Kucing adalah hewan cerdas yang sering kali membuat kita sebagai 'babu' kagum sekaligus mengagetkan. Sebut saja ketika mereka bisa membuka kulkas dan mencuri ikan, dapat mengetahui tempat buang air, bahkan sesederhana pulang ke rumah meskipun sempat menghilang beberapa hari.

Kecerdasan mereka dapat dilihat dari seberapa mampu mereka beradaptasi di lingkungan baru, kepekaan terhadap sekitar, mengingat jadwal kesehariaannya, bahkan interaksinya dengan manusia. Sifatnya yang playful, cerdas, memahami perasaan, setia dan rasa penasaran tinggi membuat kita semakin menyayangi anabul satu ini.

Lalu apa sajakah ras kucing yang masuk dalam kategori ini? 

1. Abyssinian

10 Ras Kucing Tercerdas yang Bisa Kamu PeliharaASPCA Animal Insurance

Jajaran paling atas ras kucing tercerdas digapai oleh kucing Abyssinian asal Ethiopia ini. Kucing ini menjadi pilihan tepat bagi kamu yang ingin mengadopsi kucing pertama kali. Sifatnya yang ramah, mudah beradaptasi dan bersosialisasi dengan orang menjadi favorit banyak orang.

Berkarakteristik atletik, lincah, dan penyayang, kucing abyssinian mampu mempelajari suatu trik dengan mudah dan sangatlah tangkas dibanding kucing lain. Ras kucing domestik ini berbulu pendek dan corak tabby -- belang tiga dan motif 'M' dengan berbagai warna.

2. Balinese

10 Ras Kucing Tercerdas yang Bisa Kamu PeliharaThe Spruce Pets

Meski bernama Balinese, faktanya ras kucing ini bukan dari Bali, melainkan dari Thailand. Masih satu kerabat dengan kucing Siam, yang membedakan adalah bulunya yang panjang dengan sifatnya yang konyol serta menggelitik perut.

Kucing ini sangat aktif, cerdas, penyayang, dan suka bersosialisasi, sehingga akan mudah stress jika kesepian atau ditinggal dalam waktu lama. Kucing ini bersifat ekstrovert dan senang bermain dengan bola, cat tree, atau kayu untuk menggaruk yang dapat menstimulus motorik mereka.

3. Bengal

10 Ras Kucing Tercerdas yang Bisa Kamu PeliharaFluffyplanet.com

Bengal adalah kucing hasil kawin silang antara kucing domestik dan macan tutul Asia yang cerdas dan tangkas. Kucing berbadan atletis ini sangat menyukai aktivitas luar seperti berlari, melompat, memanjat, atau permainan tantangan seperti lempar-tangkap.

Saking pintarnya, kucing ini dapat menyalakan dan mematikan lampu, menangkap ikan dari akuarium atau kolam, bahkan mencuri makanan di kulkas. Nggak mau kalah sama manusia nih!

4. Burmese

10 Ras Kucing Tercerdas yang Bisa Kamu PeliharaASPCA Pet Insurance

Ras kucing Burmese bersifat energik dan ramah ini paling anti berdiam diri. Kucing ini sangat senang beraktivitas dan bermain. Dengan pelatihan yang baik, kucing ini dapat mengambil mainan kecil dan jalan-jalan dengan tali.

Bahkan, tak sulit mengajak kucing ini untuk harus naik mobil atau motor ketika kunjungan ke dokter hewan.

5. Cornish Rex

10 Ras Kucing Tercerdas yang Bisa Kamu PeliharaThe Spruce Pets

Ras kucing dengan pelafalan cukup unik ini memilili kecerdasan yang tak kalah dengan anjing. Sifatnya yang mudah bersosialisasi dan tangkas, mudah untuk melatihnya bermain lempar tangkap, kucing ini juga bisa melakukan trik seperti bermain piano.

Dengan ukuran kaki yang panjang, bukanlah hal yang sulit bagi mereka membuka lemari atau kulkas demi mencuri sepotong ikan goreng.

