Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Cerita dari Barisan Depan Saranghaeyo Indonesia 2024

Penonton kompak bersenang-senang

Zikra Mulia Irawati

What a night at Saranghaeyo Indonesia 2024! Setelah pemanasan dengan playlist Barisan Depan dari Spotify, Sabtu (4/5), saya benar-benar bersenang-senang di barisan depan konser bersama para penggemar Xiumin, xikers, Chen, Young K, Boy Story, dan DAY6. Festival musik yang diadakan di Beach City International Stadium, Ancol ini menjadi memori berkesan untuk mengawali bulan Mei.

Keenam penampil tersebut menggebrak panggung Saranghaeyo Indonesia 2024 dengan aksi panggung memukau. Selain itu, mereka pun effort banget menunjukkan apa yang sudah mereka ketahui tentang Indonesia, mulai dari bahasa hingga tren TikTok challenge yang tengah populer. Berikut cerita lengkapnya.

Xiumin awali konser dengan enerjik

Popbela.com/Zikra Mulia Irawati

EXO-L dibuat terkejut karena Xiumin rupanya jadi penampil pembuka Saranghaeyo Indonesia 2024. Ia menyanyikan "Brand New" sembari menari dengan enerjik. Para penggemar tampaknya sudah rindu berat dengan artis bernama asli Kim Min Seok ini. Dirinya pun merasakan hal yang sama.

Meski terang-terangan mengaku kegerahan dengan suhu udara Jakarta, member EXO ini tetap totalitas melanjutkan penampilannya dengan membawakan lagu-lagunya sebagai solois, seperti "Serenity", "Love Letter", "Daisy", "Feedback", dan "Beyond". Xiumin yang terkenal dengan keimutannya, tak ketinggalan membuat EXO-L gemas dengan aegyo-nya.

"Aku kangen banget sama EXO-L. Terima kasih sudah datang ke sini dan menyambutku dengan baik. Aku ingin membekukan ingatan bersama EXO-L ini dan menyimpannya baik-baik," ujar Xiumin sebelum pamit dari panggung.

xikers gaet banyak penggemar baru

Popbela.com/Zikra Mulia Irawati

Jadi lineup festival memang cara terampuh untuk menggaet penggemar baru. Hal ini juga berlaku untuk xikers. Dalam waktu singkat, grup asuhan KQ Entertainment yang baru resmi debut pada 30 Maret 2023 lalu ini mampu membuat penonton berkasak-kusuk menanyakan siapa nama masing-masing membernya.

Harus diakui, tampang rupawan para member xikers memang sukses memikat hati. Akan tetapi, aksi panggung Minjae, Junmin, Sumin, Jinsik, Hyunwoo, Hunter, Junghoon, Seeun, Yujun, dan Yechan ini tak bisa diremehkan begitu saja. Mereka menarikan koreografi intens "We Don't Stop". "Tricky House", "Rockstar", "Homeboy", "Run", dan "Red Sun" dengan kompak.

Poin menarik lain dari penampilan xikers adalah kemampuan fanservice mereka yang juara. Saat bergerak untuk tampil di extended stage, penonton di section Pink otomatis hanya dapat menyaksikan punggung mereka. Namun, grup ini seolah tak kehabisan ide untuk memikat penonton. Mereka sempat-sempatnya melakukan gestur-gestur kecil seperti melambai dan berusaha berkontak mata dengan penonton saat menghadap ke belakang. Nggak heran kalau banyak yang klepek-klepek!

Chen pamer aksi gemas & suara emas

Popbela.com/Zikra Mulia Irawati

Gelar salah satu vokalis K-pop terbaik bukan sembarangan diberikan untuk Chen. Member EXO ini memang punya jenis suara kuat dan jernih yang membuat pendengarnya eargasm. Ditambah lagi, ia punya diskografi yang dengan cepat menjadi hits.

Penyanyi bernama asli Kim Jongdae ini menepati janjinya tahun lalu kepada EXO-L Indonesia untuk segera kembali. Dalam penampilannya di Saranghaeyo Indonesia 2024, ia membawakan "Last Scene", "Beautiful Goodbye", "Shall we", "Hold You Tight", serta dua OST populernya yaitu "Everytime" dan "Best Luck". Panggung kali ini pun menciptakan kenangan baru: Chen bernyanyi secara langsung diiringi tepuk tangan penonton.

