Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

10 Cara Agar Kucing Nurut dan Jinak dengan Mudah, Jadi Akrab Deh!

Ternyata tidak terlalu sulit dilakukan, lho

Romi Subhan

Bagi kalian yang punya kucing tentu mengalami hal-hal berikut ini. Seperti kucing nakal, cuek, hingga sulit diatur. Kamu tidak perlu khawatir karena ternyata ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan agar kucing menurut dengan kamu.

Salah satunya tentu dilatih. Karena memang dengan hal ini sangat penting agar kucing patuh kepada kamu sebagai pemiliknya. Tidak terlalu sulit untuk membuat anabul menjadi hewan yang jinak karena ternyata hal-hal sederhana seperti ini bisa kamu lakukan agar kucing menjadi penurut. Apa saja?

1. Mengelusnya setiap saat

unsplash.com/Yerlin Matu

Kucing tentu hewan yang lembut dan bisa jinak jika kamu memberikan perhatian kepadanya. Salah satu yang mudah dilakukan adalah mengelusnya setiap saat. Hal ini membuat kucing merasa diperhatikan dan nyaman dengan kamu.

2. Melatih kucing sejak kecil

unsplash.com/Mikhail Vasilyev

Sejak kecil kamu harus latih kucing karena saat kecil adalah waktu terbaik untuk belajar layaknya manusia. Dengan dilatih sejak kecil tentu nantinya kucing akan terbiasa ketika tumbuh dewasa.

3. Beri hadiah makanan

unsplash.com/Piotr Musiol

Melatih kucing tidak hanya terus memberikannya pelajaran, namun juga memberi mereka hadiah sebagai balasan atas perilakunya. Hal ini juga membuat kucing nantinya menjadi lebih penurut terhadap kamu sebagai pemiliknya. Hadiahnya pun sederhana, bisa makanan favoritnya atau benda kesayangannya.

4. Melatih buang air di kotak pasir

unsplash.com/Litter Robot

Kamu tentu tidak mau kucing kamu tidak menurut dan buang air sembarangan. Kamu perlu melatihnya untuk buang air di kotak pasir. Kamu bisa taruh kotak pasir di dekatnya saat mereka ingin buang air, atau menaruhnya di kotak pasir agar mereka terbiasa untuk buang air di sana nantinya.

5. Ajak bermain

unsplash.com/Alvan Nee

Kucing adalah hewan yang senang bermain, kamu sebagai pemiliknya sangat disarankan mengajak peliharaan kamu ini bermain bersama agar lebih dekat dan nurut kepada kamu. Selain membuat bonding, bermain bersama anabul juga bisa membantumu melepas stres, lho!

6. Jangan beri hukuman

unsplash.com/Pacto Visual

Kucing sama seperti anak manusia yang semakin dilarang akan dilakukannya. Jadi, jangan melarangnya melainkan membelainya ketika melakukan kesalahan, dan kamu juga bisa berikan gerakan melarang agar mereka tak mengulanginya lagi.

7. Memberikan nama pada kucing

unsplash.com/Michael Sum

Seperti kebanyakan peliharaan, nama akan membuat kamu sebagai pemilik semakin akrab dengan peliharaan kamu. Jangan terlalu panjang, pendek saja agar mudah diingat oleh kucing.

8. Memberikan mainan kesukaan kucing

unsplash.com/Kim Davies

Sebagai hewan peliharaan mereka tentu akan suka terhadap suatu mainan. Berikan mainan tersebut kepada kucing agar mereka semakin menuruti kamu sebagai pemiliknya.

9. Memberikan makan secara teratur

unsplash.com/Felice Wolke

Selain memberikan makanan sebagai hadiah kamu jangan melupakan untuk memberikan makanan secara teratur karena sejatinya mereka seperti manusia yang perlu makan rutin. Jadi, jadwalkan pemberian makan agar ke depannya kucing menurut dan hanya meminta makanan ketika jam makannya.

10. Latihan dengan rutin

unsplash.com/Timo Volz

Tidak perlu lama namun latihlah mereka secara rutin, cukup dalam durasi yang sebentar karena kucing mudah bosan. Kamu bisa melakukan seluruh poin yang sudah kami sebutkan di atas seperti mengajak main, latihan buang air di kotak pasir dan seterusnya.

Ternyata cukup banyak ya hal sederhana yang bisa dilakukan untuk melatih kucing agar nurut dan tidak nakal lagi. Seperti poin terakhir kamu harus lakukan secara rutin agar dia tidak mudah bosan dan akhirnya menurut dengan yang kamu latihkan. Semoga membantu, ya, Bela.

IDN Media Channels

Latest from Inspiration