Siapa yang suka nonton film, pasti kamu salah satunya kan? Tapi tahu nggak sih sampai sebuah film itu bisa kamu tonton di bioskop dan layar kaca terdapat sederet orang-orang hebat yang ada di belakang layar seperti 7 profesi ini. 

Ingin tahu apa saja? Ini jawabannya Bela.

1. Sutradara

Ingin Kerja di Dunia Perfilman? 8 Profesi Ini Bisa Jadi Pilihanunsplash.com/lan deng

Sosok penting dalam produksi film adalah sutradara. Sutradara bertanggungjawab mewujudkan visualisasi cerita dan terlibat dalam setiap proses produksi yang berlangsung sampai pasca produksi. Selain itu juga bertugas melatih para aktor dan aktris untuk mendalami perannya, menjalani proses syuting dan mendampingi  editor merangkai film sampai selesai.

So, bagi kamu yang ingin menjadi sutradara syaratnya memiliki jiwa kepemimpinan, mempunyai ide kreatif, mengetahui teknik drama dan mampu bekerjasama bersama seluruh tim produksi. Kamu dapat memulainya dari yang terkecil seperti membuat film indie dan dokumenter.

Mereka yang dikenal sebagai Sutradara: Hanung Bramantyo, Joko Anwar, Riri Riza, Mira Lesmana, Christoper Nolan, Steven Spielberg, Guillermo Del Toro.

2. Penulis Naskah

Ingin Kerja di Dunia Perfilman? 8 Profesi Ini Bisa Jadi Pilihanunsplash,.com/Joel Muniz

Posisinya sangat penting karena itu penulis skenario selalu dilibatkan sejak awal proses pengembangan ide cerita yang didiskusikan bersama produser dan sutradara. Kisah yang dituliskan bisa berupa ide baru atau mengadaptasi karya yang sudah ada sebelumnya seperti novel atau drama. 

Kalau ingin menjadi penulis skenario, kamu harus kreatif, penuh imajinasi, senang membaca dan bisa membayangkan bagaimana ceritamu divisualisasikan ke film.

Mereka yang dikenal sebagai Penulis Skenario: Salman Aristo, Ginatri S Noer, Titien Wattimena, Jujur Prananto

3. Casting Director

Ingin Kerja di Dunia Perfilman? 8 Profesi Ini Bisa Jadi Pilihanunsplash.com/Jakob Owens

Casting Director bertugas mencari aktor dan aktris yang cocok untuk karakter di sebuah film melalui proses casting dan audisi. Kalau tertarik menjadi Casting Director, kamu harus mempunyai pengetahuan tentang akting, supel dalam pergaulan, mempunyai link agency-agency dan memiliki mata jeli untuk menangkap bakat-bakat baru yang potensial.

Mereka yang dikenal sebagai Casting Director:  Nanda Giri, Fiona Weir (Harry Potter Deathly  Hallows), John Papsidera (The Dark Knight)

4. Art Director

Ingin Kerja di Dunia Perfilman? 8 Profesi Ini Bisa Jadi Pilihanunsplash.com/Jakob Owens

Siapa yang berperan paling besar untuk melihat gambar indah di layar? Ini merupakan hasil kerja seorang Art Director. Sutradara seni ini bertanggungjawab untuk pemilihan set, lokasi syuting, serta mengelola tim pembuat konsep yang bertugas untuk mendesign, mengatur dekorasi, membuat master properti dan bekerjasama dengan manajer konstruksi untuk membangun sesuai dengan visi yang diharapkan. 

Pekerjaan ini membutuhkan keterampilan khusus karena harus memiliki kemampuan artistik, kemampuan visual yang baik dan penguasaan teknologi untuk menangkap gambar yang indah.

Mereka yang dikenal sebagai Art Director: Chris Farmer (Men of Steel), Mike Stallion (Thor)

5. Make Up Artist, Character dan Special Effect

Ingin Kerja di Dunia Perfilman? 8 Profesi Ini Bisa Jadi Pilihanunsplash.com/Chris Murray

Mereka tak sekedar bertugas untuk mempercantik aktor dan aktrisnya saja, tetapi ia menyesuaikan kebutuhan make-up dengan tuntutan skenario dan arahan sutradara. Contohnya untuk film horor dan action yang memerlukan tata make up karakter dan spesial efek yang spesial. Profesi ini dituntut untuk memiliki skill tata rias, mengetahui kontur wajah dan mampu menggambar.

Mereka yang dikenal sebagai Make Up Artist dan Special Effect : Chris Corbould (Star Wars The Last Jedi), Howard Berger (The Chronicle of Narnia)

7. Editor

Ingin Kerja di Dunia Perfilman? 8 Profesi Ini Bisa Jadi Pilihanunsplash.com/Eric Deeran

Editor merupakan pekerjaan yang paling penting dalam proses pasca produksi sebuah film supaya bisa di tonton oleh khalayak ramai. Seorang editor bertugas mengedit audio dan gambar menjadi satu rangkaian film. Tak jarang seorang sutradara harus rela scene-scene dalam film dipangkas oleh editor untuk menjadi film berkualitas berdurasi 90 menit.

Kalau ingin menjadi Editor kamu harus memiliki pengetahuan tentang produksi film, kemampuan mengoperasikan alat editing sesuai perkembangan teknologi, bisa bekerjasama dengan berbagai pihak dan harus siap bekerja tanpa batas.

Mereka yang dikenal sebagai Editor: Cesa David Luckmansyah, Aline Jusria, ABestari Kumala Dewi.

Bagaimana apakah kamu tertarik Bela?

Baca Juga: Selain Cinta Laura, 5 Seleb Indonesia Ini Juga Go Internasional di Dunia Perfilman