Mengetahui Xiumin tampil lebih dulu dan dipuji imut oleh penggemar, Chen tak mau kalah. "Aku dengar Xiumin tadi pamer aegyo. Emang dia imut banget, ya?" tanyanya. Karena penggemar kompak setuju, ia tak mau kalah dan ikut melakukan aegyo. Kiyowo banget!

Young K antusias mengabsen makanan Indonesia

Popbela.com/Zikra Mulia Irawati

Oktober tahun lalu, Young K DAY6 menggelar konser solo bertajuk Letters with Notes di Jakarta. Kunjungannya kala itu meninggalkan kesan kuat karena ia menyicipi nikmatnya sop buntut. Ia sampai dijuluki Duta Sop Buntut karena kerap merekomendasikannya di radio nasional Korea KBS DAY6's Kiss The Radio.

Aksi panggungnya di Saranghaeyo Indonesia 2024 menyanyikan lagu-lagu solo seperti "natural", "Playground", dan "Let it be summer" sudah jelas membuat penonton terkesima. Namun, Young K menarik perhatian karena begitu bersemangat menyebutkan daftar makanan Indonesia yang juga sudah ia coba selain sop buntut. Hal ini memicu gelak tawa karena ia terkenal hobi makan.

"Sop buntut, and soto betawi. Mie goreng, mie ayam, nasi goreng. Aku udah makan itu semua," katanya.

Boy Story totalitas melokal

Popbela.com/Zikra Mulia Irawati

Gaung Boy Story di Indonesia mungkin masih kurang terdengar, tetapi mereka justru yang paling totalitas untuk melokal di Saranghaeyo Indonesia 2024. Grup beranggotakan Hanyu, Zihao, Xinlong, Zeyu, Mingrui, dan Shuyang ini memperkenalkan diri dengan bahasa Indonesia yang fasih dan menyanyikan potongan lagu milik RAN, "Dekat di Hati". Tak sampai di situ, mereka juga mempelajari goyang pargoy dan TikTok challenge "Nenekku Pahlawanku".

Aktif sebagai idol sejak 2017 di usia belia membuat Boy Story punya range konsep yang cukup luas. Dengan durasi tampil yang singkat di Saranghaeyo Indonesia 2024, mereka berhasil menyuguhkan persona manis, kuat, dan dewasa sekaligus. Meski lirik lagu mereka menggunakan bahasa Mandarin, hal tersebut rupanya tak menghalangi penonton untuk bersenang-senang dengan grup jebolan JYP Entertainment dan Tencent Music Entertainment ini.

Noraebang premium bersama DAY6

Popbela.com/Zikra Mulia Irawati

Beberapa tahun terakhir, DAY6 kerap disebut sebagai pemersatu fandom K-pop dengan lagu "You Were Beautiful". Lagu galau ini kerap hadir sebagai salah satu setlist di acara noraebang (karaoke) yang diadakan oleh K-popers.

Tampilnya DAY6 di Saranghaeyo Indonesia 2024 praktis membuat venue konser bak acara noraebang premium. Bagaimana tidak? Pengiringnya bukan lagi musik instrumental, melainkan permainan band dari grupnya langsung. Venue yang diisi empat fandom, yaitu EXO-L (Xiumin & Chen), roady (xikers), BOSS (Boy Story), dan My Day (DAY6) satu suara menyanyikan deretan lagu hits band asuhan JYP Entertainment ini.

Sebagai headliner festival ini, DAY6 total menampilkan 10 lagu, yaitu "Welcome to The Show", "HAPPY", "Wish", "You Were Beautiful", "I Like You", "Love me or Leave me, "I Wait", SHOOT ME, "Time of Our Life", dan "Best Part". Lonjakan energi penonton selama sesi ini membuat keempat member DAY6 ikut terkagum-kagum.

"You guys are crazy," ujar Young K.

Apakah kamu juga menyaksikan Saranghaeyo Indonesia 2024 secara langsung, Bela? Share cerita kamu juga, yuk!

IDN Media Channels

Latest from Inspiration