Perjalanan Karier DAY6, Band Pelantun Lagu Galau "You Were Beautiful"

Akhirnya DAY6 comeback juga setelah 3 tahun hiatus!

Perjalanan Karier DAY6, Band Pelantun Lagu Galau "You Were Beautiful"

Follow Popbela untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow Whatsapp Channel & Google News

DAY6 akhirnya berencana melakukan comeback setelah tiga tahun hiatus sebagai grup. Kembalinya grup pelantun lagu "You Were Beautiful" alias "Yepposo" ini begitu dinanti lantaran popularitas yang justru kian meningkat saat para membernya menjalani wajib militer. Hal ini tak terlepas dari deretan idol K-pop yang terang-terangan mengaku mengidolakan mereka.

Namun, perjalanan mereka untuk mencapai titik ini pun melalui jalan yang berliku. Bernaung di bawah agensi JYP Entertainment tak serta-merta membuat DAY6 langsung terkenal. Terlebih, grup dengan format band kurang mendapatkan sorotan di industri musik Korea Selatan.

Lantas, seperti apa cerita DAY6 hingga akhirnya menjadi band yang karyanya dicintai oleh industri K-pop? Kita simak bersama, yuk!

1. Masa trainee hingga debut dengan lagu "Congratulations"

DAY6 awalnya akan debut dengan nama 5LIVE. Formasi awal band ini adalah Jae, Sungjin, Junhyeok, Young K, dan Wonpil. Kelimanya telah menjalani masa trainee yang cukup panjang di JYP Entertainment.

Mereka sempat muncul di acara survival Who is Next: Win bersama GOT7 dan merilis OST bertajuk "Lovely Girl" untuk drama Bel Ami. Alih-alih rock, 5LIVE direncanakan menjadi band akustik dengan Sungjin sebagai pemain cajon.

Menjelang debut, agensi mengubah genre band ini menjadi pop-rock dengan menambah Dowoon sebagai drummer. Mereka akhirnya debut menggunakan nama DAY6 dengan formasi Sungjin (leader/gitaris ritme), Jae (lead guitarist), Junhyeok (keyboardist), Young K (bassist), Wonpil (synthesizer), dan Dowoon (drummer). Semua member punya andil sebagai vokalis kecuali Dowoon.

DAY6 membuat debut yang mengesankan dengan "Congratulations" pada 7 September 2015. For your information, Choi Woo Shik yang kini terkenal berkat Parasite (2019) dan Our Beloved Summer (2021) jadi model untuk video musiknya, lho!

2. Junhyeok tinggalkan grup

Baru beberapa bulan debut, Junhyeok tersandung skandal kencan dengan seorang penggemar. Pada 27 Februari 2016, JYP Entertainment mengumumkan bahwa pemain keyboard ini hengkang karena alasan pribadi.

Dengan pengumuman ini, DAY6 lalu melanjutkan aktivitas dengan formasi lima anggota. Wonpil kemudian mengambil alih posisi Junhyeok dan memainkan keyboard dan synthesizer sekaligus. Band ini kemudian juga merilis album mini baru, Daydream, pada 30 Maret 2016 dengan "Letting Go" sebagai title track

  • Share Artikel

TOPIC

trending

Trending

This week's horoscope

horoscopes

... read more

See more horoscopes here