sudah banyak anggota yang menyimpan nomormu, tapi setidaknya notifikasi yang diterima anggota lain tidak menyertakan nama.

2. Palsukan nomor

3 Cara Keluar Dari Grup Whatsapp Tanpa Ketahuanunsplash.com/DimitriKalastelev

Cara ini cukup rumit, karena kamu memerlukan dua nomor telepon dan ada beberapa tahapan yang harus dilakukan. Caranya, yaitu siapkan nomor baru sementara. Kemudian masuk ke menu pengaturan di WhatsApp (tiga titik di atas). Kemudian klik Akun atau Account, lalu pilih menu ubah nomor. Setelah itu, masukkan nomor baru cadangan itu.

Setelah langkah tersebut selesai, segera tinggalkan grup yang ingin kamu tinggalkan. Berikutnya pada menu pengaturan telepon, pilih aplikasi WhatsApp, lalu hapus data dan cache. Maka akun WA akan hilang tetapi nama kamu masih akan ada di daftar anggota grup. Terakhir, buka kembali aplikasi WhatsApp, lanjut mendaftar ulang dengan nomor lama.

3. Ganti nomor

3 Cara Keluar Dari Grup Whatsapp Tanpa Ketahuanpexels.com/Anton

Cara selanjutnya untuk keluar dari grup tanpa ketahuan adalah dengan mengganti nomormu. Cara ini mudah namun tidak cocok untuk kamu yang masih ingin memakai nomor lama atau tak bisa sembarang mengganti nomor telepon.

Itulah cara keluar dari grup WhatsApp tanpa diketahui oleh anggota grup. Setiap cara memiliki konsekuensi sendiri, kalau kamu coba pakai cara mana, nih, Bela?

Baca Juga: 7 Keunggulan Telegram Dibanding WhatsApp, Pertimbangkan

Baca Juga: Kepo, ya? Ini Cara Mudah Lihat Pesan WhatsApp yang Dihapus 

Baca Juga: 9 Tanda Akun WhatsApp Kamu Sedang Diretas, Begini Cara Mengatasinya