Sebagai pemilik kucing kamu harus mengawasi beberapa perabotan di rumah berikut ini. Alasannya karena barang-barang ini rentan sekali untuk dirusak oleh kucing.

Kucing memang kerap kali melakukan cakaran kepada benda-benda sekitar, tujuannya adalah untuk membuat beberapa bagian tubuhnya tetap terjaga sekaligus menerapkan naluri berburunya.

Namun, kamu tentu harus tetap waspada pada barang-barang berikut ini yang memang sangat rentan untuk dirusak oleh kucing. Apa saja?

1. Sofa

7 Perabotan Rumah yang Sering Dirusak Kucing, Siap-Siap Reparasi!Unsplash.com/Amy Humphries

Salah satu perabotan rumah yang sering menjadi sasaran cakaran kucing adalah sofa, terutama sofa yang empuk. Kamu harus waspada pada barang kamu yang satu ini. Jika tidak, tentu akan ada lubang yang terbuat di sofa akibat terlalu sering dicakar oleh kucing, lama-kelamaan tentu bisa rusak dan tak layak pakai.

2. Karpet

7 Perabotan Rumah yang Sering Dirusak Kucing, Siap-Siap Reparasi!Unsplash.com/Rohit Tandon

Tempat favorit kucing untuk mengasah cakar yang berikutnya adalah karpet, terutama untuk karpet yang panjang karena sangat mencolok bagi kucing. Untuk mencegah kerusakan kamu bisa menggunkaan kaarpet dengan bahan seagrass atau sisal. Cakaran kucing tak terlalu terlihat jelas ketika karpet menggunakan bahan tersebut.

3. Pajangan

7 Perabotan Rumah yang Sering Dirusak Kucing, Siap-Siap Reparasi!Unsplash.com/Chloe Bolton

Perabotan selanjutnya yang rentan rusak karena kucing lainnya adalah pajangan. Kucing yang aktif biasanya akan naik ke meja untuk menjarah permukaan meja tersebut. Hindari menaruh pajangan di area yang kira-kira akan dinaikkan oleh kucing, sehingga bisa terhindar dari kerusakan akibat tidak sengaja disenggol oleh mereka. Tentu barang-barang seperti itu akan sangat rentan tersenggol oleh kucing yang sangat suka untuk meraih tempat tinggi.

4. Tirai dan vitrase

7 Perabotan Rumah yang Sering Dirusak Kucing, Siap-Siap Reparasi!Unsplash.com/Rob Wingate

Sering kali tirai atau vitrase menjadi sasaran untuk kucing bergantung. Hal ini bisa menyebabkan kerusakan karena tentu mereka akan menggunakan cakar atau giginya. 

Jika terlalu sering, tentu barang-barang tersebut akan mudah rusak dan robek karena tarikan kucing yang sangat kuat. Namun, biasanya ini terjadi kepada kucing yang masih kecil.

5. Kasur

7 Perabotan Rumah yang Sering Dirusak Kucing, Siap-Siap Reparasi!Unsplash.com/Kote Puerto

Tentu kasur juga jadi sasaran empuk bagi kucing untuk mengasah cakarnya. Hal itu dikarenakan kasur memiliki kenyamanan yang sama dengan karpet dan sofa. Lebih ekstrim lagi jika kucing juga mencakar bantal dan guling kamu.

6. Tanaman hias

7 Perabotan Rumah yang Sering Dirusak Kucing, Siap-Siap Reparasi!Unsplash.com/Jake Weirick

Ini berlaku untuk tanaman hias yang besar karena tentu kucing sangat suka untuk melakukan cakaran. Kucing bisa mengais-ngais media tanam, menggigit serta mencabut batang dan daun tanaman hias yang ada.

Lebih ekstrim lagi dia bisa menjatuhkan tanaman hias tersebut dari tempatnya. Jadi, sebaiknya kamu menaruh tanaman hias di tempat yang tak terjangkau oleh kucing.

7. Barang pecah belah

7 Perabotan Rumah yang Sering Dirusak Kucing, Siap-Siap Reparasi!Unsplash.com/Brooke Lark

Mungkin kalian juga seringkali mendengar suara barang pecah belah yang jatuh akibat kucing. Apalagi jika posisinya di dapur, biasanya kucing akan berusaha mencari-cari makanannya secara mandiri di tempat di mana ia biasa melihat makanan ketika dia lapar. Tentu peralatan dapur jadi sasaran mengingat kucing mengira peralatan tersebut bisa menghasilkan makanan olehnya.

Jadi, untuk yang memelihara kucing harus diperhatikan ya, penempatan barang pecah belah agar tidak bisa diraih dan dirusak oleh kucing.

Itulah beberapa perabotan rumah yang sering dirusak kucing. Kamu harus memastikan barang-barang tersebut aman dari jangkauan kucing agar tidak terjadi hal-hal yang diinginkan dan menjadi sasaran yang empuk bagi kucing, ya, Bela.

Baca Juga: 50 Nama-Nama Kucing Islam Jantan dan Betina beserta Artinya

Baca Juga: 10 Ekspresi Kucing yang Tetangkap Kamera Ini Bikin Gemas Maksimal!

Baca Juga: 21 Fakta Menarik Kucing yang Membuatmu Makin Sayang!