7 Keutamaan Surat Al-Mulk & Bacaannya Bagi Umat Muslim

Sungguh besar pahala dan kebaikannya

7 Keutamaan Surat Al-Mulk & Bacaannya Bagi Umat Muslim

Follow Popbela untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow Whatsapp Channel & Google News

Surat Al-Mulk merupakan surat ke-67 dalam Alquran yang memiliki 30 ayat. Al-Mulk termasuk ke dalam golongan surat Makkiyah, yang diturunkan setelah surat At-Tur. Surat Al-Mulk diambil dari ayat pertama “Al Mulk” yang artinya kerajaan atau kekuasaan. Dalam surat ini, menjelaskan tentang Allah SWT yang menguasai langit dan bumi serta rahasia di dalamnya. Surat Al-Mulk disebut juga “At Tabaarak” yang artinya maha suci.

Surat Al-Mulk adalah surat yang akan membela orang yang membacanya kelak di hari kiamat dan memohon kepada Allah SWT untuk menyelamatkan para penghafalnya dari siksa api neraka. Inilah keutamaan membaca surat Al-Mulk lengkap latin, arab, dan artinya bagi umat muslim, yang telah Popbela rangkum dari berbagai sumber.

1. Mendapatkan syafaat dan diampuni dosanya

Keutamaan membaca surat Al-Mulk yang pertama akan datangnya pertolongan dari Allah SWT. Kelak di hari kiamat, Allah SWT akan memberikan syafaat yang berarti pertolongan kepada hambanya melalui Rasulullah SAW. Selain itu, surat Al-Mulk akan memberikan syafaat bagi hamba yang suka membaca dan mengamalkan isinya, sehingga diampuni dosanya oleh Allah SWT. 

Dari Abu Hurairah, Rasulullah bersabda, “Bahwasanya suatu surat di dalam Alquran mempunyai 30 ayat, yang memberikan syafaat kepada pembacanya sehingga diampuni oleh Allah dosa orang itu, yaitu: Tabarakallazi bi yadihil mulk, Maha Suci Allah yang di tangan-Nyalah segala kerajaan.” (HR Abu Dawud)

2. Menyelamatkan diri dari siksa kubur

Sebelum manusia ditempatkan antara surga dan neraka, manusia akan menjalani siksa kubur terlebih dahulu, untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya selama di dunia. Siksa kubur bisa begitu pedih, untuk orang-orang yang belum mempersiapkan amalannya. Salah satu amalan agar terhindar dari siksa kubur adalah, dengan senantiasa membaca dan mengamalkan surat Al-Mulk. 

Dari Abdullah bin Mas’ud mengatakan: “Barangsiapa membaca surat Tabarokalladi bi yadihil mulk setiap malam, maka Allah azza wajalla menghindarkannya dari azab kubur, dan dahulu kami (para sahabat) di saat Rasulullah SAW (masih hidup) menamainya 'al-Mani’ah' (penghindar/penghalang). Sungguh surat tersebut ada dalam Kitabullah, barangsiapa membacanya dalam suatu malam, maka ia telah banyak berbuat kebaikan.” (HR. Nasa’i)

  • Share Artikel

TOPIC

trending

Trending

This week's horoscope

horoscopes

... read more

See more horoscopes here