Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Luncurkan Noicemaker Studio, NOICE Mempermudah Kreator Lokal Berkarya

Berkarya dengan data melalui Noicemaker Studio

Aisyah Banowati

Terus berkembang, platform konten audio lokal terkemuka NOICE menghadirkan Noicemaker Studio, sebuah ruang digital tanpa batas bagi para kreator untuk dapat mengoptimalkan karya mereka di industri konten Tanah Air.

Noicemaker Studio merupakan bagian dari Noice Creator Program (NCP). Sebuah program terintegrasi yang dihadirkan NOICE, untuk mendukung para content creator agar dapat bertumbuh dan berkembang seiring dengan kesuksesan performa konten mereka. 

Melalui Noicemaker Studio, semua content creator dapat mengunggah karya mereka ke dalam aplikasi NOICE sehingga dapat menjangkau audiens secara lebih luas.

1. Berkarya dengan data

Siaran Media - Visual Noicemaker Studio

Noicemaker Studio hadir dari komitmen NOICE untuk menciptakan ekosistem konten audio berkualitas yang dapat diakses dengan mudah oleh semua content creator. Selain itu, banyak content creator yang tidak memiliki insight berbasis data untuk meningkatkan performa podcast mereka, sehingga menimbulkan keterbatasan untuk menghasilkan karya terbaiknya.

Co-founder & CEO NOICE, Rado Ardian, dalam acara peluncuran Noicemaker Studio pada Rabu (13/04/2022) mengatakan, “Di Noicemaker Studio, para content creator dapat memasukkan konten podcast mereka ke aplikasi NOICE dengan mudah, serta memiliki akses langsung ke dashboard akun kreator NOICE untuk melihat performa mereka secara lebih mendetail. Hal ini secara langsung akan memudahkan mereka untuk mendapatkan berbagai insight menarik yang tentunya akan mendorong kualitas karya mereka ke depan.”

2. Keunggulan Noicemaker Studio

Siaran Media - Peluncuran Noicemaker Studio pada 13 April 2022

Meluncurkan platform yang memiliki banyak keunggulan di dalamnya, Noicemaker Studio memberikan kemudahan dan dukungan bagi para kreator, yaitu: 

  • Akses tanpa batas bagi para kreator di mana pun dan kapan pun untuk bisa memasukkan konten podcast mereka ke NOICE. 
  • Akses dashboard untuk mengetahui performa karya mereka melalui fitur analitik. Data yang bisa dimonitor mulai dari performa konten, profil pendengar, interaksi, hingga daerah asal penggemar. 
  • Dukungan NOICE yang beragam lewat NCP — setiap kreator akan diberi edukasi dan pelatihan cara memproduksi konten audio yang menarik, dukungan dalam proses produksi, promosi, hingga langkah monetisasi.
  • Screening secara berkala setiap minggu untuk memastikan kualitas dan kelayakan konten yang akan tayang dari Noicemaker Studio. 
  • Menghadirkan fitur report bagi pengguna untuk melaporkan jika ada konten yang dirasa vulgar dan tidak layak tayang.

3. Perbedaan NOICE dengan aplikasi serupa lainnya

Siaran Media - Visual Noicemaker Studio

Sebagai platform audio lokal, NOICE memiliki beberapa sisi yang membuatnya berbeda dari kebanyakan platform serupa. Hal ini dijelaskan oleh CBO NOICE, Niken Sasmaya, pada acara peluncuran Noicemaker Studio pada Rabu (13/04/2022) di Hutan Kota by Plataran. 

  • Fokus pada non music content

“Audio content yang lain kebanyakan dari mereka fokus utamanya adalah musiknya dulu, nih, kemudian yang  non musicnya itu jadi secondary, sedangkan kita kebalikan. Karena kita goalsnya adalah kita ingin mengembankan content creator ekosistem di sisi yang non musicnya dulu,” terang Niken.

  • Fokus memperbanyak content creator lokal

“Sebagai lokal platform, golnya kita adalah ngga hanya ingin growing our creator community di kota-kota besar aja, kita ingin membangun komunitas creator audio di kota lain,” ujar Niken.

  • Fokus pada kebiasaan pengguna 

Niken menjelaskan, “Kita tahu kalau orang Indonesia tuh suka banget untuk interaksi, biasanya kalau di platform yang lain interaksi antara content creator dan pendengar hanya satu arah. Untuk masyarakat Indonesia, kita harus punya sosial feature dalam aplikasinya kita.” Berangkat dari hal ini, NOICE memiliki fitur comment, like and share yang dapat membantu para kreator berinteraksi hingga mendapatkan inspirasi dari pendengarnya.

4. Pengembangan aplikasi NOICE kedepannya

Siaran Media - Visual Noicemaker Studio

Dalam siaran resminya, Rado Ardian menjelaskan sedikit mengenai calon fitur terbaru dari NOICE kedepannya. 

“Dalam waktu dekat, kami berencana memberikan akses bagi semua kreator yang telah bergabung menjadi Noicemaker lewat platform Noicemaker Studio untuk dapat membuat room di NOICE Live, fitur di mana mereka dapat berinteraksi secara real time dengan para pendengar mereka, berdiskusi dan membahas mengenai topik menarik.” 

Rado melanjutkan, “Fitur ini sangat unik karena belum tersedia di aplikasi konten manapun, yang di mana fitur on-demand podcast dan live audio berada di aplikasi yang sama. Di situ pula akan ada peluang untuk melakukan monetisasi sehingga para content kreator ini juga bisa menghasilkan pendapatan sendiri dari karya yang mereka hasilkan.”

instagram.com/noice.id

Bagi kamu yang tertarik membuat karya melalui NOICE, dapat mengunjungi situs studio.nice.id atau buka aplikasi NOICE. Di industri yang relatif baru ini, NOICE hadir di tengah-tengah para milenial dan Gen Z dengan berbagai konten menarik yang dapat diakses secara mudah dan gratis.

IDN Media Channels

Latest from Working Life