Semua doa memang baik, tapi ada beberapa doa khusus yang sebaiknya dipanjatkan untuk sesuatu yang khusus juga. Contohnya seperti doa-doa dari Nabi Yusuf yang sering disebut berisi mengenai cinta dan kasih sayang, yang juga bisa ikut kamu amalkan.

Berbicara tentang Nabi Yusuf, beliau adalah salah satu dari 25 Nabi yang diutus oleh Allah SWT. Kisah Nabi Yusuf sendiri tertulis secara khusus dalam Al-Qur’an surat ke-12. Meskipun sang Nabi dikaruniai oleh Allah SWT wajah yang sangat tampan sehingga membuat siapa saja lupa diri saat melihatnya, tetapi cobaan yang diterima olehnya bisa dibilang sangat berat.

5 Doa Nabi Yusuf Soal Cinta dan Kasih Sayang yang Bisa Kamu Amalkan freepik.com

Sejak kecil, Nabi Yusuf sudah menerima berbagai cobaan berat, dimulai dari mulai saat beliau ditinggal selama-lamanya oleh sang ibu, mau dibunuh tapi akhirnya dibuang ke sumur oleh saudara-saudaranya, berpisah dengan ayah tercinta, hingga dijual jadi budak dan akhirnya dijebloskan ke penjara. Namun, kesabaran, keteguhan dan kekuatan iman Nabi Yusuf itulah yang justru melindungi dan mengantarkannya pada kedudukan tinggi di mata manusia dan Allah SWT.

Nah, di bawah ini ada 5 doa dari Nabi Yusuf tentang cinta dan kasih sayang, yang bisa kamu baca atau hafalkan, ya, Bela.

1. Doa memancarkan aura wajah yang rupawan

5 Doa Nabi Yusuf Soal Cinta dan Kasih Sayang yang Bisa Kamu Amalkan Shutterstock/Odua Images

Sebelum kamu mencintai orang lain, kamu harus mencintai diri sendiri dulu pastinya, ya. Doa ini disebut berguna agar kamu diberi wajah yang memancarkan aura wajah rupawan alias cantik atau tampan. Orang-orang biasa menyebut ini sebagai doa untuk memikat lawan jenis. Selain itu, doa ini juga dikenal sebagai doa bercermin.

Ini doa bercermin yang diamalkan oleh Nabi Yusuf semasa hidupnya:

اَللّٰهُمَّ كَمَا حَسَّـنْتَ خَلْقِـيْ فَحَسِّـنْ خُلُقِـيْ

Artinya:

“Ya Allah, sebagaimana telah Engkau indahkan rupaku, maka indahkanlah pula akhlakku.” (H.R. Ahmad)

2. Doa pengasihan

5 Doa Nabi Yusuf Soal Cinta dan Kasih Sayang yang Bisa Kamu Amalkan pixabay.com/ElenaMullagaleeva

Kalau doa yang satu ini diambil dari kisah Nabi Yusuf saat bermimpi tentang saudara-saudaranya. Di dalam mimpi, sang Nabi melihat bintang, matahari, dan rembulan yang bersujud kepadanya. Ayahnya, Nabi Yakub, mengatakan kalau arti mimpi itu adalah bahwa suatu hari Nabi Yusuf akan menjadi orang besar dan semua anggota keluarga termasuk ayah, ibu, dan kesebelas saudaranya akan tunduk hormat terhadapnya.

Doanya seperti ini:

إِذْ قَالَ يُوسُفُ لِأَبِيهِ يَا أَبَتِ إِنِّي رَأَيْتُ أَحَدَ عَشَرَ كَوْكَبًا وَالشَّمْسَ وَالْقَمَرَ رَأَيْتُهُمْ لِي سَاجِدِينَ

 Artinya:

“(Ingatlah), ketika Yusuf berkata kepada ayatnya, ‘Wahai ayahku, sesungguhnya aku bermimpi sebelas bintang, matahari dan bulan; kulihat semuanya sujud kepadaku.”