6.Havana Brown

10 Ras Kucing Tercerdas yang Bisa Kamu PeliharaFetch Pet Insurance

Sesuai dengan namanya, ras kucing ini berwarna cokelat pekat bersifat ingin tahu, cerewet dan cerdas. Kucing asal Inggris ini berumur panjang, hingga 12 tahun lamanya.

Mereka sangat manja dan setia dengan pemiliknya serta mudah bersosialisasi dengan manusia. Selain itu, Havana brown juga cukup energik dan menyukai mainan interaktif seperti teaser dan puzzle.

7. Korat

10 Ras Kucing Tercerdas yang Bisa Kamu PeliharaGerava.com

Di Thailand, kucing Korat dianggap sebagai simbol pembawa hoki. Meskipun mudah bergaul dengan kucing lain, kucing Korat memiliki sikap mendominasi dan berusaha untuk melindungi wilayahnya dari kucing lain. Kucing ini berusaha untuk menjadi nomor satu, baik dalam berkuasa maupun mencari perhatian tuannya. 

Dengan sifatnya yang energetik, pintar, penuh kasih sayang, kucing ini senang memeluk dan menjahit ikatan batin kuat dengan pemiliknya. Kamu dapat melatih kucing ini dengan mudah dengan memberinya hadiah berupa pujian atau camilan jika berhasil melakukan suatu perintah.

8. Kucing Savannah

10 Ras Kucing Tercerdas yang Bisa Kamu PeliharaHewanee.com

Kucing perkawinan silang serval Afrika liar dengan kucing domestik ras Siam, Bengal, serta Mesir dan bersifat aktif dan mudah bosan. Karena itu, Savannah membutuhkan banyak ruang untuk berlari, melompat, dan bermain serta interaksi rutin setiap harinya dengan sang pemilik atau makhluk lain.

Corak kulit kucing savannah yang mirip macan tutul menambah kesan eksotis dan menjadi ras kucing favorit banyak orang. Tak kalah cerdas dengan kucing sebelumnya, Savannah dapat diajak berjalan-jalan dengan tali, bermain air, mengobrak-abrik laci dah lemari bahkan menyalakan keran. Keren!

9. Siamese

10 Ras Kucing Tercerdas yang Bisa Kamu PeliharaFreepik.com

Kucing eksotis asal Siam, Thailand ini bertubuh lentur dengan mata berwarna biru, dan berbulu krem yang unik, menjadi salah satu ras kucing tercantik di dunia.

Kucing ini tergolong cerdas, energik dan penyayang ini sangat senang bermain dan aktif.Jika bosan, kucing siam akan menyalakan keran air, membuka rak dan mengobrak-abrik isinya.

Karena itu, beri kucing ini kesibukan dengan pemberian mainan seperti puzzle, teaser toy, dan cat tree untuk dipanjat.

10. Kucing Singapura

10 Ras Kucing Tercerdas yang Bisa Kamu PeliharaInstagram.com/chaar_khan

Kucing Singapura memiliki fisik yang menggemaskan dengan postur tubuh pendek nan mungil bermata besar, dan raut wajah yang polos ini menyita perhatian banyak orang.

Kucing Singapura memiliki rasa ingin tahu yang tinggi. Hal inilah yang membuatnya selalu aktif dan suka mencari perhatian dengan mengeong, menyender, atau mendekati orang baru.Namun, kucing ini sangat peka dan was-was saat bertemu orang baru.

Kucing pintar namun nakal ini bisa memanjat tirai atau melompat ke bahu kita saat kita sedang berjalan. Jadi, siapkan saja cat tree untuk mengalihkan perhatiannya.

Nah, itulah beberapa jenis kucing terpintar di dunia. Mana favoritmu?

Baca Juga: 7 Perabotan Rumah yang Sering Dirusak Kucing, Siap-Siap Reparasi!

Baca Juga: 10 Ekspresi Kucing yang Tetangkap Kamera Ini Bikin Gemas Maksimal!

Baca Juga: Ini Perbedaan Kucing Ragdoll dan Himalaya, Serupa Tapi Tak Sama!