Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Rela Resign dari Perusahaan Besar, 6 Artis Korea ini Makin Sukses

Heo Sung Tae 'Squid Game' sebelumnya pernah bekerja di LG

Cynthia Claudia

Jarang ada yang tahu bahwa sederetan artis Korea ini ternyata memulai kariernya sebagai karyawan di perusahaan ternama, sebelum menggeluti dunia hiburan. Meskipun kariernya nampaknya sudah gemilang, namun mereka memutuskan untuk banting setir menerjuni dunia hiburan.

Siapa sangka, keputusan banting setir ke dunia hiburan yang melibatkan pengorbanan besar ini mampu membawa kesuksesan di masa mendatang, sehingga kini namanya dikenal sebagai artis populer di Korea Selatan. Seperti sederetan artis ini yang ternyata memiliki bakat akting terpendam. Siapa saja mereka?

1. Heo Sung Tae dari Squid Game (2021) - LG Electronics

Allkpop.com

Sebelum terjun di dunia hiburan, pemeran Jang Deok Su dalam Squid Game ini pernah bekerja di LG Electronics sebagai tim penjualan di bagian ekspor. Ia menangani ekspor televisi LED ke pasar Rusia. Selama bekerja di bagian penjualan, aktor yang berlatar belakang jurusan Bahasa dan Sastra Rusia di Universitas Busan tersebut pernah dijuluki sebagai 'raja penjualan' karena kemampuannya.

Melansir dari allkpop, usai bekerja di LG Electronics, Heo Sung Tae pindah bekerja di salah satu dari tiga produsen kapal terbesar di Korea Selatan, Daewoo Shipbuilding & Marine Engineering di Geoje Island, Gyeongsangnam-do. Tanggung jawabnya berupa menangani departemen perencanaan dan koordinasi.

Tak lama kemudian ketika usianya menginjak 35 tahun, ia akhirnya diberi kesempatan debut di variety show garapan SBS berjudul Miracle Audition. Perjalanannya di dunia hiburan hingga sekarang pun membawanya didapuk sebagai aktor terpopuler.

2. Jin Ki Joo dari Come and Hug Me (2018) - Samsung SDS

dramamilk.com

Setelah lulus kuliah pada tahun 2011, Jin Ki Joo bekerja sebagai Konsultan IT di Samsung SDS, anak perusahaan dari Samsung Group. Namun, Jin Ki Joo hanya bekerja selama 3 tahun lalu mengundurkan diri.

Setelah mengundurkan diri, pemeran Come and Hug Me tersebut memutuskan menjadi reporter dengan G1 Broadcasting (afiliasi SBS), yang hanya berlangsung dalam waktu singkat. Pada tahun 2014, ia mengikuti 23rd Supermodel Contest, dan bakatnya pun diakui para penyelenggara kompetisi. 

Kompetisi tersebut yang akhirnya menjembatani Jin Ki Joo untuk terjun di dunia hiburan. Salah satu agensi akhirnya mendebutkan Jin Ki Joo secara resmi sebagai seorang aktris pada tahun 2015.

3. Komedian Jung Hyung Don - Samsung Electronics

soompi.com

Meskipun sekarang dikenal sebagai komedian, Jung Hyung Don dulu pernah bekerja di Samsung Electronics sebelum mengejar mimpinya di dunia hiburan. Sebuah sumber menyatakan bahwa komedian tersebut bekerja sebagai insinyur untuk Samsung, yang membuat para penggemarnya terkesima.

Kisahnya ini dibagikan di sebuah episode dari Healing Camp garapan SBS. Ia menyatakan bahwa dirinya merasa lega setelah menyerahkan surat pengunduran diri. Kelegaan tersebut menurut pendapatnya, merupakan pertanda baik yang menunjukkan kecerahan kariernya di masa depan, karena ia resmi debut sebagai komedian melalui acara garapan SBS pada tahun 2002. 

4. Pyo Ye Jin dari Taxi Driver (2021) - Korean Air

Pan Stars Company

Pyo Ye Jin pernah bekerja sebagai pramugari dengan Korean Air, sebelum sukses menjadi seroang aktris. Setelah lulus kuliah pada tahun 2011, ia mengikuti ujian pramugari yang sangat kompetitif dan berhasil mendapatkan sertifikasi pramugari pada usianya yang masih muda, yaitu 18 tahun.

Parasnya yang menawan membuat dirinya bersinar, sehingga dijuluki sebagai 'pramugari ulzzang' (sebuah julukan bagi seseorang yang memiliki paras menawan).

Meskipun sukses sebagai pramugari, pemeran Taxi Driver tersebut tak rela meninggalkan mimpi terpendamnya sebagai seorang aktris. Pyo Ye Jin lalu berhenti bekerja sebagai pramugari dan memulai debutnya melalui Here Comes Mr. Oh. Popularitasnya yang makin melambung pun membawanya melakoni berbagai drama Korea populer seperti Fight for My Way, VIP, Taxi Driver, dan masih banyak lagi.

5. Bae Yoon Kyung dari The Kings Affection (2021) - E Land

Lucky Entertainment

Aktris Bae Yoon Kyung memulai debutnya di salah satu reality show berjudul Heart Signal. Ia dikenal karena parasnya yang cantik di sederetan acara televisi. Namun, sebelum terjun di dunia hiburan sebagai seorang artis, Bae Yoon Kyung pernah bekerja di sebuah perusahaan besar bernama E Land, perusahaan fashion dan ritel Korea terbesar yang telah beroperasi di berbagai negara.

Mimpinya menerjuni dunia hiburan pernah ditentang orangtuanya, sehingga ia terpaksa mengubur mimpinya dan melanjutkan pendidikannya ke perguruan tinggi. Usai lulus kuliah, ia diberi kesempatan magang di E Land, hingga akhirnya diangkat menjadi karyawan tetap sebagai desainer sepatu untuk perusahaan tersebut. Selama menjadi desainer sepatu, tak disangka ia diberi kesempatan untuk debut di musim pertama Heart Signal. 

6. Ji Jin Hee dari Undercover (2021)- Cheil Worldwide

Instagram.com/ikkle_entertainment

Sebelum menggeluti dunia hiburan sebagai salah satu aktor populer, Ji Jin Hee bekerja di salah satu perusahaan pemasaran terbesar di Korea Selatan, Cheil Worldwide. Dia bekerja sebagai desainer grafis, dan kerap meragukan pilihan kariernya. 

Tidak lama kemudian, ia mulai beralih ke dunia fotografi, di mana ia bekerja sebagai asisten di sebuah studio fotografi. Namun, takdir ternyata menjemputnya ke dunia akting. Bakat aktingnya diakui ketika ia dipilih menggantikan aktor Jepang-Taiwan bernama Takeshi Kaneshiro. 

Sosok peran pengganti ini pun menarik perhatian agensi SidusHQ-salah satu agensi manajemen akting terbesar di Korea Selatan-yang akhirnya memutuskan untuk mengangkat Ji Jin Hee sebagai aktor di bawah naungan mereka. 

Itulah 6 artis Korea yang makin sukses usai mengundurkan diri dari perusahaan besar, salah satunya, Heo Sung Tae pemeran Squid Game. Sederetan artis di atas rela mengorbankan segalanya demi mengejar mimpinya di dunia hiburan. Apakah kamu sendiri juga siap mengejar mimpimu, Bela?

IDN Media Channels

Latest from Working Life