3. Doa pengasihan dari jarak jauh

5 Doa Nabi Yusuf Soal Cinta dan Kasih Sayang yang Bisa Kamu Amalkan Pexels.com/August de Richelieu

Doa Nabi Yusuf yang satu ini memiliki beberapa manfaat. Pertama, bisa membuat wajah tampak lebih cerah berseri-seri sehingga orang yang kamu sukai akan terpesona. Selain itu, kalau kamu mengganti lafaz عَلَيْك yang berarti ‘kamu’ dengan nama seseorang yang dituju, kamu juga bisa di dalam hati sambil berniat untuk menikahinya atau bertujuan melakukan kebaikan dengannya.

Doanya seperti ini, ya:

وَأَلْقَيْتُ عَلَيْك مَحَبَّةً مِنِّى وَلِتُصْنَعَ عَيْنِى

 Artinya:

“Dan aku telah meletakkan cinta (kasih sayang) padamu pada diriku. Supaya kamu diasuh di bawah pengawasan-ku.”

4. Doa agar dicintai oleh orang tertentu

5 Doa Nabi Yusuf Soal Cinta dan Kasih Sayang yang Bisa Kamu Amalkan Pexels.com/Thirdman

Sama seperti doa bercermin, tujuan doa ini juga supaya wajah semakin memancarkan aura yang indah dan menambah rasa sayang pada orang yang melihatnya. Banyak umat muslim percaya kalau doa Nabi Yusuf yang satu ini adalah doa yang manjur untuk bisa mendapatkan wajah rupawan sehingga siapa saja yang melihatnya bisa jatuh cinta.

Ini doa yang bisa kamu baca dan hapalkan:

الَّلهُمَّ جَئَلْنِى نُوْرُ يُوْسُفَ عَلَى وَجْهِي فَمَنْ رَ اَنِى يُحِبُّنِي مَحَبَّتَنْي

Artinya:

“Ya Allah, jadikanlah Nur cahaya Nabi Yusuf pada wajahku, dan bagi siapa yang melihat akan menjadi kagum serta memiliki cinta kasih kepadaku.”

5. Doa agar terhindari dari godaan dan hawa nafsu

5 Doa Nabi Yusuf Soal Cinta dan Kasih Sayang yang Bisa Kamu Amalkan Pexels.com/Thirdman

Cinta biasanya tidak bisa dipisahkan dengan hawa nafsu. Tapi, hawa nafsu yang tidak pada tempatnya dan nggak terkendali tentu saja bisa menjadi dosa. Supaya hal itu jangan sampai terjadi, makanya kamu perlu baca doa ini agar dilindungi dari perbuatan maksiat. Ini adalah salah satu doa populer dari Nabi Yusuf yang dibaca ketika dirinya menghadapi cobaan digoda oleh istri dari laki-laki yang mengasuhnya.

Agar terhindar dari godaan dan hawa nafsu, baca doa ini, ya:

رَبِّ السِّجْنُ أَحَبُّ إِلَيَّ مِمَّا يَدْعُونَنِي إِلَيْهِ ۖ وَإِلَّا تَصْرِفْ عَنِّي كَيْدَهُنَّ أَصْبُ إِلَيْهِنَّ وَأَكُنْ مِنَ الْجَاهِلِينَ

 Artinya:

“Ya Tuhanku, penjara lebih aku senangi daripada memenuhi ajakan mereka kepadaku. Dan jika tidak Engkau hindarkan aku dari tipu daya mereka, tentu aku akan cenderung untuk (memenuhi keinginan mereka) dan tentulah aku termasuk orang-orang yang bodoh.”

Nah, itu dia lima doa dari Nabi Yusuf tentang cinta dan kasih sayang yang bisa kamu amalkan. Semoga bisa bermanfaat dan membantumu dalam menjalani kehidupan ini ya, Bela!

Baca Juga: Tanpa Paksaan, Ini Doa Agar Istri Rajin Salat

Baca Juga: Doa agar Suami Betah di Rumah dan Tidak Pindah ke Lain Hati

Baca Juga: Mustajab! 10 Kumpulan Doa agar Anak Saleh Dunia dan Akhirat