Modernisasi yang bergerak semakin cepat, tanpa disadari membuat kondisi orang semakin lalai terhadap kesehatan mereka. Ada beragam faktor-faktor yang ada, mulai dari meningkatnya beragam penyakit, gaya hidup tidak sehat, kerja berlebihan, hinga mengomsumsi produk-produk makanan serba instan. Kondisi ini menyebabkan kebutuhan profesional medis yang baik terus meningkat. 

Maka ada beragam aspek-aspek praktis yang dapat menjadikan bidang medis ini sangat potensial sebagai pilihan karier. Ini 7 alasan yang penting mengapa profesi ini sangatlah istimewa.

1. Membantu masyarakat untuk peduli dengan kesehatan dan membantunya tetap dalam kondisi sehat

Ini 7 Alasan Profesi Tim Medis Patut Jadi Pilihan BerkarierPexels.com / Andrea Piacquadio

Karier ini sangat cocok untukmu yang ingin berperan membantu masyarakat, karena menjadi dokter dan tim medis tidak hanya melayani, tetapi memberikanmu rasa hormat dan kebanggaan. Kepuasan untuk membantu masyarakat supaya tetap dalam kondisi sehat, merupakan priviledge yang tak tertandingi ketika memilih kedokteran dan bidang medis sebagai profesi.

2. Bertanggung jawab meningkatkan kehidupan masyarakat

Ini 7 Alasan Profesi Tim Medis Patut Jadi Pilihan BerkarierPexels.com / Gustavo Frings

Profesi ini akan memberikanmu tanggung jawab besar yaitu meningkatkan kehidupan masyarakat. Karena hanya seorang dokter dan tim medis yang benar-benar memahami betapa bahagianya ketika ia berhasil menyelamatkan nyawa seorang pasien yang berada dalam cengkeraman penyakit yang mengancam jiwa. Mereka bahkan rela mengorbankan waktunya demi bertugas. 

3. Profesi yang membuat seseorang terus belajar

Ini 7 Alasan Profesi Tim Medis Patut Jadi Pilihan BerkarierPexels.com / Chokniti Khongchum

Kedokteran dan medis merupakan adalah bidang yang sangat luas cakupannya dan menempatkan seseorang untuk tak pernah berhenti untuk mempelajari ilmu-ilmunya yang terus berkembang. Khususnya bagi yang ingin menjadi dokter, saat meraih gelar S1 itu hanyalah awal. Saat itu kamu belum diizinkan praktik sebelum mengikuti satu tahun magang yang memperkenalkan dunia kerja sesungguhnya. Mulai dari puskesmas, klinik kesehatan, klinik dan rumah sakit. Selanjutnya, kamu bisa melanjutkan profesi sebagai dokter umum, tetapi untuk meraih gelar dokter spesialis kamu harus memperdalam ilmumu di tingkat pendidikan selanjutnya seperti  pembedahan, obgyn, dermatologi, anestesi, paru, jantung, penyakit dalam dan lainnya sesuai dengan minatmu.

4. Posisi yang stabil

Ini 7 Alasan Profesi Tim Medis Patut Jadi Pilihan BerkarierUnsplash.com / Timur Romanov

Profesi ini memiliki stabilitas dibandingkan  karier lainnya karena memerlukan keterampilan khusus yang tidak bisa dipelajari secara otodidak. Biasanya profesi ini relatif aman dari terpaan ekonomi karena kamu bisa bekerja di rumah sakit, klinik kesehatan dan khususnya dokter yang dapat membuka praktek sendiri.

5. Peka dengan perkembangan teknologi.

Ini 7 Alasan Profesi Tim Medis Patut Jadi Pilihan BerkarierUnsplash.com / wdongxv

Berada di bidang ini, kamu cenderung update dengan perkembangan dan pembaharuan teknologi misalnya akan selalu ada peralatan-peralatan inovatif kesehatan yang hadir seiiring perkembangan zaman. 

6. Melatih keterampilan untuk pengambilan keputusan

Ini 7 Alasan Profesi Tim Medis Patut Jadi Pilihan BerkarierUnsplash.com / H Shaw

Bidang ini sangat cocok untuk orang-orang yang suka menantang diri mereka sendiri setiap hari. Seseorang perlu memiliki keterampilan pengambilan keputusan yang kuat dan cepat bertindak untuk membentuk karir di bidang kedokteran. Berpikir dan menggunakan pengetahuan dengan benar merupakan bagian penting dari pekerjaan sebagai praktisi medis.

7. Tak hanya terbatas sebagai dokter tetapi menjadi praktisi di bidang kesehatan

Ini 7 Alasan Profesi Tim Medis Patut Jadi Pilihan BerkarierUnsplash.com / ThisisEngineering RAEng

Selain mengejar karier sebagai dokter yang dapat menjalankan praktik, seseorang juga bisa mencari karier di bidang lainnya yang tetap menggunakan ilmu kedokteran yang ia miliki, seperti menjadi dosen pengajar, ilmuwan dan peneliti medis. 

Saatnya mengejar cita-citamu, Bela!

Baca Juga: 5 Artis Ini Pilih Dokter sebagai Pasangan Hidupnya

Baca Juga: Sedih Banget, 9 Ilustrasi Pekerja Medis ini Bikin Hati Meleleh

Baca Juga: Ketahui Profesi yang Cocok untuk Si Sensitif