Surat At Tin, termasuk ke dalam surat pendek di dalam Alquran yang berisi delapan ayat, terdiri dari 34 kata dan 162 huruf. Nama dari surat At Tin diambil dari ayat pertama surat ini, yang artinya buah tin. Surat At Tin masuk ke dalam golongan surat Makkiyah dan merupakan surat ke-95 di dalam Alquran. Agar kamu dapat lebih memahami makna yang terdapat dalam surat At Tin, inilah bacaan, sejarah, arti dan kandungan surat At Tin.

Bacaan surat At Tin

Pengingat di Hari Tua, ini Sejarah, Arti dan Bacaan Surat At TinShutterstock

وَٱلتِّينِ وَٱلزَّيْتُونِ

wat-tini waz-zaitun

Artinya : "Demi (buah) tin dan (buah) zaitun,

وَطُورِ سِينِينَ

wa turi sinin

Artinya : dan demi bukit Sinai,

وَهَٰذَا ٱلْبَلَدِ ٱلْأَمِينِ

wa hazal-baladil-amin

Artinya : dan demi kota (Mekkah) ini yang aman,

لَقَدْ خَلَقْنَا ٱلْإِنسَٰنَ فِىٓ أَحْسَنِ تَقْوِيمٍ

laqad khalaqnal-insana fi ahsani taqwim

Artinya : sesungguhnya kami telah menciptakan manusia dalam bentuk yang sebaik-baiknya,

ثُمَّ رَدَدْنَٰهُ أَسْفَلَ سَٰفِلِينَ

summa radadnahu asfala safilin

Artinya : kemudian kami kembalikan dia ke tempat yang serendah-rendahnya (neraka),

إِلَّا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ وَعَمِلُوا۟ ٱلصَّٰلِحَٰتِ فَلَهُمْ أَجْرٌ غَيْرُ مَمْنُونٍ

illallazina amanu wa ‘amilus-salihati fa lahum ajrun gairu mamnun

Artinya : kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal saleh, maka bagi mereka pahala yang tiada putus-putusnya,

فَمَا يُكَذِّبُكَ بَعْدُ بِٱلدِّينِ

fa ma yukazzibuka ba’du bid-din

Artinya : maka apakah yang menyebabkan kamu mendustakan (hari) pembalasan sesudah (adanya keterangan-keterangan) itu?

أَلَيْسَ ٱللَّهُ بِأَحْكَمِ ٱلْحَٰكِمِينَ

a laisallahu bi`ahkamil-hakimin

Artinya : bukankah Allah hakim yang seadil-adilnya?"

Sejarah surat At Tin

Pengingat di Hari Tua, ini Sejarah, Arti dan Bacaan Surat At TiniStock

Surat At Tin berisi peringatan kepada seluruh umat manusia. Asbabun Nuzul merupakan penyebab diturunkannya surat At Tin kepada nabi Muhammad SAW. Pada suatu hari, seorang sahabat menanyakan kepada Rasulullah SAW, bagaimana amalan umat muslim yang sudah pikun atau berkurangnya kemampuan daya ingat. 

Surat At Tin turun setelah Rasulullah SAW mendapat pertanyaan tersebut, maka Allah SWT menjawab. Bagi umatnya, yang terserang pikun atau mengalami penurunan daya ingat, tetap akan mendapat pahala. 

Surat ini juga diturunkan sebagai peringatan kepada umat muslim, yang tidak mau beribadah akan dimasukkan ke dalam neraka. Allah SWT telah menciptakan umatnya, dengan bentuk sebaik-baiknya dan dalam wujud paling sempurna, sudah seharusnya  bersyukur dan menjalankan kewajibannya masing-masing. 

