Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Jauhkan Stres, Ini 9 Surat dalam Alquran yang Menenangkan Hati

Simak baik-baik dan simpan di ponselmu, Bela

Romi Subhan

Saat hati gelisah dan merasakan begitu banyak masalah, kita dapat menenangkannya dengan mengingat Allah SWT sebagai salah satu solusinya. Kepada Allah SWT kita dapat berserah, menceritakan, serta memasrahkan diri karena hanya Dia-lah satu-satunya tempat kita bergantung.

Allah SWT juga sudah memberikan segala jawaban, solusi, hingga obat penenang hati melalui Alquran. Dalam kitab suci tersebut, kita dapat menyelesaikan masalah dengan solusi terbaik menurut Allah SWT.

Berikut ini terdapat sembilan surat dalam Alquran sebagai obat penenang hati di kala gelisah. Apa saja?

Surat Al-Fatihah

Canva.com, edited by Romi Subhan

Surat Al-Fatihah merupakan pembuka dari Alquran. Surat ini juga memiliki keutamaan sebagai Ummul Quran karena Surat Al-Fatihah merupakan induk dari semua inti Alquran.

Surat Al-Fatihah juga menjadi surat yang dibaca kala kita membutuhkan ketenangan hati. Atas izin Allah SWT, kita bisa mendapatkan ketenangan hati dengan membaca Surat Al-Fatihah sebanyak tujuh kali.

Selain itu, Surat Al-Fatihah juga memiliki keistimewaan lainnya. Yakni, menjadi kekuatan Al-Quran karena surat ini tidak ditemukan dalam kitab-kitab pendahulunya. Hal ini pun diriwayatkan dalam hadis berikut.

مَا فِي التَّوْرَاةِ، وَلَا فِي الْإِنْجِيلِ، مِثْلُ أُمِّ الْقُرْآنِ

Artinya: Rasulullah SAW bersabda: "Demi Zat Yang Jiwaku ada di Tangan-Nya, Allah SWT tidak menurunkan surah yang setara dengan surah Al Fatihah dalam Taurat, Injil, dan Zabur, bahkan dalam Alquran." (HR Bukhari dan Muslim)

Surat Al-Baqarah

Canva.com, edited by Romi Subhan

Surat yang dapat menenangkan hati selanjutnya adalah Al-Baqarah. Surat ini merupakan surat ke-2 dalam Alquran dan memiliki 286 ayat. Untuk menenangkan hati, ada beberapa ayat dari Surat Al-Baqarah yang dapat kamu baca. Ayat tersebut adalah sebagai berikut.

  • Surat Al-Baqarah ayat 255. Ayat ini dikenal pula dengan nama Doa Sapu Jagat atau Ayat Kursi. Allah SWT menjanjikan kesembuhan dan ketenangan hati jika kita mengamalkannya. Selain itu, ayat ini juga memiliki keutamaan dapat memelihara kita dari kejahatan, keburukan, hingga penyakit. Maka dari itu, ayat ini disarankan untuk dibaca secara rutin pada pagi dan petang.
  • Surat Al-Baqarah ayat 285-286. Ayat yang terdapat pada bagian akhir Surat Al-Baqarah ini juga kerap dibaca sebagai penenang hati. Rasulullah SAW pernah bersabda, "Barang siapa yang membaca dua ayat terakhir Surat Al-Baqarah malam hari, maka Allah akan melindunginya dari berbagai keburukan, penyakit, rasa khawatir, dan gelisah."
  • Surat Al-Baqarah ayat 250. Saat resah dan gelisah, kamu bisa menenangkan hati dengan membaca satu ayat dari Surat Al-Baqarah ini.

Surat Al-Ikhlas, Surat Al-Falaq, Surat An-Naas

Canva.com, edited by Romi Subhan

Surat Al-Ikhlas, Surat Al-Falaq dan Surat An-Naas menjadi surat dalam Alquran berikutnya yang dapat menenangkan hati. Tentu, ketiga surat ini sudah sangat kita hafal karena menjadi pembuka Juz Amma yang kita pelajari sewaktu di sekolah dasar.

Allah SWT akan menjauhkan kita dari penyakit dan melindungi kita jika kita terus mengamalkannya. Bahkan, dalam Surat Al-Ikhlas terdapat keistimewaan yang tidak dimiliki oleh surat lainnya. Yakni, menjabarkan makna sifat tauhid Allah SWT.

Surat Yasin

Canva.com, edited by Romi Subhan

Selain dibaca saat ziarah kubur atau mengunjungi sanak keluarga yang meninggal dunia, Surat Yasin juga memiliki keutamaan yang lain. Yakni, membuat hati menjadi lebih tenang dan tentram saat selesai membacanya.

Jika kamu memanjatkan doa dan keinginan selepas membaca Surat Yasin, atas izin Allah SWT, doa dan keinginanmu tersebut bisa segera terkabul. Maka dari itu, kamu bisa membaca Surat Yasin ini secara rutin, minimal satu kali sehari selepas salat maghrib.

Surat Al-Insyirah

Canva.com, edited by Romi Subhan

إِنَّ مَعَ ٱلۡعُسۡرِ يُسۡرٗا

Artinya: "Sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan." (QS Al-Insyirah: 6)

Satu ayat dari Surat Al-Insyirah di atas merupakan bukti bahwa surat tersebut dapat kamu baca saat membutuhkan ketenangan hati. Di tengah masalah yang mendera, Allah SWT menjanjikan bahwa semua masalahmu akan selesai dengan kemudahan atau solusi yang mengiringinya.

Maka dari itu, jangan lupa untuk rutin dan mengamalkan Surat Al-Insyirah agar Allah SWT selalu memberikan ketenangan hati dan menolong kita di setiap masalah yang terjadi.

Surat Yusuf

Canva.com, edited by Romi Subhan

Dalam Surat Yusuf terdapat dua kisah nabi yang dapat kita petik pelajarannya. Yakni Nabi Yaqub AS yang diuji Allah SWT dengan kehilangan buah hatinya dan membuatnya bersedih hati hingga mengalami kebutaan, serta kisah Nabi Yusuf AS yang difitnah dengan dituduh telah menodai perempuan.

Kisah dua nabi di atas bukan hanya menambah pengetahuan, tapi juga sebagai penenang hati dan bukti bahwa Allah SWT tidak akan pernah meninggalkan kita di saat-saat sulit sekalipun.

Surat Thaha

Canva.com, edited by Romi Subhan

Surat dalam Alquran yang mampu menenangkan hati selanjutnya adalah Surat Thaha. Dalam surat ini dikisahkan tentang kisah Nabi Musa AS yang ingin meminta kemudahan dari Allah SWT. Namun, tanpa ia sadari, Allah SWT telah dan selalu memberinya kemudahan bahkan sejak ia masih dalam kandungan.

Surat ini sebagai pengingat kepada kita bahwa, di balik situasi yang sulit, Allah SWT telah menyiapkan kemudahan yang menunggu kita. Kita hanya tinggal berusaha dan memberikan yang terbaik.

Itulah tadi daftar surat penenang hati dalam Alquran yang mampu menenangkan hati. Semoga surat-surat tersebut dapat membuat hatimu menjadi lebih tentram, sehingga kamu bisa menjalani aktivitas seperti biasa.

IDN Media Channels

Latest from Inspiration