Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Mengenal ILLIT, Girl Group HYBE Labels yang Diduga Plagiat NewJeans

Girl group BE:LIFT yang sukses mencapai perfect all kill

Ajenk Rama

Nama ILLIT, girl group K-pop besutan HYBE Labels kembali mencuat di tengah kisruh panas HYBE Labels dengan Min Hee-jin saat ini. Girl grup yang digawangi oleh Yunha Cs disebut Min Hee-jin menjiplak NewJeans, anak didiknya di ADOR. 

ILLIT adalah girl group ketiga yang didebutkan HYBE Labels setelah LE SSERAFIM dan NewJeans. Kelima anggota ILLIT berada di bendera BE:LIFT Lab. Meski pendatang baru, mereka telah menorehkan banyak prestasi di mini album perdana. 

Sebenarnya, apa yang membuat ILLIT disandingkan dengan NewJeans? Yuk, sama-sama kenalan dengan ILLIT, girl group BE:LIFT Lab, anak agensi HYBE Labels yang menjadi topik hangat kini di bawah ini. 

ILLIT terbentuk dari ajang pencarian bakat

Sudah bukan hal baru jika ajang pencarian bakat menjadi salah satu cara untuk bertemu talenta terbaik dan mendebutkannya sebagai grup, termasuk ILLIT. Girl group ini terbentuk dari ajang pencarian bakat berjudul R U NEXT?

Acara tersebut tayang di JTBC sejak 30 Juni 2023. Sebanyak 22 peserta berpartisipasi dan mengikuti tahap seleksi untuk bisa menempati 6 posisi debut. R U NEXT? berakhir pada 1 September 2023 dan resmi memperoleh enam peserta berbakat untuk debut. 

Awalnya, ILLIT memang beranggotakan enam orang, yaitu Yunah, Minju, Moka, Wonhee, Youngseo, dan Iroha. Namun, Youngseo, salah satu anggota meninggalkan grup 2 bulan sebelum debut. ILLIT pun melanjutkan aktivitasnya dengan lima anggota hingga saat ini. 

ILLIT debut dengan mini album Super Real Me

Melansir Soompi, ILLIT debut dengan mini album bertajuk Super Real Me dengan title track berjudul "Magnetic" pada 25 Maret 2024. Mini album ini terdiri dari empat lagu, yaitu "My World", "Midnight Fiction", "Lucky Girl Syndrome", dan "Magnetic."

Lagu "Magnetic" bergenre pop-elektrik yang menyenangkan dan meraih trofi pertama di The Show. Dari keempat lagu yang dirilis, ILLIT memilih "Magnetic" sebagai track utama, karena lagu tersebut punya melodi yang unik. 

ILLIT pernah mengalami pergantian nama grup

Allkpop.com

Tahukah kamu bahwa ILLIT pernah mengalami perubahan nama grup? Sebelumnya, grup ini sempat diperkenalkan dengan nama I'll-It. Namun, pelafalannya yang sulit membuat nama grup disederhanakan menjadi ILLIT. 

Nama ILLIT terdiri dari dua kosa kata, yaitu I'll dan It. Dua kata yang berasal dari bahasa Inggris dan bermakna penuh semangat. Dengan filosofi yang kuat dan bakat memukau, ILLIT diharapkan bisa menuai prestasi membanggakan di dunia hiburan Korea Selatan. 

Saat mendengar nama itu, para anggota ILLIT suka dan merasa cocok. Mereka merasa ILLIT mendeskripsikan semangat, identitas, dan vibes yang unik dari para anggota.

Lagu ILLIT sukses di pasaran musik dunia

Twitter.com/soompi

Debut dengan mini album yang terdiri dari empat lagu. Hampir semua lagu ILLIT sangat enak untuk didengarkan. Semua lagu ini diproduseri oleh Bang Si-hyuk yang mengusung tema musik hybrid-dance. 

Girl group yang masih seumur jagung ini mencatat prestasi, yaitu lagu dan mini albumnya masuk di tangga lagu dunia, Billboard hanya dalam waktu delapan hari dari tanggal resmi debut. 

Lagu "Magnetic" sukses bertengger di posisi ke-63 di Billboard Global 200. Tak hanya itu, keempat lagu dari girl group naungan BE:LIFT Lab juga masuk di Spotify's Global Charts.

Lagu debut mereka juga mencapai PAK (Perfect All-Kill). Dalam sistem chart musik Korea, PAK adalah kasta tertinggi. Sebuah lagu diberikan sertifikasi PAK jika mereka berhasil menduduki posisi puncak di real time, harian, hingga mingguan. 

Dinilai punya konsep dan tema musik serupa

Koreajoongangdaily.joins.com

Semua mata tertuju saat ILLIT debut di industri musik Korea Selatan. Sebab, girl group ini dinilai mempunyai kesamaan dengan girl group pendahulu di ADOR, NewJeans. Keduanya memang debut melalui anak perusahaan HYBE Labels. 

Dari segi lagu debut, keduanya memiliki tema serupa tentang seorang gadis yang sedang jatuh cinta. Lagu di koreografi lagu "My World", banyak warganet melihat bahwa koreografi mereka serupa dengan lagu "Attention" milik NewJeans. 

Bahkan, foto konsep ILLIT juga mempunyai vibes sama dengan debut NewJeans. Konsep kuno seolah telah melekat di diri NewJeans. Semula, kemiripan ini hanya dianggap oleh warganet sebagai strategi pemasaran perusahaan, karena berada di bendera yang sama. 

Sejak kisruh panas Min Hee-jin vs HYBE Labels, isu plagiarisme terhadap NewJeans mulai dipertanyakan.

Itulah sekilas ILLIT, sosok girl group yang diduga plagiat NewJeans. Bagaimana menurut pendapatmu, Bela? 

IDN Media Channels

Latest from Working Life