Kandungan surat At Tin

1. Menjelaskan mengenai tempat Allah mengutus Nabi dan Rasul

Pengingat di Hari Tua, ini Sejarah, Arti dan Bacaan Surat At TinMinistry of Media – Saudi Arabia

Dalam surat At Tin Allah SWT telah bersumpah kepada tiga hal. Pertama, tempat yang ditumbuhi dengan buah tin dan buah zaitun, yaitu Baitul Maqdis di mana Allah SWT mengutus Nabi Isa. Bukit Sinai yang mana tempat Nabi Musa mendapatkan wahyu, serta kota Mekkah yang sejak zaman jahiliyah tetap terjaga kesuciannya, sekaligus tempat Rasulullah SAW lahir. Ketiga lokasi tersebut adalah tempat para nabi dan rasul menyebarkan ajaran Allah SWT dengan penuh kegigihan, ketaqwaan, serta kesabaran.

2. Manusia diciptakan sebagai makhluk yang paling sempurna

Pengingat di Hari Tua, ini Sejarah, Arti dan Bacaan Surat At TinGETTY IMAGES

Kandungan surat At Tin selanjutnya yaitu, menjelaskan bahwa manusia adalah makhluk ciptaan Allah SWT yang paling sempurna. Manusia memiliki akal dan nafsu, dengan akal digunakan untuk mengontrol emosi dan nafsu agar hidup tetap damai dan rukun. Dengan akal pula, manusia dapat beradaptasi dan memperoleh kehidupan yang baik. Dengan memiliki nafsu, manusia dapat mendorong dirinya, agar memiliki gairah untuk hidup serta meningkatkan taraf kehidupannya.

3. Pengingat mengenai hari pembalasan

Pengingat di Hari Tua, ini Sejarah, Arti dan Bacaan Surat At Tinubaya.ac.id

Dalam surat At Tin, Allah SWT telah memberikan peringatan kepada umatnya, yang tidak mau beribadah, akan dimasukkan ke dalam neraka. Allah SWT juga menjelaskan bahwa semua makhluk yang diciptakan-Nya akan kembali kepada-Nya. Maka, tidak ada lagi alasan bagi manusia untuk mengingkari hari pembalasan kelak.

4. Allah SWT adalah hakim yang paling adil

Pengingat di Hari Tua, ini Sejarah, Arti dan Bacaan Surat At TinRESPONSIBLECHOICE

Kandungan surat At Tin salah satunya menjelaskan bahwa tiada hakim yang lebih adil daripada Allah SWT. Di hari pembalasan kelak, setiap amalan yang telah kita lakukan di dunia akan mendapatkan ganjarannya. Jika amalan baik kamu lebih banyak dari amalan buruk, Allah SWT telah menjanjikan surga. Jika nantinya amalan buruk kamu lebih banyak dari amalan baik, maka neraka akan menjadi tempat kamu menebus dosa.

5. Pahala yang tidak terputus sampai tua

Pengingat di Hari Tua, ini Sejarah, Arti dan Bacaan Surat At TinAdobestock.com

Kandungan surat At Tin yang terakhir, mengenai amalan yang tidak terputus sampai tua. Di masa tua, kemampuan kamu, mulai dari daya ingat sampai aktivitas fisik, akan menurun sedikit demi sedikit. Kamu akan sulit untuk beribadah karena keterbatasan yang ada.

Oleh sebab itu, mulai dari sekarang, kamu perlu memupuk amalan-amalan baik dan rajin beribadah, agar di masa tua nanti, Allah SWT memberikan pahala yang sama besarnya seperti saat kamu masih mampu untuk beribadah secara sempurna.

Itulah sejarah, bacaan surat At Tin lengkap arti dan kadungannya yang bisa kamu pelajari dan pahami. Allah SWT telah memberikan peringatan kepada umatnya melalui surat At Tin, maka sudah sepantasnya kita menjalankan kewajiban sebagai umat muslim. Yuk, mulai pupuk amalan baik, agar tidak ada penyesalan di hari tua nanti!

Baca Juga: Bisa Menangkal Sihir, Inilah Bacaan dan 5 Keutamaan Surat An Nas

Baca Juga: 7 Keutamaan Surat Al-Mulk & Bacaannya Bagi Umat Muslim 

Baca Juga: Terhindar dari Guna-Guna, Inilah Bacaan dan Keutamaan Surat Al Falaq